Bersepeda selain asik juga menyehatkan. Yang hobi bersepeda pasti sangat menikmati aktivitas ini. sehatnya dapat, refreshingnya juga dapat. Tapi sayang sekali kadang bersepeda itu banyak banget tantanganya. Selain ruas jalan yang di khususkan untuk sepeda habis di pakai untuk kendaran lain, rata rata, pengguna jalan kurang ramah terhadap pemakai sepeda. Misalnya saja, mau menyeberang, sudah menunggu lama tapi tidak kunjung di beri kesempatan. Ruang tunggu khusus sepeda di perbagai lampu merah pun kadang sudah di kuasai pengendara kendaraan jenis lain seperti motor atau mobul. Akibatnya sekedar bersepeda saja butuh perjuangan ekstra.

Ini 5 Kota Di Dunia Yang Dikenal Paling Ramah Bagi Para Pengendara Sepeda.

Ini 5 Kota Di Dunia Yang Dikenal Paling Ramah Bagi Para Pengendara Sepeda. Image [source]

Selain kota kota yang di kenal tidak ramah untuk pengguna sepeda, ada juga lh kota yang jadi surganya pesepeda. Di berbagai kota di dunia ini, banyak sekali fasilitas untuk para pengguna sepeda yang telah di bangun. Punya jalur sepeda sendiri bahkan punya jembatan penyeberangan khusus sepeda sendiri. kota mana sajakah yang menjadi surga bagi para penghobi sepeda ini? berikut 5 diantaranya

1. Copenhagen Denmark

Copenhagen Denmark

Copenhagen Denmark Image [source]

Kopenhagen denmark ini sepertinya bakalan lama nangkring sebagai kota nomor 1 yang paling ramah tarhadap pengguna sepeda. Sebabnya, pemerintah setempat menginvestasikan banyak uang untuk membangun sarana khusus pengguna sepeda. Lebih dari $150 juta dolar di habiskan pemerintah copenhagen untuk membangun jalur sepeda, jembatan penyeberangan buat sepeda serta. Jalan khusus untuk sepeda terus menerus di bangun sampai sampai 52 persen penduduk kopenhagen adalah pengendara sepeda. Pasti seru ya bersepeda di copenhagen ini.

2. Kota Yang Ramah Pesepeda Utretch, Belanda.

Kota Yang Ramah Pesepeda Utretch, Belanda.

Kota Yang Ramah Pesepeda Utretch, Belanda. Image [source]

Di posisi kedua, ada kota utrech yang ada di belanda. Kota kecil ini juga di lengkapi dengan infrastruktur cukup canggih untuk pengguna sepeda. Di utrech ada jalaur sepeda yang panjangnya mencapai 3.7 mil. Ruas jalan klusus sepeda juga di lengkapi dengan detektor kecepatan yang bisa memberi tahu pengendara sepeda untuk mempercepat atau memperlambat laju sepedanya agar pas lewat lampu merah, lampunya menyala hijau. Canggih banget kan. tak hanya itu, pemerintah kota utrech juga terus menerus membangun spot parkir yang nyaman buat para pengguna sepeda. Surga banget lah pokoknya kalau kamu hobi bersepeda dan berkunjung ke kota utrech ini.

3. Kota Yang Ramah Pesepeda Amsterdam.

Kota Yang Ramah Pesepeda Amsterdam.

Kota Yang Ramah Pesepeda Amsterdam. Image [source]

Amsterdam merupakan kota yang cukup unik. Dulunya amsterdam menduduki peringkat teratas sebagai kota yang nyaman buat pengguna sepeda. Namun kini posisinya di salip oleh utrech dan copenhagen. Meski begitu, bersepeda di kota ini juga masih cukup nyaman kok. Beberapa tempat penting di kota amsterdam mudah jika pengen dikunjungi pakai sepeda. Disamping itu, amsterdam juga berencana menjadikan kotanya sebagai kota sepeda. Cuma gara gara scooter makin populer, impian kota amsterdam ini harus tertunda.

4. Kota Yang Ramah Pesepeda Strasbourg, Perancis.

Kota Yang Ramah Pesepeda Strasbourg, Perancis.

Kota Yang Ramah Pesepeda Strasbourg, Perancis. Image [source]

Meski agak kurang terkenal, kota strausbourg di perancis ini merupakan kota pertama yang banyak membangun infrastruktur untuk para pengguna sepeda di negara ini. 16 persen penduduk kota strausbourg menggunakan sepeda. Jalur speda di kota stausbourg ini juga sudah menghubungkan tempat tempat strategis di kota. Bakal di bangun 3 jalur sepeda yang melingkari kota dan jalur lain yang malang melintang di tengah perkotaan. Pastinya nyaman banget bersepeda di salah satu kota perancis ini.

5. Kota Yang Ramah Pesepeda Tokyo jepang.

Kota Yang Ramah Pesepeda Tokyo jepang.

Kota Yang Ramah Pesepeda Tokyo jepang. Image [source]

Rata rata kota kota di wilayah asia tidak ramah pada pengguna sepeda. Namun di kota tokyo jepang, kondisinya lain. di tokyo, jalur sepeda yang di bangun sudah banyak. di samping itu ada trotoar khusus buat para pesepeda yang beda dengan trotoar yang di pakai pejalan kaki. Enggakperlu berebut ruas jalan lagi kan dengan pengendara mobil dan motor?

No more articles