Mencari pekerjaan adalah salah satu hal yang tidak bisa di katakan sangat mudah, apalagi kalau di bidang kantoran. Mengirim surat lamaran saja pun bukan menjadi jaminan untuk bisa kamu di terima sebagai pegawai di kantor yang kamu lamar. Proses recruitmen atau proses penjaringan tenaga kerja pastinya juga banyak melalui tahapan-tahapan dari sekian banyak tes yang telah di tetapkan.

Tips dan trik Interview Kerja

Tips dan trik Interview Kerja – image [ source ]

Salah satu tes yang sangat menentukan di terima atau tidaknya untuk bekerja di kantoran adalah berupa tes wawancara atau interview. Sejatinya wawancara adalah merupakan sebuah tes yang akan mengorek langsung seberapa besar pengetahuanmu dan juga menilai bagaimanakah kepribadianmu. Dalam menjalani tes ini, merasa percaya diri saja tidaklah cukup untuk menjamin kamu bisa lolos dari standar penialaian kualifikasi yang telah di tentukan. Bagi kamu yang selalu merasa gagal pada sesi interview ini coba kamu simak ulasan berikut ini, siapa tahu dalam wawancara berikutnya kamu akan sukses menghadapinya.

1. Selalu Datang Tepat Waktu

Mengalami keterlambatan karena alasan macet dan lainnya sebaiknya jangan di jadikan alasan saat kamu sudah menghadapi sesi interview. Masalah keterlambatan saat interview tanpa memberikan konfirmasi terlebih dahulu adalah salah satu hal fatal yang dapat memupuskan harapanmu untuk bisa bergabung dalam perusahaan yang kamu lamar. Sebaiknya jika kamu sudah tau merasa akan terlambat dalam kehadiran sesi interview, hal yang harus segera kamu lakukan adalah cepat-cepat memberikan konfirmasi kepada pihak terkait untuk meminta kelonggaran waktu atas apa yang sedang kamu alami.

Tepat waktu adalah bagian dari kedisiplinan

Tepat waktu adalah bagian dari kedisiplinan – image [ source ]

Salah satu cara untuk menghindari keterlambatan adalah dengan menyiapkan kehadiranmu jauh dari waktu yang telah di tentukan. Hal penting yang harus di perhatikan saat kamu datang lebih awal adalah jangan pernah menunggu sisa waktumu itu di dalam kantor karena itu malah akan menambah sedikit kesan buruk bagimu karena akan menjadikanmu terkesan sangat memburu waktu. Tunggulah sisa waktumu itu di kantin atau di sekitar area perusahaan sambil menunggu waktu interview yang telah ditetapkan. Selalu datang tepat waktu saat interview adalah hal yang bisa membuat nilai plus bagimu , tidak kurang dan tidak lebih dari waktu yang di tentukan.

2. Jagalah Aspek Etika dan Kesopanan

Saat proses interview berlangsung maka semua proses penilaian karakter dan kepribadianmu akan di mulai. Oleh karena itu hal yang wajib kamu tonjolkan saat interview berlangsung adalah etika dan kesopananmu. Aspek etika dan kesopanan biasanya mulai di nilai saat pihak terkait memanggil namamu untuk masuk ke dalam ruangan interview. Maka sejak inilah kamu harus mulai menjaga etika dan kesopananmu dari mulai tata bicara sampai hal penting tingkah laku dan lainnya.

Menjaga etika dan kesopanan dapat menambah nilai plus dalam interview

Menjaga etika dan kesopanan dapat menambah nilai plus dalam interview – image [ source ]

Salah satu yang perlu dan sangat di perhatikan saat akan memasuki ruangan interviews adalah dengan mengetuk pintu dan meminta ijin untuk memasuki ruangan. Tunjukanlah sikap respek dan jangan jadikan dirimu terkesan kaku dalam memasuki ruangan. Setelah memasuki ruangan hal yang perlu di perhatikan adalah tunggulah tuan rumah untuk memberikan isyarat untuk kamu duduk di kursi yang di sediakan, atau jika memang tidak maka sedikit berbasa-basilah untuk meminta ijin duduk di tempat yang telah di sediakan.

3. Matikan HP Kamu saat Interview Sedang Berlangsung

Keteledoran ini sangat sering kali jarang di perhatikan oleh si calon pelamar kerja, banyak sekali orang yang akan menjalani interview lupa mematikan atau merubahnya ke mode diam pada alat komunikasinya. Hp berdering saat proses interview sedang berlangsung juga akan sedikit mengurangi penilaianmu. Kejadian yang tak terduga itu akan membuatmu terkesan bahwa kamu sedikit menganggap remeh tes yang sedang kamu jalani.

