Sejak masih SD kita selalu diberi tahu betapa pentingnya sarapan. Namun seberapa banyak yang mengikuti anjuran tersebut dan benar benar rutin sarapan tiap pagi? Faktanya banyak orang yang tahu bahwa sarapan itu penting, namun tetap saja meninggalkan sarapan karena berbagai alasan. Sebgaian orang meninggalkan sarapan dengan alasan agar tetap langsing. Dengan meninggalkan sarapan, jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih sedikit. Dengan begitu mereka berharap tidak kegemukan. sebagian orang yang lain meninggalkan sarapan dengan alasan waktunya mepet, tidak sempat. Setelah capek kerja seharian dihari sebelummnya, bangun pagi terkadang sulit dilakukan. Mereka bangun mepet-mepet jam berangkat kerja. begitu bangun, mandi, dandan langsung menuju kantor tanpa sarapan. Ada juga yang meninggalkan sarapan karena selera makan mereka belum muncul dipagi hari

Efek Buruk Meninggalkan Sarapan

Efek Buruk Meninggalkan Sarapan. image [source]

Ternyata sarapan itu sangat penting. sebabnya setelah tubuh kita istirahat selama 12 jam tidak ada nutrisi yang masuk. Kalau sel-sel tubuh berada pada kondisi rendah nutrisi dalam waktu yang lama, sel sel tersebut bisa rusak. Jika kamu adalah salah satu orang yang suka meninggalkan sarapan, maka kamu perlu baca  efek buruk karena meninggalkan sarapan. Inilah daftarnya.

1. Berdampak Buruk Pada Jantung

Berdasarkan sebuah penelitian di Jamaica, seorang lelaki yang sering meninggalkan sarapan mempunyai resiko terkena serangan jantung 27% lebih banyak dari pada mereka yang rutin sarapan. Dr. Leah Cahil, pemimpin penelitian mengakui bahwa angka 27 % tersebut cukup kecil, namun ia mendukung pernyataan bahwa rutin sarapan megurangi resiko serangan jantung.

Berdampak Buruk Pada Jantung

Berdampak Buruk Pada Jantung. image [source]

Orang yang jarang sarapan rentan terhadap resiko hipertensi. Seperti yang kita ketahui, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah pecah di beberapa tempat. Jika pembuluh darah yang pecah tersebut adalah pembuluh darah di bagian otak, maka orang tersebut akan terkena stroke.

2. Berpotensi Tinggi Terkena Diabetes Tipe 2

Sekolah Tinggi Kesehatan publik Harvard melakukan penelitian yang melibatkan 4000 wanita. ke empat ribu wanita tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok adalah wanita yang rutin sarapan. Satu kelompok lagi merupakan wanita yang tidak pernah/jarang sarapan. Pengamatan dilakukan dalam kurun waktu 5 tahun. Hasilnya wanita-wanita yang sering meninggalkan sarapan memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Berpotensi Tinggi Terkena Diabetes Tipe 2

Berpotensi Tinggi Terkena Diabetes Tipe 2. image [source]

Diabetes tipe 2 disebut juga resistensi insulin. Pankreas tetap memproduksi insulin akan tetapi jumlahnya mengalami penurunan. Dengan jumlah enzim insulin yang sedikit tersebut, kinerjanya menjadi tidak optimal. Kadar gula darah tidak bisa dikendalikan dengan baik. beberapa gejala diabetes tipe 2 ini antara lain: sering sekali buang air kecil, sering kelelahan, sering merasa haus, berat badan berkurang.

3. Justru Menyebabkan Berat Badan Bertambah

Banyak orang beranggapan bahwa dengan mengurangi porsi makan, maka berat kita akan berkurang. Ternyata anggapan ini salah. Ketika kita menghindari sarapan maka kemungkinan besar, badan kita malah justru bertambah. Kok bisa ya? Bagaimana penjelasannya?

