Minggu 5 Agustus 2018, Lombok kembali di goncang gempa setelah peristiwa yang sama juga terjadi pada tanggal 29 juli lalu. Kali ini gempa yang melanda lombok lebih kencang dari pada sebelumnya. Tak hanya terasa di lombok, gempa yang terjadi pada minggu pagi ersebut pun juga di rasakan di wilayah malang hingga kutha bali.

Ini 5 Hal Terkait Gempa Lombok Berkekuatan 7 SR Yang Bikin Panik Dan Makan Banyak Korban

Ini 5 Hal Terkait Gempa Lombok Berkekuatan 7 SR Yang Bikin Panik Dan Makan Banyak Korban Image [source]

Kedahsyartan kempa yag terjadi pada minggu 5 agustus 2017 juga terlihat dari banyaknya korban jiwa. Apa sih penyebab gempa lombok kali ini? seberapa mengerikan efeknya bagi masyarakat? Berikut informasinya.

1. Gempa Lombok 5 Agustus 2018 Di Sebabkan Oleh Aktivitas Tektonik.

Gempa Lombok 5 Agustus 2018 Di Sebabkan Oleh Aktivitas Tektonik.

Gempa Lombok 5 Agustus 2018 Di Sebabkan Oleh Aktivitas Tektonik. Image [source]

Gempa bumi ada dua macam berdasar penyebabnya. gempa bumi pertama adalah gempa tektonik. Gempa tektonik terjadi karena ada aktivitas pergerakan lempeng tektonik di wilayah tersebut. entah gerakan naik, menurun atau bertumbukan dengan lempeng tektonik lain. gempa yang kedua adalah gempa vulkanik. Gempa ini terjadi karena aktivitas gunung api di wilayah tersebut. nah gempa besar yang terjadi di lombok kemarin merupakan gempa tektonik akibat aktivitas lempeng flores yang bergerak naik.

2. Berpusat Di Darat Tapi Berpotensi Tsunami

Berpusat Di Darat Tapi Berpotensi Tsunami

Berpusat Di Darat Tapi Berpotensi Tsunami Image [source]

Gempa yang berpotensi tsunami biasanya adalah gempa gempa yang pusatnya di laut. Gempa lombok ini pusatnya di darat, tapi kenapa berpotensi tsunami ya? Ternyata meskipun pusatnya di darat tapi patahanya sampai kelaut. Posisi pusat gempa juga tidak jaug jauh dari lautan sehingga memungkinkan terjadi tsunami. Setelah gempa memang ada volume air yang sampai di darat. Untung saja ketinggian gelombang tidak sampai 1 meter. pusat gempa lombok pada minggu 5 agustus 2018 kemarin lokasinya ada di 8.37 LS dan 116.48 BT dengan kedalaman 15 Km.

3. Gempa Lombok Minggu 5 Agustus 2018 Merupakan Gempa Utama.

Gempa Lombok Minggu 5 Agustus 2018 Merupakan Gempa Utama.

Gempa Lombok Minggu 5 Agustus 2018 Merupakan Gempa Utama. Image [source]

Sebelum terjadi gempa lombok pada minggu 5 agustus 2018 kemarin, sudah terjadi banyak gempa di wilayah NTB. Salah satunya adalah gempa yang terjadi pada 29 juli dan menyebabkan ribuan pendaki terperangkap di gunung rinjani akibat tebing tebing ambrol. Gempa lombok 5 agustus 2017 kemarin merupakan gempa utama dengan kekuatan 7.0 SR. BMKG menyatakan bahwa ini merupakan gempa utama sedangkan yang sebelum sebelumnya adalah gempa pendahuluan. Karena gempa kemarin adalah gempa utama semoga saja tidak ada gempa susulan yang kekuatannya lebih besar ya.

4. Gempa Lombok 5 Agustus 2018 Menelan Cukup Banyak Korban.

Gempa Lombok 5 Agustus 2018 Menelan Cukup Banyak Korban.

Gempa Lombok 5 Agustus 2018 Menelan Cukup Banyak Korban. Image [source]

Gempa bermagnitudo & sr yang terjadi minggu pagi di lombok ternyata menelan cukup banyak korban. dilaporkan seitar 89 korban meninggal akibat gempa ini. korban meninggal akibat gempa lombok ini berasal dari berbagai wilayah yang berbeda. Yang paling parah adalah di lombok utara denga 72 korban jiwa, kemudian lombok barat dengan 9 korban jiwa, 2 orang di lombok tengah, 4 di kota mataram dan 2 di lombok timur. Rata rata korban meninggal disebabkan karena tertimpa reruntuhan bangunan akibat panik.

5. Gempa Lombok Di Hubung Hubungkan Dengan Dukungan TGB Terhadap Jokowi.

Gempa Lombok Di Hubung Hubungkan Dengan Dukungan TGB Terhadap Jokowi.

Gempa Lombok Di Hubung Hubungkan Dengan Dukungan TGB Terhadap Jokowi. Image [source]

Beberapa waktu lalu, TGB sebagai bubernut NTB menyatakan mendukung jokowi jadi presiden 2 periode. Seperti yang kita tahu, kita saat ini lagi memasuki tahun tahun panas politik karena akan di selenggarakan pilpres 2019 mendatang. TGB pun banyak di salahkan oleh netizen sebagai penyebab terjadi nya gempa lombok ini. akibat TGB beralih mendukung jokowi, gempa lombok pun terjadi. Tuduhan yang kurang tepat ya sepertinya.

Itulah 5 fakta terkait gempa lombok 5 agustus 2018 kemarin. Mengingat negara kita ini terletak di dalam ring of fire lempeng pacifik, maka gempa akan selalu terjadi. Yang bisa di lakukan adalah memperkokoh bangunan sesuai standar dan mengetahui SOP keselamatan ketika terjadi gempa dadakan. Selebihnya pasrahkan nasib pada yang maha kuasa ya.

No more articles