Indonesia memang kaya kuliner. Untuk menarik lebih banyak wisatawan, tanggal 19 september kemarin, kementerian pariwisata menetapkan 5 makanan aslei indonesia sebagai kuliner nasional. Penetapan kuliner nasional tersebut di ungkapkan menteri periwisata arif yahya pada saat beliau menggelar jumpa pers di gedung kementrian pariwisata hari selasa lalu.

Ini 5 Makanan Yang Dinobatkan Sebagai Kuliner Nasional Indonesia, Kebangetan Kalau Belum Pernah Makan Salah Satunya.

Ini 5 Makanan Yang Dinobatkan Sebagai Kuliner Nasional Indonesia, Kebangetan Kalau Belum Pernah Makan Salah Satunya. Image [source]

Selain bisa di temui di hampir seluruh wilayah indonesia, ke lima kuliner nasional tersebut juga sudah diakui sebagai makanan paling lezat oleh CNN. Apa saja sih 5 kuliner nasional tersebut? ini dia daftarnya.

1. Kuliner Nasional Soto.

Kuliner Nasional Soto.

Kuliner Nasional Soto. Image [source]

Siapa sih orang indonesia yang enggak kenal soto. Dari yang ekonomi bawah sampai orang kaya pasti pernah makan soto. Bahkan tiap tiap daerah di indonesia juga punya versi sotonya sendiri sendiri. ada soto betawi, soto koya, soto lamongan , soto madura, soto banjar dan masih banyak lagi. makanan yang kuahnya segar dan ada campuran taoge, kubis serta daging ini memang lezat. Mau di santap pagi, siang atau malam tetap neikmat dan menyegarkan. Tak heran soto di tetapkan jadi kuliner nasional.

2. Makanan Yang Di Tetapkan Sebagai Kulner Nasional, Rendang.

Makanan Yang Di Tetapkan Sebagai Kulner Nasional, Rendang.

Makanan Yang Di Tetapkan Sebagai Kulner Nasional, Rendang. Image [source]

Sudah tahu kan masakan khas rumah makan padang ini. rendang sejatinya bukanlah nama makanan tapi cara memasak. Rendang berasal dari daerah sumatra barat. Namun karena makanan padang ada dimana mana, rendang pun jadi makanan favorit sejua umat. Rendang rata rata di buat dari irisan daging sapi. Di minangkabau, rendang dianggap sebagai makanan istimewa karena untuk memasaknya butuh kesabaran.

3. Nasi Goreng

Nasi Goreng

Nasi Goreng Image [source]

Nasi goreng merupakan kuliner yang cukup mudah di temui di indonesia. sore hari biasanya banyak pedagang kaki lima yang menjajakan nasi goreng ini. tapi tahu enggak sih, ternyata nasi goreng itu asalnya dari cina lho. orang cina jaman dahulu paling tidak suka buang buang sisa makanan oleh karena itulah, tiap kali ada sisa nasi, maka akan diolah jadi nasi goreng. Di tambah cabe, di tambah irisan daging di tambah seledri dan masih banyak variasinya. Nasi goreng ternyata cocok untuk lidah orang orang indonesia. wajar jika ia dijadikan sebagai kuliner nasional.

4. Makanan Yang Ditetapkan Sebagai Kuliner Nasional, Sate.

 Makanan Yang Ditetapkan Sebagai Kuliner Nasional, Sate.

Makanan Yang Ditetapkan Sebagai Kuliner Nasional, Sate. Image [source]

Sate ini sudah mendarah daging di kalangan orang indonesia. asal usul sate sendiri cukup misterius. Tapi diyakini, kuliner enak ini berasal dari jawa. Soal ispirasinya dari mana sehingga lahir kuliner sate, masih jadi perdebatan. Tapi ada yang menduga sate ini terinspirasi dari timur tengah atau robatayakinya jepang. Yang jelas, kini sate sudah menyebar hingga ke seluruh dunia. sampai sampai orang afrika pun kenal sate lho. tak hanya itu, bumbu sate juga di adopsi ke berbagai makanan lain seperti burger, sushi dan masih banyak lagi. tepat lah langkah kemenpar menjadikan sate sebagai kuliner nasional.

5. Gado Gado.

Gado Gado.

Gado Gado. Image [source]

Tahu kan makanan yang satu ini. kata gado sendiri artinya makan lauk tanpa pake nasi. Gado gado di kenal di daerah betawi, sementara di daerah lain di jawa di namai juga dengan lotek. Bahan gado gado sendiri merupakan sayur sayuran yang di beri bumbu kacang. Tapi tak jarang di tambah pula dengan kentang rebus atau telur rebus. Yang pasti makanan ini bikin ketagihan plus menyehatkan karena banyak sayurannya.
Dari ke lima kuliner nasional tersebut mana favoritmu?

No more articles