Sedang memuat Fakta Menyedihkan Dibalik Banyaknya Produk Mainan China Yang Terkenal Murah Di Dunia

Fakta Menyedihkan Dibalik Banyaknya Produk Mainan China Yang Terkenal Murah Di Dunia

Produk buatan China sepertinya sudah benar-benar merajai pasaran dunia. Pasalnya berbagai macam produk China kini sudah menyebar hampir diseluruh wilayah negara di dunia meliputi hampir seluruh aspek produk kebutuhan sehari-hari. Nggak hanya merajai karena banyaknya produk yang tersebar, tapi juga merajai harga dari produk-produk yang terkenal lebih murah dari produk-produk negara lain. Selain barang seperti elektronik dan perabotan rumah tangga dan yang lainnya, mainan yang serba murah adalah salah satu jenis produk yang menguasai dunia. Namun sayangnya fakta dibalik pembuatan mainan dari China yang harganya murah tersebut ternyata menyimpan sedikit kisah yang sangat memilukan untuk para pekerjanya. Dan berikut ini adalah fakta menyedihkan dibalik harga murah dari mainan buatan China.

1. Gaji Pegawai Yang Terbilang Sedikit

Gaji Pegawai Yang Terbilang Sedikit
Gaji Pegawai Yang Terbilang Sedikit [ image source ]

Salah satu penyebab mengapa mainan buatan China itu lebih murah dari produk mainan buatan negara lainnya adalah karena perusahaan atau pabrik mainan melakukan penekanan dalam masalah pembayaran gaji para karyawannya. Selain itu setiap pekerja juga harus bekerja dengan jam terbang lebih dari 10 jam.

2. Waktu Minim Untuk Istirahat Bagi Pekerja

Waktu Minim Untuk Istirahat Bagi Pekerja
Waktu Minim Untuk Istirahat Bagi Pekerja [ image source ]

Menetapkan jam kerja lebih dari 10 jam mungkin sudah menjadi hal yang wajar dilakukan oleh perusahaan mainan yang ada di China. Salah satu alasannya adalah karena agar proses produksi bisa berlangsung lebih maksimal. Namun yang lebih parah lagi adalah jam istirahatnya yang tergolong sangat minim yaitu hanya sekitar 30 menit saja.

3. Anak Sekolah Banyak Dipekerjakan

Anak Sekolah Banyak Dipekerjakan
Anak Sekolah Banyak Dipekerjakan [ image source ]

Kebanyakan dari para pegawai pabrik yang ada di China mayoritas besar adalah para wanita. Yang lebih mengejutkan lagi adalah kebanyakan perusahaan juga tidak merasa segan menerima anak sekolah sebagai karyawannya. Alasannya adalah karena anak sekolah bisa dibayar dengan gaji yang lebih murah.

4. Bekerja Tanpa Adanya Alat Pengaman

Bekerja Tanpa Adanya Alat Pengaman
Bekerja Tanpa Adanya Alat Pengaman [ image source ]

Setiap pekerjaan tentu memiliki resikonya masing-masing, begitu juga dengan bekerja sebagai buruh di pabrik pembuatan mainan yang ada di China. Meski para pekerja juga memiliki resiko besar mengalami kecelakaan kerja, namun banyak perusahaan justru mengabaikan untuk menyediakan penunjang standar pengaman bagi karyawannya.

5. Umur Pekerja Dibatasi Hingga 30 Tahun

Umur Pekerja Dibatasi Hingga 30 Tahun
Umur Pekerja Dibatasi Hingga 30 Tahun [ image source ]

Adalah salah satu hal yang sangat wajar jika perusahaan menetapkan batas maksimal umur dalam hal masa kerja karyawan. Alasannya adalah karena umur berpengaruh dalam masalah produktifitas saat bekerja. Jika wajarnya orang akan di berhentikan di atas umur 40 tahun, maka di China karyawan akan di berhentikan ketika karyawannya berumur 30 tahun.

6. Terikat Sistem Hukuo

Terikat Sistem Hukuo
Terikat Sistem Hukuo [ image source ]

Sistem Hukuo adalah merupakan ketetapan yang mengatur tentang masalah tunjangan tenaga kerja yang meliputi kesejahteraan seperti akomodasi, kesehatan, pendidikan, dan uang pensiun pekerja seluruhnya adalah tanggung jawab dari wilayah daerah. Sayangnya jika seorang bekerja diluar daerahnya, maka ia tidak akan mendapatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *