Kehidupan di masa kuliah berbeda dengan waktu masih belajar di level SMA. Salah satu perbedaanya, di perkuliahan, mahasiswa bebas mengatur mata kuliah yang mereka ambil. Antara jam mata kuliah yang satu kadang ada juga jeda. Beda dengan waktu belajar di sma yang mata pelajarannya sudah diatur ketat serta jam pelajaran selalu full. Perbedaan lainnya yang mencolok,

Kehidupan Kuliah Beda Dengan Saat Kamu Masih Sma? Ini Trik Supaya Belajarmu Efektif

Kehidupan Kuliah Beda Dengan Saat Kamu Masih Sma? Ini Trik Supaya Belajarmu Efektif Image [source]

sebagian mahasiswa pasti terpaksa keluar dari rumah untuk hidup ngekos di kota orang. mau tidak mau gaya belajar mereka juga harus berubah akibat berbagai perbedaan ini. agar suskses studi di jenjang perkuliahan berikut tips belajar yang efektifnya.

1. Buat Jadwal Belajar.

Buat Jadwal Belajar.

Buat Jadwal Belajar. Image [source]

Enggak hanya perkuliahan saja lho yang perlu di jadwal, belajar di rumah juga perlu jika kamu sudah di jenjang universitas. Itu karena yang harus di pelajari banyak terus tida semua mata kuliah kamu sukai. Ada juga mata kuliah yang cukup menyiksa sehingga tanpa sadar kamu hindari. Tapi dengan di jadwal, kamu bisa memastikan semua mata kuliah kamu pelajari dengan benar. membuat jadwal juga bisa memberi ahu kamu dengan jelas, kaoan bisa nongkrong dengan teman dan kapan tidak.

2. Belajar Jangan Kaya Nonton Wayang.

Belajar Jangan Kaya Nonton Wayang.

Belajar Jangan Kaya Nonton Wayang. Image [source]

Di perkuliahan biasanya jamnya itu di seting pendek pendek. Endah 45 menit perjam atau 50 penit perjam. Itu karena kalau belajar lebih dari waktu tersebut tanpa jeda, otak kita sudah susah berkonsentrasi. Aturan ini juga bisa kamu terapkan ketika belajar di rumah lho. usahakan belajarmu terbagi dalam sesi sesi yang masing masing panjangnya 20 samoai 50 menit. dengan waktu belajar yang pendek pendek tapi sering ini, daya serap otakmu akan lebih efektif.

3. Cari Tempat Belajar Yang Mendukung.

Cari Tempat Belajar Yang Mendukung.

Cari Tempat Belajar Yang Mendukung. Image [source]

Belajar tidak harus di dalam kamar. Jika di dalam kamar terasa sumpek, kamu bisa menemukan tempat belajar lain yang sekiranya lebih tenang, lebih nyaman dan jauh dari hal hal yang bisa membuat konsentrasimu buyar. Perpustakaan umum merupakan tempat yang paling bagus. Atau belajar di luar rumah juga bagus.

4. Pelajari Yang Susah Susah Dulu, Sisakan Yang Mudah Belakangan.

Pelajari Yang Susah Susah Dulu, Sisakan Yang Mudah Belakangan.

Pelajari Yang Susah Susah Dulu, Sisakan Yang Mudah Belakangan. image [source]

Salah satu trik belajar efektif, pelajarilah yang susah susah dahulu dan sisakan yang mudah belakangan. Ini penting karena, di awal awal belajar otakmu masih fresh. Otak masih bisa mempelajari yang susah susah. Nanti ketika otak sudah agak lelah, yang harus di cerna tinggal yang mudah mudah saja. bayangkan kalau otak sudah lelah dan masih harus mempelajari yang susah susah. Bisa ngambek nanti.

5. Buat Catatan Catatan Ketika Belajar.

Buat Catatan Catatan Ketika Belajar.

Buat Catatan Catatan Ketika Belajar. image [source]

Membuat catatan bisa membantumu mengingat lebih baik. itu karena ketika mencatat, otak kita memproses informasi dua kali. dengan begitu materi pelajaran pun bisa lebih mudah diingat. Catatan belajar ini bisa kamu buat baik ketika ada dosen yang menjelaskan, atau ketika kamu sedang belajar sendiri di rumah. Dengan membuat catatan catatan pasti ingatanmu akan lebih baik.

6. Usahakan Jangan Begadang Hanya Demi Belajar.

Usahakan Jangan Begadang Hanya Demi Belajar.

Usahakan Jangan Begadang Hanya Demi Belajar. Image [source]

Belajar sebaiknya dilakukan di jam jam kamu terjaga. Jangan sampai begadang hanya untuk belajar ya. Alasannya, kurang tidur justru bisa menurunkan konsentrasimu. Kamu jadi susah belajar dan akhirnya mata pelajaran susah masuk. Pelajaran akan mudah di cerna ketika tubuhmu fit. Oleh karena itu hindari begadang ya.

No more articles