Keberadaan matcha kini semakin diburu oleh banyak orang karena khasiatnya. Matcha sendiri sejatinya adalah jenis tanaman camellia sinensis yang merupakan tanaman teh hijau namun ditanam dengan cara yang berbeda yaitu ditanam selama 20 hingga 30 hari dengan tidak boleh terkena sinar matahari. Salah satu tujuannya adalah agar tanaman teh meningkat jumlah produksi klorofil dan asam aminonya.

Manfaat Matcha

Manfaat Matcha [ image source ]

Di negara Jepang, matcha sering kali digunakan saat sedang ada upacara bernuansa spiritual. Selain digunakan untuk berbagai macam upacara, matcha juga sering dibuat untuk bahan pewarna dan perasa alami untuk beberapa makanan traditional khas Jepang. nah bagi kamu yang belum pernah mencicipi matcha, sepertinya kamu harus segera deh mencarinya karena efek baiknya yang seperti ini.

1. Memiliki Kadar Antioksidan Tinggi

Memiliki Kadar Antioksidan Tinggi

Memiliki Kadar Antioksidan Tinggi [ image source ]

Bubuk matcha tinggi akan kandungan catechin yang merupakan zat antioksidan alami yang terdapat pada tanaman teh. Menurut hasil penelitian, kandungan catechin pada mathca 137 kali lebih banyak dari teh hijau jenis lainnya. Kamu sendiri sudah nggak asing kan dengan peran antioksidan yang salah satunya dapat meningkatkan antibodi untuk melawan penyakit.

2. Menyehatkan Organ Hati

Menyehatkan Organ Hati

Menyehatkan Organ Hati [ image source ]

Liver atau yang sering disebut dengan hati adalah merupakan organ yang memiliki peranan mengeluarkan racun, metabolisme obat-obatan, hingga memproses nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Mengkonsumsi matcha ternyata tidak hanya dapat menigkatkan antibodi, tapi juga dapat membantu menjaga kesehatan organ vital seperti liver atau hati.

3. Menyehatkan Otak

Menyehatkan Otak

Menyehatkan Otak [ image source ]

Mengkonsumsi matcha ternyata tidak hanya dapat menjaga kesehatan organ hati, tapi juga dapat membantu menyehatkan otak manusia. Setelah diteliti, kandungan kafein alami yang terdapat pada mathca ternyata lebih pekat daripada teh hijau lainnya. Kandungan asam amino L-theaninenya juga berperan dalam meningkatkan level energi aktivitas otak dan mengurangi stres.

4. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Mencegah Kanker [ image source ]

Nah selain tinggi akan kandungan anti oksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, senyawa epigallocateching 3 gallate (ECGC) juga mampu memperhambat pertumbuhan sel kanker hingga menghancurkannya. Senyawa inilah yang menjadikan matcha dikenal sebagai teh hijau yang lain dari pada banyak jenis teh hijau lainnya.

5. Melindungi Jantung

Melindungi Jantung

Melindungi Jantung [ image source ]

Teh hijau adalah salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk digunakan menjaga kesehatan organ jantung. Sama halnya juga dengan meminum seduhan matcha yang juga mampu menurunkan tingkat level kolesterol jahat LDL pada level terendah. Dengan menurunnya tingkal level LDL dalam darah otomatis kesehatan jantung juga akan terjaga dengan baik.

6. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan [ image source ]

Nah buat orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan cobalah rutin mengkonsumsi matcha untuk mempercepatnya. Salah satu alasannya adalah karena matcha memiliki kemampuan mempercepat metabolisme untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Nah untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya perlu diimbangi dengan olahraga rutin.

7. Mengatasi Badmood

Mengatasi Badmood

Mengatasi Badmood [ image source ]

Olahan jajanan berbahan matcha kini banyak dan mudah sekali untuk dijumpai. Nah selain karena rasanya yang enak, sebagian orang yang mengetahui manfaatnya bagi kesehatan tubuh turut menjadi penyebab kenapa jajanan matcha kini banyak diburu. Nah satu lagi manfaat yang harus kamu ketahui dari mengkonsumsi matcha adalah dapat meredakan rasa badmood.

No more articles