Salah satu kuliner khas dan favorit diogja tentu saja adalah Gudeg. Masakan yang diulah dari bahan nangka muda ini memang khas. Ada rasa manisnya, ada juga rasa gurihnya. Apalagi kalau di dalamnya di tambahi dengan ayam, telur atau rambak. Yang makan di jamin puas ketika menikmati kuliner unggulan di jogja ini. selain ada gudeg basah ada juga gudeg kering yang di kemas kardusan aau dalam wadah besek. Ketika menikmati kuliner gudek jogja, pasti kamu pengen menikmati yang asli kan bukan yang abal abal?

Ini  5 Tempat Berburu Kuliner Gudeg Jogja Paling Favorit Lengkap Dengan Harga Dan Lokasinya

Ini 5 Tempat Berburu Kuliner Gudeg Jogja Paling Favorit Lengkap Dengan Harga Dan Lokasinya Image [source]

Menikmati gudeg jogja abal abal bisa membuat anggapanmu tidak tepat terhadap gudeg jogja. Jika ingin menikmati gudeg jogja yang asli, berikut 5 tempat paling rekomended.

1. Tempat Berburu Kuliner Gudeg jogja, Gudeg Pawon

Tempat Berburu Kuliner Gudeg jogja, Gudeg Pawon Image [source]

Gudeg pawon ini merupakan salah satu gideg favorit di jogja oleh karena itu antriannya selalu panjang. Berdiri mulai tahun 2000 berlokasi pertama kali di pasar sentul. Awalnya gudeg pawon ini buka mulai jam 3 pagi. Karena rasanya yang enak, begitu buka, gudeg pawon ini cepat habisnya. Pengunjung pun banyak yang antri di pasar sentul. Karena makin ramai, sang pemilik yaitu Prapto Widarso kemudian memindahkan lokasinya ke rumahnya sendiri yang beralamat di jalan Dr soepomo Janturan, Umbulharjo. Di tempat baru ini, Gudeg pawon buka mulai jam 10 malam. Para penikmat langsung antri di pawon rumah menikmati kuliner gudeg asli seperti di rumah sendiri. harga gudeg pawon jogja ini dari 11 ribu sampi 22 ribuan. Ada juga minuman yang bisa di nikmati dengan kisaran harga 2 ribu sampai 5 ribuan.

2. Gudek Yu Djum.

Gudek Yu Djum.

Gudek Yu Djum. Image [source]

Gudeg ini merupakan salah satu gudeg legendaris yang dimiliki jogja. Berdiri sejak 60 tahun yang lalu, gideg yu djum ini punya banyak cabang. Menu favoritnya adalah gudeg kering yang di kemas dalam kemaran kotak besek. Para penikmat gudeg bisa mencari gudeg yu djum di jl wijilan no 167 yogyakarta. rasa gudeg ini di jamin enak. Sebagai bukti, di jam jam makan, pengunjungyang pengen menikmati gudek yu djum ini rrela mengantri. Gudegnya sendiri di masak di jl kaliurang KM 4 CT 3 depok. Tempat tersebut merupakan kediaman ibu eni hartono pewaris dari gudek yu djum ini. untuk harga gudeg kering yu djum in bervariasi mulai dari30 ribu sampai 230 ribu. Tergantung kemasannya juga besek atau kendil.

3. Gudeg Mercon Bu Tinah.

Gudeg Mercon Bu Tinah.

Gudeg Mercon Bu Tinah. Image [source]

Kalau kamu suka kuliner yang pedas pedas, maka gudeg yang satu ini perlu kamu coba. Namanya gudeg mercon bu tinah. Berlokasi di jalan asem gede kranggan. Melayani pembeli dari jam 6 sore sampai jam 11 malam, harga kuliner gudeg merjon disini cukup terjangkau yaitu 16.000 rupiah per porsi. Rasa gudeg mercon bu tinah cukup lezat. Terbukti antriannya mengular sampai kadang membuat jalan di dekatnya macet. Bahkan artis juga banyak yang rela antri disini.

4. Gudeg Mbarek Bu Ahmad.

Gudeg Mbarek Bu Ahmad.

Gudeg Mbarek Bu Ahmad. Image [source]

Yang pernah kuliah dan ngekos di sekitaran UGM pasti tau gudeg mbarek ini. dulunya, gudeg mbarek di jajakan dengan cara di gendong di pasar beringharjo. Karena di barek ada pembangunan gedung pusat UGM, bu achmad pun kemudian menjajakan gudeg untuk para pekerja. Hasilnya, gudeg mbarek yang enak mulai di kenal hingga jadi favorit di jogjja. Selain bisa menikmati gudeg di tempat, kita juga bisa membeli udeg dalam paket kendil dan besek sebagai oleh oleh lho. letak gudeg mbarek bu achmad ini ada di jalan kaliurang KM 5 utara gedung pusat UGM. Harga gudeg mulai dari 13 ribuan hingga 260 ribuan.

5. Gudeg Permata, Jl mataram Jogja

Gudeg Permata, Jl mataram Jogja

Gudeg Permata, Jl mataram Jogja Image [source]

Kalau sebelum sebelumnya kita membahas, gudeg kering, maka yang satu ini adalah gudeg basah. Tempatnya lebih di kenal sebagai gudeg permata karena di jajakan di depan bekas gedung bioskop Permata. Buka dari jam setenag sembilan hingga jam 2 dini hari, pelanggan gudeg permata ini cukup banyak. yang membuat gudek permata ini khas adalah diatas gudeg, dalam penyajian disiram dengan kuah areh yang gurih. Kalau bosan dengan gudeg kering, gudeg basah yang ada di jalan gajah mada ini bisa kamu coba.

Dari ke lima gudeg jogja legendaris tersebut, mana yang pernah kamu coba?

No more articles