Musim kemarau ini, suhu udara di beberapa wilayah indonesia sangat dingin. Itu karena kelembaban udara sangat rendah sehingga tidak ada uap air yang mempu menyimpan panas matahari ketika malam mulai tiba. Akibat suhu dingin tersebut beberapa wilayah indonesia mengalami fenomena langka embun beku. Embun yang biasanya berupa tetes tetes air kini berubah jadi butiran butiran es.

Menikmati Wisara  Embun Beku Di Kawasan Gunung Bromo Tengger Dan Dataran Tinggi Dieng

Menikmati Wisara Embun Beku Di Kawasan Gunung Bromo Tengger Dan Dataran Tinggi Dieng Image [source]

Fenomena embun beku ini terjadi di gunung bromo tengger dan kawasan dataran tinggi dieng. Seperti apa sih penampakan embun beku di kedua kawasan wisata ini? bagaimana juga efeknya terhadap aktivitas wisata di tempat tersebut? berikut ini fakta faktanya.

1. Di Kawasan Gunung Bromo Tengger, Saat Ini Sedang Terjadi Fenomena Embun Beku.

Di Kawasan Gunung Bromo Tengger, Saat Ini Sedang Terjadi Fenomena Embun Beku.

Di Kawasan Gunung Bromo Tengger, Saat Ini Sedang Terjadi Fenomena Embun Beku. Image [source]

Seperti yang banyak di rasakan oleh masyarakat, saat ini udara memang sedang dingin. Udara dingin ini di rasakan juga olleh mereka mereka yang tinggal di dekat pantai yang nyata nyata merupakan dataran rendah. Yang dataran rendah saja dingin, apalagi yang dataran tinggi ya? Terbukti sudah sepekan ini kawasan gunung bromo tengger di selimuti embun beku tiap pagi.

2. Fenomena Embun Beku Di Kawasan Bromo Tengger Justru Menarik Banyak Wisatawan.

 Fenomena Embun Beku Di Kawasan Bromo Tengger Justru Menarik Banyak Wisatawan.

Fenomena Embun Beku Di Kawasan Bromo Tengger Justru Menarik Banyak Wisatawan. Image [source]

Bagaimana ya pesona pemandangan gunung bromo ketika di balut oleh embun beku ini? ternyata banyak juga wisatawan yang penasaran dengan pertanyaan tersebut. buktinya, sepekan setelah munculnya fenomena embun beku di bromo tengger, jumlah wisatawan yang datang justru semakin banuak. Mereka jauh jauh datang dari luar kota untuk menikmati indahnya sunrise di tengah tengah suasana embun beku yang menyelimuti gunung bromo tengger.

3. Fenomena Embun Beku Di Bromo Terjadi Tiap Tahun.

Fenomena Embun Beku Di Bromo Terjadi Tiap Tahun.

Fenomena Embun Beku Di Bromo Terjadi Tiap Tahun. Image [source]

Bukan kali ini saja bromo mengalami fenomena embun beku. Ternyata tiap kali musim kemarau datang, udara dingin di kawasan bromo selalu menyebabkan munculnya fenomena embun beku ini. namun tahun ini suhu dinginnya kelewat ekstrim. Saking dinginnya, air ledeng warga yang disalurkan lewat pipa juga berubah jadi es sehingga tersendat.

4. Ancaman Hipotermia Yang Mengintai Pengunjung.

Ancaman Hipotermia Yang Mengintai Pengunjung.

Ancaman Hipotermia Yang Mengintai Pengunjung. Image [source]

Ketika berada di lingkungan dingin ekstrim tubuh manusia sering gagal dalam menjalankan mekanisme pengaturan suhu. Fenomena ini disebut dengan hipotermia. Pertama tama si penderita akan kedinginan menggigil. Namun beberapa waktu kemudian, dia justru akan merasakan sensasi kepanasan dan mulai mencopot semua baju padahal suhu udara sebenarnya tetap dingin. Dieng yang sedang di selimuti embun beku juga memiliki bahaya hipotermia ini bagi pengunjungnyas. Oleh karena itu para pengunjung disarankan untuk memakai baju hangat.

5. Selain Kawasan Gunung Bromo, Dataran Tinggi Dieng Juga Beku.

Selain Kawasan Gunung Bromo, Dataran Tinggi Dieng Juga Beku.

Selain Kawasan Gunung Bromo, Dataran Tinggi Dieng Juga Beku. Image [source]

Fenomena yang sama juga terjadi di dataran tinggi dieng. Sudah sepekan ini, dieng disergap cuaca dingin dengan suhu minus di bawah nol derajat celcius. Embun yang membeku di kawasan wisata dataran tinggi dieng di sebut bun upas oleh warga sekitar. suku berkisar antara minus 5 hingga minus 3 derajat celcius. Bahkan gelas ini air pun kalau di biarkan di luar ruangan akan membeku. Bekunya kawasan wisata dieng ini berdampak pada pertanian warga setempat. tanaman wortel serta berbagai sayuran yang mereka budidayakan terancam gagal panen.

No more articles