Siapa di sini yang suka sekali menggunakan Facebook? Bisa dibilang, jarang banget deh dalam sehari kita tidak membuka akun Facebook kita. Kayaknya ada yang kurang gitu rasanya kalau gak melihat-lihat halaman Facebook kita. Yaaa paling tidak, kita membuat sebuah status gitu deh.

Ternyata readers, social media buatan Mark Zuckerberg ini punya banyak sekali fitur-fitur yang mengagumkan. Seperti yang dilansir di Brightside.com, sakin banyaknya, mungkin satu atau dua di antaranya belum kamu ketahui nih readers? Penasaran kan seperti apa fitur-fitur itu? Simak selengkapnya di bawah ini yah.

1. Memeriksa Di Mana Dan Kapan Saja Kamu Log In

Kamu pernah gak sih minjem gadget teman kamu untuk melihat akun Facebook kamu?. Kalau iya, fitur yang satu ini berguna banget nih buat dipahami, terlebih buat kamu yang pelupa. Mungkin saja kan saat kamu selesai memakai gadget teman kamu, tapi kamu lupa menutup akun Facebookmu tadi.

Fitur ''Where You're Logged In'' [ Image Source ]

Fitur ”Where You’re Logged In” [ Image Source ]

Fitur “Where You’re Logged In” ini memungkinkan kamu untuk menutup akun dari jarak jauh. Dalam fitur ini, kamu bisa melihat semua aktifitas akun Facebook kamu. Mulai dari Log In lewat laptop, desktop, smartphone atau gadget apapun, semuanya terdaftar di fitur tersebut.

2. Melihat Profil Sendiri Dari Sudut Pandang Orang Lain

Kamu pasti memiliki banyak teman di Facebook, mungkin ratusan atau sampai ribuan orang. Tetapi biasanya, kamu tidak akan membiarkan semua daftar teman mu dapat melihat profil Facebook mu begitu saja. Pasti ada beberapa informasi yang ingin kamu sembunyikan dari seseorang atau beberapa orang.

Fitur ''View As'' [ Image Source ]

Fitur ”View As” [ Image Source ]

Setelah kamu mengatur informasi mana yang kamu sembunyikan dari seseorang, kamu bisa mengeceknya lewat fitur “View As” ini. Lewat fitur ini kamu bisa mengetes untuk melihat profil Facebook mu dari sudut pandag orang lain, yang tidak lain adalah orang yang tidak ingin kamu bagi informasi profil kamu.

3. Video Call Lewat Facebook Fitur

Tak hanya melihat status orang lain, Facebook juga memberikan fitur dimana kita bisa chatting dengan seseorang yang ada dalam daftar teman kita. Dalam chat room tersebut kita bisa menulis pesan singkat, berbagi gambar atau foto, video ataupun mengirim file lainnya.

Fitur ''Video Call'' [ Image Source ]

Fitur ”Video Call” [ Image Source ]

Tapi tahu gak sih kamu, lewat room chat tersebut kita juga bisa melakukan panggilan suara dan video sama teman kita tadi loh. Tapi untuk melakukan panggilan video, tentunya perangkat yang digunakan dari kedua belah piha harus dilengkapi dengan kamera depan.

4. Simpan Postingan Untuk Dibaca Nanti

Dalam kolom Home Facebook, kita bisa melihat status, foto, video ataupun tautan yang dibagikan oleh teman Facebook kita. Tautan yang sering dibagikan oleh teman kita sering kali sangat informatif. Namun terkadang kita juga tidak punya banyak waktu untuk membuka dan mambaca tautan tersebut.

Fitur ''Save Link''[ Image Source ]

Fitur ”Save Link”[ Image Source ]

Daripada nanti kita harus susah payah mencari tautan tadi, mending gunakan fitur ini deh. Kamu hanya tinggal mengklik tanda panah ke bawah yang ada di pojok kanan atas tautan tersebut. Setelah itu kamu pilih “Save Link”. Nantinya kamu bisa membuka tautan yang kamu simpan ini bagian kolom favorit, letaknya di bagian kiri atas halaman home Facebook kita.

5. Bernostalgia Dengan Akun Facebookmu

Untuk mengisi waktu senggang, gak ada salahnya kamu mencoba fitur yang satu ini loh readers. Lewat fitur ini, kamu bisa melihat kembali status apa yang pernah kamu tulis, foto dan video apa yang pernah kamu pasang, tautan apa yang sering kamu bagikan dan apa saja yang kamu lakukan dengan seluruh daftar teman Facebookmu.

Fitur ''View Activity Log'' [ Image Source ]

Fitur ”View Activity Log” [ Image Source ]

Caranya mudah kok, kamu hanya tinggal masuk ke halaman profil Facebook kamu. Lihat diarea atas atau bagian cover,lalu pilih button dengan tulisan “View Activity Log”. Sekarang kamu bisa melihat apa saja yang terjadi di Facebook kamu sejak kamu membuat akun hingga saat ini. Selamat bernostalgia.

6. Bernostalgia Dengan Seseorang

Kalau fitur yang sebelumnya, memungkin kamu untuk bernostalgia dengan seluruh aktifitas kamu di Facebook ada sedikit perbedaan dalam fitur yang satu ini. Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk bernostalgia dengan salah seorang teman yang ada di dalam daftar teman Facebook kamu.

Fitur ''See Friendship' [ Image Source ]

Fitur ”See Friendship’ [ Image Source ]

Pertama-tama kamu perlu mengunjungi halaman profil dari teman yang ingin kamu lihat aktifitasnya bersamamu. Pilih button berisi titik tiga atau “…” yang ada di bagian cover atau area atas. Kemudian kamu pilih “See Friendship” dan setelah itu semua aktifitas yang kalian lakukan berdua akan muncul seluruhnya.

7. Pesan Tersembunyi

Kamu tahu gak sih, kalau Facebook memberikan fitur pesan tersembunyi untuk penggunanya. Hal ini dilakukan Facebook guna meminimalisir masuknya pesan “sampah” atau pesan tidak penting masuk dari seseorang yang tidak ada daftar teman Facebook kita. Tapi bagaimana yaa kalau ternyata isi pesan itu penting?

Fitur ''Message Requests'' [ Image Source ]

Fitur ”Message Requests” [ Image Source ]

Gak usah khawatir, Facebook sebenarnya tidak membuang pesan sampah tersebut. Facebook hanya memisahkan mana pesan dari seseorang yang ada atau tidak ada di daftar pertemanan kita. Untuk melihat pesan tersembunyi tersebut, kamu hanya tinggal mengklik lambang kotak pesan, kemudian pilih “Message Requests”.

Itulah tadi beberapa fitur Facebook yang sangat berguna namun tidak diketahui oleh kebanyakan penggunanya. Sayang banget nih kalau kamu sampai melewatkannya. Kalau readers sendiri, sudah tau belum beberapa fitur di atas? kalau sudah tahu, mungkin bisa menambahkan yang lainnya nih. Share di kolom komen di bwah ini yaa readers.

No more articles