Tidur merupakan hal yang cukup penting dalam hidup seseorang. Kurang tidur bisa berakibat fatal. Mulai dari menurunnya produktivitas, sampai rentan alamai kecelakaan fatal. Untuk mengatasi susah tidur, orang orang biasanya fokus pada menghindari kopi atau merekayasa kamar tidurnya akan lebih nyaman. Siapa sangka, ternyata masalah susah tidur ada kaitannya dengan kebiasaan mandi juga lho. seperti kita tahu, jam biologis manusia itu di pengaruhi oleh suhu. Ketika malam tiba, suhu menjadi cenderung lebih dingin sehingga membuat orang mudah ngantuk.

Kamu Mengalami Gangguan Susah Tidur? Ubah Kebiasaan Mandimu Jadi Seperti Ini Biar Mudah Terlelap Di Malam Hari.

Kamu Mengalami Gangguan Susah Tidur? Ubah Kebiasaan Mandimu Jadi Seperti Ini Biar Mudah Terlelap Di Malam Hari. Image [source]

Sebaliknya di siang hari suhu agak panas sehingga orang mudah terjaga. Dengan menurunkan suhu tubuh lewat mandi, orang bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Pengen tahu bagaimana kebiasaan mandi yang bisa mengatasi insomnia? Berikut ini info lengkapnya.

1. Mandi Air Hangat Di Malam Hari.

Mandi Air Hangat Di Mala Hari.

Mandi Air Hangat Di Mala Hari.Image [source]

Penurunan suhu pada tubuh kita bisa membantu membuat ngantuk. Oleh karena itu jika kamu punya masalah susah tidur, disarankan untuk mandi air hangat terlebih dahulu. Ketika selesai mandi, suhu tubuhmu akan turun drastis sehingga membantumu untuk terlelap lebih mudah. Keuntungan lainnya, mandi air panas juga cukup nyaman.

2. Mandi Sebagai Waktu Yang Tepat Untuk Meditasi.

Mandi Sebagai Waktu Yang Tepat Untuk Meditasi.

Mandi Sebagai Waktu Yang Tepat Untuk Meditasi. Image [source]

Dengan sensasi guyuran air dari shower, waktu mandi bisa jadi waktu yang paling enak untu krelaksasi. Melupakan semua masalah yang terjadi di pekerjaan seharian atau masalah masalah lain. Dengan bermeditasi saat mandi, selesai mandi pikiranmu bakal segar kembali. Ketika pikiran segar, tidur pun bakal jadi lebih mudah. Tapi perlu diingat, setelah mandi sebaiknya enggak usah buka buka ponsel atau nonton tivi. Langsung tidur saja biar otak tidak kemasukan sumber stress baru.

3. Mandi satu atau dua jam sebelum tidur.

Mandi satu atau dua jam sebelum tidur.

Mandi satu atau dua jam sebelum tidur.

Jika ingin mudah terlelap, mandinya tidak boleh dadakan menjelang tidur ya. Jika itu dilakukan, bukannya mengantuk, badanmu malah bisa jadi segar. Idealnya mandi dilakukan satu atau dua jam sebelum tidur. Tujuannya agar tubuh bisa melakukan penyesuaian suhu terlebih dahulu sehingga tidur bisa lebih nyenyak dan nyaman.

4. Tidur Di Kamar Yang Dingin

Tidur Di Kamar Yang Dingin

Tidur Di Kamar Yang Dingin Image [source]

Kita cenderung berkeringat ketika tidur. Oleh karena itu tidur di ruangan yang suhunya dingin bakal membuat tidur kita lebih nyaman. Ruangan yang dingin juga bisa membuat suhu tubuhmu turun lebih cepat dan kamu jadi cepat terlelap karena ngantuk berat.

5. Mandi dengan air dingin di pagi hari.

Mandi dengan air dingin di pagi hari.

Mandi dengan air dingin di pagi hari. Image [source]

Mandi air dingin bakal membuat banyak darah dialirkan ke area torso tubuh kita. oleh karena itu sensasinya bakal membuat tubuh kita jadi makin seger. Setelah bangun pagi, dengan mandi air dingin ini kita bakal merasa lebih berenergi dan siap untuk melakukan aktivitas apapun. Dengan kebiasan mandi seperti ini dijamin kamu enggak bakal lagi susah tidur

Gimana? Ternyata enggak susah kan mendapatkan tidur berkualitas di malam hari itu. Cukup ubah kebiasaan mandi mu ya.

No more articles