Selain alquran, ajaran agama islam juga bersumber dari hadits. Begitu juga dengan ibadah puasa yang sedang kita jalankan di bulan ramadhan ini. kita pasti sudah sering mendengar bahwa puasa itu baik bagi kesehatan. Ternyata pernyataan manfaat puasa bagi kesehatan itu tidak hanya berdasar pernelitian ilmiah semata lho. ada sebuah hadits yang khusus yang menguatkan pernyataan bahwa puasa itu sehat. Dalam hadits tersebut Rasulullah bersabda Saw bersabda.

Ini Hadits Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Bisa Jadi Landasan Bagimu Supaya Makin Mantap Manjalankan Ibadah Wajib Ini.

Ini Hadits Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Bisa Jadi Landasan Bagimu Supaya Makin Mantap Manjalankan Ibadah Wajib Ini. Image [source]

“Berpuasalah, niscara kalian sehat.”(HR. Ibnu as-sunni dan Abu Nu’aim. As Suyuthi Menghasankan Hadits tersebut). dengan adanya hadits ini, kita jadi makin yakin deh bahwa puasa itu memang benar benar sehat. Tapi sebenarnya bagaimana sih puasa itu membuat tubuh kita makin sehat? Berikut ini beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita yang jadi pembuktian secara ilmiah hadits tentang puasa tersebut.

1. Puasa Bisa Mengatur Keseimbangan Kadar Insulin.

Puasa Bisa Mengatur Keseimbangan Kadar Insulin.

Puasa Bisa Mengatur Keseimbangan Kadar Insulin. Image [source]

Insulin merupakan hormon dalam tubuh yang fungsinya mengubah kadar gula dalam darah menjadi lemak dan menyimpannya di bawah kulit. Ketika kita tidak puasa dan banyak mengkonsumsi makanan tinggi karbohdrat dan gula, insulin ini di produksi seara berlebihan. Akibatnya, banyak gula darah yang diubah jadi lemak dan di timbun di bawah kulit. Ini tentu saja menyebabkan seseeorang mengalami obesitas. Lemak seharusnya dibakar jadi energi bukannya di tumpuk tumpouk. Kelebihan lemak dapat menyebabkan resiko kesehatan seperti serangan jantung serta stroke. Agar taka makin banyak maka hormon insulin perlu dikendalikan salah satunya adalah dengan berpuasa. Puasa membatasi asupan karbohodrat dan gula dalam tubuh.

2. Mengendalikan Kadar Hormon Ghrelin Pemicu Rasa Lapar.

Mengendalikan Kadar Hormon Ghrelin Pemicu Rasa Lapar.

Mengendalikan Kadar Hormon Ghrelin Pemicu Rasa Lapar. Image [source]

Rasa lapar dan kenyang yang ada dalam tubuh kita ternyata diatur oleh hormon Ghrelin. Hormon ini bekerja dengan mendeteksi kadar gula darah. Jika kadar gula darah rendah, otak akan mengeluarkan hormon ghrelin sehingga kita merasa lapar. Tapi kadang hormon Ghrelin ini tak terkendali jumlahnya. Akibatnya kita bisa terus menerus merasa lapar padahal kadar gula darah normal. Untuk mengatasinya, berpuasa bisa menjadi cara paling ampuh untuk mengendalikan hormon Ghrelin ini sehingga kita lebih bisa mengendalikan rasa lapar.

3. Dengan Berbuapa Kadar Kolesterol Kita Jadi Lebih Rendah.

Dengan Berbuapa Kadar Kolesterol Kita Jadi Lebih Rendah.

Dengan Berbuapa Kadar Kolesterol Kita Jadi Lebih Rendah. Image [source]

Kolesterol itu pada dasarnya lemak jahat. ketika kita berpuasa, asupan makanan mulai dari karbohidrat, gula serta lemak juga berkurang. Penelitian dari ahli jantung di negara negara UEA menunjukkan bahwa orang yang sedang berpuasa kadar kolesterolnya lebih rendah dari mereka yang tidak berpuasa. Kita tahu bahwa kolesterol itu biang kerok dari banyak gangguan kesehatan. Dengan puasa ini berarti juga kita terhindar dari banyak penyakit perbahaya seperti strike dan serangan jantung.

4. Puasa Bisa Membuat Otak Lebih Encer.

 Puasa Bisa Membuat Otak Lebih Encer.

Puasa Bisa Membuat Otak Lebih Encer. Image [source]

Ketika puasa, asupan karbohodrat serta gula dikurangi jumlahnya. Akibatnya tubuh memperoleh energi dengan cara membakar lemak. Pembakaran lemak ini menghasilkan keton. Nah keton ini ternyata bagus bagi otak lho. itu karena keton bisa leluasa menembus pembuluh darah otak sehingga bisa jadi nutrisi yang mudah dicerna oleh sel sel otak. Kalau tidak puasa, keton jarang jarang di produksi oleh tubuh karena yang dibakar biasanya karbohidrat dan gula.

5. Puasa Menyehatkan Sistem Peredaran Darah Dan Menurunkan Resiko Serangan Jantung.

Puasa Menyehatkan Sistem Peredaran Darah Dan Menurunkan Resiko Serangan Jantung.

Puasa Menyehatkan Sistem Peredaran Darah Dan Menurunkan Resiko Serangan Jantung. Image [source]

Salah satu gangguan utama pada sistem peredaran darah adalah arterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol atau endapan kalsium. Tahap terjadinya arterosklerosis ini awalnya ada tumpukan lemak, kemudian tumpukan lemak ini mengeras karena terjadi endapan kalsium. Kalau sudah terjadi penyumbatan seperti ini, maka peredaran darah tidak lancar dan jantung pun jadi bekerja tambah berat sehingga meningkatkan resiko gagal jantung. Dengan berpuasa, jumlah lemak yang berpotensi menyumbat pembuluh darah jadi berkurang, peredaran darah jadi lebih lancar dan resiko serangan jantung pun jadi menurun.

Itulah hadis tentang manfaat puasa bagi kesehatan serta penjabaran bagaimana puasa bisa membuat orang yang menjalankannya tambah sehat. Dengan informasi diatas, tambah mantap kan dalam menjalankan puasa. Kalau puasamu benar pasti tubuhmu juga bakal tambah sehat. Kalau ketika puasa kok malah justru timbul banyak gangguan kesehatan, maka puasamu perlu dievaluasi lagi. pasti ada yang salah pada menunya.

No more articles