Justru Menyebabkan Berat Badan Bertambah

Justru Menyebabkan Berat Badan Bertambah. image [source]

Penyebabnya, tubuh kita sudah punya mekanisme otomatis yang mendetaksi kondisi lapar atau kenyang. Biasanya sarapan terdiri atas makanan yang mengandung protein, sayuran dan karbohidrat. Protein serta sayuran yang berserat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Karena butuh waktu lebih lama untuk dicerna tersebut, dengan memakan protein dan sayuran kita akan merasa kenyang lebih lama. Ketika kita menghindari sarapan, kadar gula dalam darah akan turun drastis. Kadar gula darah yang rendah ini akan ditangkap otak sebagai sinyal tubuh kelaparan. Mau tidak mau, suka tidak suka, tubuhmu akan mengikuti perintah dari otak untuk memenuhi kekurangan gula darah ini. Karena sarapan sudah kamu lewati, kamu secara otomatis makan makanan ringan yang banyak mengandung gula dan lemak. Gula dan lemak cepat dicerna oleh tubuh, karena itu dalam sekejap kamu akan lapar dan lapar lagi. Hasilnya kamu akan makan camilan dalam jumlah banyak. jika di total kalori sarapan dengan kalori camilan yang kamu makan lebih banyak kalori camilannya. Dengan begitu berat badanmu akan bertambah secara tidak sadar.

4. Berakibat Lesu dan Mood Menurun.

Pernah nonton kan iklan snack yang tagline nya “ kamu rese kalau sedang lapar”? ada juga iklan makanan yang mengatakan kalau lapar, orang jadi lebay alias lemes bray. Ternyata apa yang dikatakan oleh kedua iklan tersebut benar adanya. Minimal itulah yang ditunjukkan oleh sebuah penelitian di Inggris. Dalam penelitian tersebut 144 orang sehat dibagi menjadi 3 kelompok. Ke 144 orang tersebut selama satu malam diminta untuk puasa. Paginya, satu kelompok di beri sarapan dengan porsi gizi yang baik. satu grup lagi, sarapannya Cuma segelas kopi. Grup terakhir tidak di beri sarapan sama sekali.

Berakibat Lesu dan Mood Menurun

Berakibat Lesu dan Mood Menurun. image [source]

Setelah ketiga kelompok tersebut diamati secara seksama selama beberapa jam kelompok ke tiga yang tidak mendapatkan sarapan memiliki daya ingat yang lebih rendah. Mereka juga menunjukkan gejala tingkat kelelahan yang tinggi. Dan tentu saja kelompok ke 3 yang tidak diberi sarapan tersebut mudah tersulut emosinya.

5. Menyebabkan Migrain.

Ketika kamu melewatkan sarapan, maka kadar gula darah kamu akan turun drastis. Tubuh mempunyai mekanisme otomatis untuk menjaga kesetimbangan suatu zat. Oleh karena itu begitu kadar gula darah turun, tubuh akan mengeluarkan hormon untuk menaikkan kadar gula darah. Hormon tersebut adalah andrenalin. Setelah andrenalin dikeluarkan, kadar gula darah meningkat drastis. Namun selain meningkatkan kadar gula darah andrenalin ini juga mempunyai fungsi meningkatkan detak jantung.

Menyebabkan Migrain

Menyebabkan Migrain. image [source]

Artinya ketika andrenalin di keluarkan, jantung akan bertambah aktif. Jantung akan memompa darah lebih cepat. Mengakibatkan tekanan darah naik. Jika tekanan darah naik, maka pembuluh darah di otak akan mendapatkan tekanan yang lebih besar juga. Tekanan yang besar pada pembuluh darah otak inilah yang memicu timbulnya migrain.

6. Meyebabkan Kebotakan.

Rambut disusun dari senyawa sejenis protein yang disebut keratin. Produksi keratin oleh tubuh ini sangat tergantung pada ketersediaan protein. Ketika kita melewati sarapan, biasanya kita mengganti sarapan dengan camilan, biskuit atau kracker yang komposisi utamannya adalah karbohidrat. Padahal dimenu sarapan, kandungan nutrisinya cukup lengkap, ada protein, ada vitamin, ada lemak dan ada mineralnya juga. Juka sarapan di ganti sncak camilan, maka kebutuhan protein tubuh tidak akan terpenuhi. Karena kekurangan protein tersebut, keratin tidak bisa di bentuk sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Meyebabkan Kebotakan.

Meyebabkan Kebotakan. image [source]

Tidak mau kan hanya gara gara pengen langsing rambut kamu menjadi rontok. Apalagi jika rambutmu itu perawatannya sudah menghabiskan dana banyak untuk nyalon. Lebih baik tiap pagi kamu rutin sarapan. Asal diimbangi dengan aktivitas yang cukup, makan tidak akan membuat gemuk kok. Namun perhatikan juga menu serta kandungan nutrisinya ya. Usahakan asupan protein, karbohidrata, lemak, vitamin serta mineral mencukupi untuk kebutuhan tubuh. Dengan begitu kesehatan tubuhmu pun akan terjaga.

No more articles