Darah merupakan cairan penting dalam tubuh manusia. Selain paling banyak, daah juga menjalankan fungsi penting seperti mengedarkan nutrisi, oksigen serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Meskipun penting, darah ini rentan rusak. Sel sel darah, kena benturan sedikir saja bisa pecah dan selanjutnya akan membeku. Darah yang membeku ini sebenarnya berguna saat proses penutupan luka. Tapi kalau darah membekunya di bagian dalam tubuh, tentu efeknya bisa bahaya karena pembuluh darah bakal tersumbat.

6 Tanda Terjadinya Pengumpalan Darah Pada Tubuh Kita Yang Perlu Di Waspadai.

6 Tanda Terjadinya Pengumpalan Darah Pada Tubuh Kita Yang Perlu Di Waspadai. Image [source]

Pembuluh darah yang tersumbat akan menimbulkan penyakit berbahaya seperti sakit jantung, sakit stroke dan masih banyak lagi. oleh karena itu, pembekuan darah dalam tubuh harus dideteksi dan diobati sedini mungkin. Berikut ini 9 tanda terjadinya pembekuan darah dalam tubuh seseorang.

1. Terjadi Perubahan Warna Pada Bagian Tubuh Tertentu.

Terjadi Perubahan Warna Pada Bagian Tubuh Tertentu.

Terjadi Perubahan Warna Pada Bagian Tubuh Tertentu. Image [source]

Perubahan warna pada anggota tubuh tertentu bisa jadi merupakan pertanda terjadinya pengumpalan daran. Kulit yang berubah jadi merah kebiruan misalnya, itu tandanya ada pengumpalan darah di bagian vena. Sedangkan kulit yang berubah jadi pucar bisa jadi pertanda terjadinya penggumpalan darah pada arteri. Jangan remehkan bagian tubuhmu yang mengalami perubahan warna ya.

2. Pembengkakan Pada Bagian Bagian Kaki.

Pembengkakan Pada Bagian Bagian Kaki.

Pembengkakan Pada Bagian Bagian Kaki. Image [source]

Terjadinya pembekuan darah pada vena yang ada di tubuh bagian dalam juga bisa di tandai dengan adanya pembengkakan di bagian kaki. Bisa di bagian punggung telapak kaki atau di pergelangan kaki bagian bawah. Umumnya kaki yang bengkak hanya sebelah saja. sementara kaki satunya lagi normal. Kalau kakimu tiba tiba bengkak sebelah, ada baiknya di cek ke dokter.

3. Sakit Di Bagian Dada.

Sakit Di Bagian Dada.

Sakit Di Bagian Dada. Image [source]

Sakit di bagian dada seringkali di kaitkan dengan terjadinya pembekuan daah di bagian paru paru akibat gangguan Deep Vein trombosis. Apalagi kalau sakit di bagian dada tersebut diikuti dengan batu batuk. Bukan batuk biasa, batuk darah juga bisa terjadi pada kasus ini. selain akibat DVT, sakit di bagian dada juga bisa di sebabkan karena terjadinya pembekuan darah di arteri.

4. Cepat Lelah.

Cepat Lelah.

Cepat Lelah. image [source]

Cepat lelah juga menjadi pertanda bahwa ada pembekuan darah di bagian paru baru. Jika biasanya beraktivitas normal bisa tahan seharian kemudian tiba tiba kamu cepat merasa lelah, maka bisa jadi ada darah yang menyumbat pembuluh darah di paru paru. Kalau di biarkan, efeknya bisa gawat. oleh karena itu ketika kelelahan harap selalu waspada ya. Segera temui dokter

5. Gampang Sesak Nafas.

Gampang Sesak Nafas.

Gampang Sesak Nafas. Image [source]

Darah yang membeku di suatu tempat bisa terbawa aliran darah sehingga akhirnya sampai di wilayah paru paru. Ketika gumpalan darah sampai paru paru, maka kerja paru paru akan terganggu sehingga bernafas pun cukup sulit. Nafas menjadi pendek pendek. Kalau sudah sesak nafas ini, maka prlu segera ke dokter buat di tangani. Kalau tidak efeknya bisa mengancam nyawa.

6. Perubahan Suhu Pada Bagian Tubuh Tertentu.

Perubahan Suhu Pada Bagian Tubuh Tertentu.

Perubahan Suhu Pada Bagian Tubuh Tertentu. Image [source]

Ketika terjadi penyumbatan pada pembuluh darah, sirkulasi darah tidak bisa lancar. Padahal selain mengedarkan nutrisi, darah juga menyebarkan panas tubuh agar merata. Kalau pembuluh darah terseumbat, beberapa bagian tubuh jadi lebih panas atau lebih dingin dari bagian tubuh lain.

Itulah 6 gejala yang berguna untuk mendeteksi terjadinya pembekuan darah dalam tubuh. Karena terkait dengan penyakit stroke serta serangan jantung, sebaiknya kita waspada

No more articles