Di ujung selatan dari bumi ada benua terasing yang di juluki dengan antartika atau kutup selatan. seluruh permukaan benua tertutup oleh es. Manusia tak bisa bertahan disini akibat antartika terlalu kering dan terlalu dingin. Meski begitu antartika cukup penting perannya bagi bumi karena disinilah 90 persen cadangan air tersimpan dalam bentuk es. Kalau sampai mencair, bisa banyak yang tenggelam pulau pulau di dunia.

Penasaran Dengan Seperti Apa Kondisi Antartica Itu, Ini 5 Fakta Menarik Yang Perlu Kamu Ketahui

Penasaran Dengan Seperti Apa Kondisi Antartica Itu, Ini 5 Fakta Menarik Yang Perlu Kamu Ketahui Image [source]

Bagaimana ya kondisi benua yang sepenuhnya tertutup es ini? penasaran kan? ini dia 5 fakta menarik terkait antartika.

1. Wilayah Antartika Termasuk Gurun

Wilayah Antartika Termasuk Gurun

Wilayah Antartika Termasuk Gurun Image [source]

Pasti kaget kan. bayangannya gurun itu kan panas, tidak ada air dan permukaanya di penuhi pasir. Tapi menurut definisi dari kamus geology, gurun itu merupakan tempat yang sedikit menerima curah hujan air atau hujan salju. Nah anartika tidak pernah mengalami hujan seperti ini sehingga bisa di kategorikan sebagai gurun. Selain dingin, antartika juga kering seperti gurun, berangin dan ada di ketinggian.

2. Antartika Di Bungkus Es Setebal 1.6 Km.

Antartika Di Bungkus Es Setebal 1.6 Km.

Antartika Di Bungkus Es Setebal 1.6 Km. Image [source]

Seberapa tebal sih lapisan es yang menutupi antartika? Karena 90 persen air ada di antartika, maka ketebalan lapisan es nya sampai 1.6 km. Tebal banget bukan? itu artinya kalau kita menggali sedalam 1 km, kita belum menemukan tanah. Pantas saja ya tanaman tidak ada yang bisa hidup disini. Tanah saja susah di jangkau.

3. Antartika Pernah Hangat Dan Di Penuhi Tumbuhan Hijau.

Antartika Pernah Hangat Dan Di Penuhi Tumbuhan Hijau.

Antartika Pernah Hangat Dan Di Penuhi Tumbuhan Hijau. Image [source]

Peneliti dari universitas yale pernah mengungkapkan bahwa pada jaman eosen, antartika itu pernah hangat. Oitu terjadi ketika laposan co2 di atmosfer bumi masih banyak sehingga bisa menahan sinar matahari keluar dari atmosfer. Waktu itu antartika suhu rata rata hariannya adalah 17 derajat celsius. Tapi tentu saja, jika suhu antartika segini, bumi banyak yang terendam air. Selain hangat, dulu juga permukaan antartika di penuhi pohon pohon hijau.

4. Tidak Ada Daerah Waktu Di Antartika.

Tidak Ada Daerah Waktu Di Antartika.

Tidak Ada Daerah Waktu Di Antartika. Image [source]

Seperti kita tahu, dunia ini di bagi menjadi daerah daerah waktu. Indonesia saja ada daerah waktunya yang menyebabkan terjadinya perbedaan jam. tapi di antartika, semua garisbujur bertemu di sana sehingga daerah waktu menjadi satu. Antartika tepat berada di tengah tengah bumi. Cuma ada 2 musim di antartika yaitu

5. Ada Danau Yang Airnya Mirip Kucuran Darah.

Ada Danau Yang Airnya Mirip Kucuran Darah.

Ada Danau Yang Airnya Mirip Kucuran Darah. Image [source]

Meskipun suhu di antartika super dingin, ternyata ada lho danau yang tetap mengalir dan cair airnya. Hebatnya lagi warna air danau tersebut merah seperti darah. Sebagian air dari danau ini mengalir menuruni tebing es sehingga dinamakan blood fall atau air terjun darah. Berwarna merah karena airnya mengandung banyak besi. Selain itu air ini juga lebih asin dari air laut. Maka itu ia tidak beku meski di suhu yang dingin.

6. Antartika Merupakan Wilayah Bebas Konflik.

Antartika Merupakan Wilayah Bebas Konflik.

Antartika Merupakan Wilayah Bebas Konflik. Image [source]

Kalau di tempat tempat lain sering terjadi konflik perebutan wilayah, maka diantartika ini konflik seperti itu tidak bakal terjadi. Itu karena 53 negara di dunia sudah sepakat untuk menjadikan wilayah antartika jadi wilayah tersendiri yang tidak masuk negara manapun. Bagus juga sih, bayangkan kalau terjadi perang nuklir di antartika, bisa bisa cair semua es disana. Permukaan laut pun bisa naik 65 meter.

No more articles