Durian merupakan buah yang jadi favorit banyak orang. aromanya yang khas, teksturnya yang legit membuat orang yang mencicipinya bisa khilaf dan pengen nambah lagi. di dunia ini ada 4 negara yang di kenal sebagai pusatnya durian. Keempat negara yang semuanya ada di asia tenggara itu adalah: indonesia, malaysia, singapura dan thailand. Malaysia punya varietas durian musan king nya yang terkenal. Sementara singapura dikenal paling gencar dalam mempromosikan wisata durian di negaranya. Thailand juga enggak mau kalah dengan durian bangkoknya.

Boleh Diadu, Ini Keunggulan Durian Durian Aseli Asal Indonesia Dibandingkan Dengan Jenis Durian Dari Malaysia Dan Singapura.

Boleh Diadu, Ini Keunggulan Durian Durian Aseli Asal Indonesia Dibandingkan Dengan Jenis Durian Dari Malaysia Dan Singapura. Image [Source]

Lalu indonesia punya durian apa ya untuk bersaing dengan negara tetangga tersebut dalam hal dunia perdurianan ini? jangan khawatir, durian indonesia ernyata unggul kok dibandingkan durian durian dari ke tiga negara tersebut. seorang wanita asal seoul bernama Eje Kim, telah berpetualang ke 4 negara durian kingdom tersebut untuk mengekplor durian dari masing masing negara. Hasil eksplorasi durian yang dilakukan oleh profesor geologi dari universitas nasional korea selatan ini dirangkum dalam sebuah buku yang menggambarkan keunggulan durian indonesia dibandingkan durian dari 3 negara tetangga tersebut. apa saja keunggulan durian asal indonesia tersebut? berikut ini daftarnya.

1. Durian Indonesia Lebih Unggul Karena Dikenal Masih Alami Belum Mengalami Rekayasa Genetik.

Durian Indonesia Lebih Unggul Karena Dikenal Masih Alami Belum Mengalami Rekayasa Genetik.

Durian Indonesia Lebih Unggul Karena Dikenal Masih Alami Belum Mengalami Rekayasa Genetik. Image [Source]

Pernah tahu nama durian musan king? Durian tersebut merupakan varietas unggulan dari malaysia. Ketika menjelajah malaysia, Profesor eje kim juga sempat mencicipi durian durian musanking ini di tempat asalnya. Menurutnya dirian durian di malaysia sudah banyak mengalami rekayasa genetik. Entah agar buahnya besar besar atau rasanya biar manis, tapi yang jelas, akibat rekayasa genetik ini cita rasa durian alami jadi berkurang. Durian di indonesia rasanya unggul karena pohonnya masih alami tanpa rekayasa genetik sedikitpun.

2. Durian Di Indonesia Sebagian Besar Aseli Diambil Dari Hutan Dan Pohonnya Tumbuh Liar.

Durian Di Indonesia Sebagian Besar Aseli Diambil Dari Hutan Dan Pohonnya Tumbuh Liar.

Durian Di Indonesia Sebagian Besar Aseli Diambil Dari Hutan Dan Pohonnya Tumbuh Liar. Image [Source]

Lebih unggul mana, sayuran produk pertanian organik atau pertanian dengan pupuk kimia? pasti lebih memilih yang organik kan. durian pun begitu. Lebih enak mana kira kira durian yang diambil dari hutan yang langsung jatuh dari pohon atau durian yang di panen dari hasil budidaya? Kebanyakan orang akan memilih durian yang diambil dari hutan dan langsung jatuh dari pohon. Nah rupanya, durian durian dari malaysia, singapura dan thailand teresbut merupakan hasil budidaya yang banyak melibatkan pupuk kimia. Sedangkan durian dari indonesia diambil langsung dari hutan. Jangankan pakai pupuk kimia, pohonnya saja enggak pernah disiram air. Mereka tumbuh liar sehingga setara dengan produk pertanian organik tanpa pupuk kimia.

3. Durian Diindonesia Itu Sangat Beragam.

Durian Diindonesia Itu Sangat Beragam.

Durian Diindonesia Itu Sangat Beragam. Image [Source]

Di Thailand variatas durian yang terkenal adalah durian bangkok. Sedangkan di malaysia, yang terkenal adalah durian musan king. Singapura, meskipun promosi wisata duriannya getol ternyata rajin import buah durian dari medan dan malaysia. Kalau di indonesia, varietas durian yang di punyai tidak hanya satu. Ada 101 lebih varietas lokal yang jika di jelajahi selama tiga tahun, mungkin kamu belum tentu bisa mencoba semua varietas durian dari sabang sampai merauke. Lihat saja ada durian montong, durian ucok, durian ochee duri hotam, durian merah banyuwangi dan masih banyak lagi. enggak hanya namanya, tapi rasa dan tekstur tiap durian itu berbeda beda. Dari segi keanekaragaman, durian indonesia jauh banget unggulnya.

4. Durian Di Indonesia Banyak Diolah Jadi Berbagai Jenis Kuliner Unik.

Durian Di Indonesia Banyak Diolah Jadi Berbagai Jenis Kuliner Unik.

Durian Di Indonesia Banyak Diolah Jadi Berbagai Jenis Kuliner Unik. Image [Source]

Sudah varietasnya beraneka ragam, durian di indonesia ternyata disajikan dalam berbagai bentuk hidangan kuliner. Misalnya saja ada keripik durian, coklat durian, premen durian, pancake durian, durian kupas dan masih banyak lagi. pernah juga kan minum minuman jus durian yang bikin ketagihan? Uniknya cara penyajian ini juga membuat durian indonesia unggul dibandingkan durian dari negara lain.

5. Durian Indonesia Banyak Yang Dieksport Ke Negara Lain Termasuk Singapura.

Durian Indonesia Banyak Yang Dieksport Ke Negara Lain Termasuk Singapura.

Durian Indonesia Banyak Yang Dieksport Ke Negara Lain Termasuk Singapura. Image [Source]

Rajin promosi wisata durian di negaranya, ternyata banyak durian yang di jual disingapura itu asalnya dari indonesia. durian medan adalah durian yang paling banyak di temui disana. Kalau singapura saja ambil durian dari indonesia, sudah jelas kan begaimana unggulnya durian kita ini? terbukti bahwa durian indonesia itu unggul dibandingkan durian dari negara negara tetangga kita lainnya yaitu singapura, malaysia dan thailand.

No more articles