Jangan lupa matikan HP saat sedang interview

Jangan lupa matikan HP saat sedang interview – image [ source ]

Bila memang Hp mu berdering saat berlangsung interview maka setidaknya jangan pernah sekali-kali meminta ijin untuk mengangkatnya, tapi meminta ijinlah untuk mematikan Hpmu, jika tidak maka mereka nanti akan langsung mencoret namamu dari daftar kualifikasi. Selain tidak sopan, hal yang sering di sepelekan ini juga akan membuatmu terkesan membuang-buang waktu yang di sediakan oleh pihak perusahaan.

4. Kamu Harus tau Tentang Perusahaan dan Posisi yang Kamu Lamar

Proses interview tidaklah jauh banyak berbeda dengan test ujian lainnya, jika memang kamu tidak siap dan matang dalam menjalani ini maka kamu akan sia-sia. Bagaimana tidak sia-sia jika kamu sebagai pelamar saja tidak mengerti tentang seluk-beluk perusahaan yang kamu lamar, atau bahkan kamu tidak memahami posisi kerja yang kamu inginkan. Banyaknya orang yang gagal dari penilaian interview yang di lakukan di setiap perusahaan adalah karena mereka tak mengerti dan memahami tentang perusahaan itu.

Mempersiapkan segala hal wawasan secara matang sebelum interview

Mempersiapkan segala hal wawasan secara matang sebelum interview – image [ source ]

Jika tidak ingin interviewmu menjadi sia-sia belaka maka sepatutnya kamu telah mempersiapkan terlebih dahulu secara matang hal ini untuk mengetahui, mengorek data dan informasi tentang perusahaan dan juga posisi yang akan kamu lamar. Sebaiknya setiap mengirimkan surat lamaran, kamu juga harus mulai tahu seluk-beluk perusahaan dan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Agar nanti pas sesi inteview berlangsung kamu tidak lagi jadi orang bego ketika di tanya septura hal tersebut.

5. Harus Aktif Bertanya Pada Saat yang Tepat

Perihal lainnya dalam perusahaan yang menjadi sorotan utama dari tes interview adalah ke aktifanmu dalam bertanya. Jika dalam sesi ini kamu hanya berskikap pasif, atau hanya menjawab pertanyaan tanpa sering bertanya balik maka jangan pernah berharap kamu akan di terima bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Keaktifanmu bertanya adalah salah satu tanda bahwa kamu memang benar-benar memiliki keseriusan untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

peran aktif dalam bertanya adalah hal pokok dalam sesi interview

Peran aktif dalam bertanya adalah hal pokok dalam sesi interview – image [ source ]

Selain kamu di wajibkan tahu akan segala jenis dan seluk-beluk perusahaan yang kamu lamar dalam sesi interview, kamu juga sangat di wajibkan untuk berperan aktif dalam memberikan pertanyaan balik yang bersifat keingintahuan pada perusahaan yang kamu lamar. Tentunya hal yang sangat di sarankan adalah bertanya seputar hal yang tidak terlalu menjerumus ke rahasia perusahaan. Selain dapat menambah wawasan saat nantinya di terima di perusahaan ini, cara ini ternyata sangat ampuh di gunakan untuk menjadikan pertimbangan perusahaan untuk menerimamu sebagai pekerja

.Upaya agar di terima sebagai pegawai di perusahaan yang kamu lamar tentunya tidaklah semudah yang di banyangkan. Proses interview adalah salah satu hal penting yang perlu kamu persiapkan secara matang agar kamu bisa lolos menghadapinya. Merasa percaya diri pun tidaklah cukup untuk melalui sesi wawancara ini, karena sejatinya banyak trik dan tips yang bisa di gunakan agar kamu bisa lolos dari seleksi atas kriteria yang telah di tetapkan.

Selain harus menunjukkan etika dan attitude, dalam wawancara ini kejujuran adalah sebuah hal yang tak boleh kamu tinggalkan, jangan terlalu membuat cerita untuk mengangkat namamu di depan para penguji. Semoga informasi di atas bisa membuat lebih terbuka atas kesalahan yang mungkin belum kamu ketahui soal interview sebelumnya, semoga berhasil ya di interview berikutnya!?

No more articles