Dunia media sosial kita baru baru ini dihebohkan dengan berita viral terkait pemukulan yang dialami oleh aktivis ratna sarumpaet hingga wajahnya lebam lebam. Dalam narasi, penggiat gerakan #2019gantipresiden ini mengaku di pukuli orang tidak di kenal di bandung. Tak hanya netizen biasa yang ikut menanggapai informasi hoaz ini tapi, prabowo subianto capres 2019 serta sandiaga uno juga sempat mengecam orang yang melakukan pemukulan terhadap ratna sarumpat. Berita pun makin viral sehingga banyak tokoh tokoh politik lain seperti amin rais dan beberapa kalangan artis ikut menyebarkan info tersebut.

Heboh Hoax Ratna Sarumpaet Di Pukuli, Ini 7 Alasan Kenapa Berita Bohong Cepat Menyebar.

Heboh Hoax Ratna Sarumpaet Di Pukuli, Ini 7 Alasan Kenapa Berita Bohong Cepat Menyebar.  Image [source]

Belakangan diketahui bahwa ternyata, ratna sarumpaet lebam lebam mukanya bukan karena di pukuli orang. mukanya lebam lebam karena habis melakukan operasi plastik di RS kecantikan di jakarta. Kenapa ya berita hoax bisa menyebar cepat, lebih cepat dari berita yang sebenarnya? Berikut ini 7 penyebabnya menurut para ahli.

1. Orang Menyukai Berita Bohong Untuk Mencari Pembenaran Terhadap Pandangan Mereka.

Orang Menyukai Berita Bohong Untuk Mencari Pembenaran Terhadap Pandangan Mereka.

Orang Menyukai Berita Bohong Untuk Mencari Pembenaran Terhadap Pandangan Mereka. Image [source]

Setiap orang punya pandangan sendiri sendiri terkait apa yang terjadi di dunia ini. pandangan terkait masalah politik, sosial atau pun budaya. Setiap orang juga suka kalau pandangan pandangannya ini di setujui oleh orang lain. beberapa berita bohong memang dirancang untuk mendukung padangan salah satu pihak dan menghancurkan pandangan pihak lain. oleh kerena itulah banyak orang terutama yang pandangannya sama, menyukai info hoax tersebut dan ikut menyebarkannya.

2. Di Media Sosial, Informasi Itu Seperti Duit, Makin Banyak Share Serasa Makin Tinggi Status Sosialnya.

Di Media Sosial, Informasi Itu Seperti Duit, Makin Banyak Share Serasa Makin Tinggi Status Sosialnya.

Di Media Sosial, Informasi Itu Seperti Duit, Makin Banyak Share Serasa Makin Tinggi Status Sosialnya. Image [source]

kalau di dunia nyata yang dianggap berharga itu uang, maka di media sosial, informasilah yang dianggap berharga adalah informasi. Semakin banyak info yang di share, maka di mata teman temannya, status sosialnya akan makin tinggi. Semakin sensasional berita yang di share, maka ia akan mendapatkan lebih banyak likem komen dan perhatian. Dengan berbagai reward yang di dapat dari menshare info tersebut, ia makin senang dan makin bersemangat sharing info lagi. saking semangatnya jadi lupa mengecek info tersebut hiax atau tidak.tak heran akibat kebiasaan dapat info langsung share ini, berita hoax cepat menyebar.

3. Sifat Alami Orang Memang Suka Dengan Desas Desus

Sifat Alami Orang Memang Suka Dengan Desas Desus

Sifat Alami Orang Memang Suka Dengan Desas Desus Image [source]

Pada dasarnya orang memang suka bergosip dengan info info yang belum pasti kebenarannya. Yang belum jelas justru menjadikan orang penasaran sehingga untuk mencari kejelasan ia berulang kali membicarakannya dengan orang lain. karena rasa penasarannya inilah hoax menyebar tambah luas.

4. Info Hoax Gampang Menyebar Karena Orang Takut Berbeda Dari Orang Lain.

Info Hoax Gampang Menyebar Karena Orang Takut Berbeda Dari Orang Lain.

Info Hoax Gampang Menyebar Karena Orang Takut Berbeda Dari Orang Lain. image [source]

Seperti kita tahu, dalam bersosialisasi, kadang yang berbeda mendapatkan hukuman. Begitu juga kalau mengungkapkan pendapat yang berbeda dengan kebanyakan orang seringkali orang tersebut di bulli atau di cari cari kelemahannya. Karena takut jadi berbeda ini, orang cenderung menyetujui pendapat yang terbanyak di sosial media. Oleh karena itu ketika ada info viral, orang orang cepet cepetan ikut menshare agar tidak dianggap beda dari yang lainnya.

5. Algoritma Yang Di Pakai Sosial Media Memang Menampilkan Apa Yang Paling Banyak Di Sukai Orang.

Algoritma Yang Di Pakai Sosial Media Memang Menampilkan Apa Yang Paling Banyak Di Sukai Orang.

Algoritma Yang Di Pakai Sosial Media Memang Menampilkan Apa Yang Paling Banyak Di Sukai Orang. Image [source]

Kalau kamu adalah pengguna facebbok, pasti tahu kan kelakuan facebook bagaimana? Yang di tampilkan di beranda kita seringkali hanya status status dari teman yang like serta komennya banyak. status status teman terbaru yang kurang populer tidak kelihatan kecuali kita sengaja mengurutkan beranda dari yang terbaru. Oleh karena itu berita hoax tapi yang banyak mendapat like, share serta komen dari orang orang punya peluang besar nongol di beranda kita. sementara info beneran yang kurang populer lebih sering tenggelam.

6. Info Info Hoax Di Sebarkan Oleh Mereka Yang Punya Modal Banyak.

Info Info Hoax Di Sebarkan Oleh Mereka Yang Punya Modal Banyak.

Info Info Hoax Di Sebarkan Oleh Mereka Yang Punya Modal Banyak. Image [source]

Seperti kita tahu, saat ini berita berita viral sering dijadikan tambang uang. Semakin banyak pengunjung suatu portal berita semakin banyak pula uang yang masuk. Nah untuk mendongkrak pengunjung, kadang ada media yang sengaja menyebar berita hoax namun fantastis. Berita tersebut pun kemudian dibaca dan disebar oleh orang orang yang merasa bahwa info tersebut sejalan dengan pandangannya.

7. Info Hoax Sengaja Disebar Untuk Mendulang Dukungan Politik.

Info Hoax Sengaja Disebar Untuk Mendulang Dukungan Politik.

Info Hoax Sengaja Disebar Untuk Mendulang Dukungan Politik. Image [source]

mendekati pilres, pilkada atau pemilihan caleg, berita hoax bakalan makin santer beredar. Itu karena info info palsu tersebut dimanfaatkan oleh para politisi untuk menyerang lawan politiknya dan untuk memperoleh simpati masyarakat. Bahkan sering ada akun akun bayaran yang sengaja menyebarkan hoax.
efek berita hoax bisa dahyat lho. mulai dari pertengkaran hingga kerusuhan. Ada juga yang sampai bunuh bunuhan. Agar tidak jadi korban hoax, selalu jeli dalam menyaring informasi ya.

No more articles