Buat kamu yang lagi jalan-jalan ke Jepang sebaiknya jangan hanya makan di restoran saja. Tapi cobalah juga untuk mencicipi jajanan khas Jepang sembari berkeliling di tempat-tempat wisata. Nah bicara mengenai jajanan Jepang, takoyaki mungkin adalah salah satu jajanan Jepang yang sudah memiliki nama di Indonesia. Soal harganya pun takoyaki terbilang relatif terjangkau oleh semua kalangan masayarakat.

Makanan Jepang

Makanan Jepang [ image source ]

Namun tahu enggak kalau sejatinya jajanan Jepang itu nggak hanya takoyaki saja loh, masih ada banyak jajanan Jepang yang sepertinya sayang kamu lewatkan jika lagi berada di Jepang. Penasaran dengan apa saja jajanan Jepang selain takoyaki yang harus kamu cicipi? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. An Pan

An Pan

An Pan [ image source ]

Nah buat kamu yang pernah nonton film AnPanMan pasti sudah nggak asing lagi dengan jajanan satu ini. Jajanan Jepang ini adalah merupakan roti tradisional yang di isi dengan adonan kacang merah, kacang hijau, atau wijen. Nah menurut informasi nih, isi dari An Pan sendiri kini sudah mulai lebih banyak variasinya.

2. Gyoza

Gyoza

Gyoza [ image source ]

Jajanan Jepang yang juga nggak boleh kamu lewatkan untuk di cicipi adalah gyoza. Secara bentuknya gyoza sendiri sangat mirip dengan pangsit basah pada umumnya. Namun yang berbeda adalah gyoza dibuat dari tepung beras yang kemudian diisi dengan daging dan bawang. Jajanan yang satu ini ternyata termasuk jajanan paling favorit di Jepang loh.

3. Ikayaki

Ikayaki

Ikayaki [ image source ]

Nah buat kamu pecinta hidangan laut khususnya seperti cumi juga harus nyoba jajanan Jepang yang dinamakan dengan Ika-yaki. Ikayaki adalah tusukan dari potongan daging cumi-cumi yang dibakar dengan bumbu kecap. Ika yaki juga termasuk salah satu jajanan yang paling diburu loh di negara Jepang.

4. Hanami Dango

Hanami Dango

Hanami Dango [ image source ]

Hanami dango adalah merupakan kue bulat yang sajiannya di tusuk seperti sati. Dari segi rasa dan tekstur, hanami dango memiliki rasa manis dengan tekstur kenyal seperti mochi. Selain karena rasa dan teksturnya, warna yang terdapat pada hanami dango juga terlihat menarik untuk dicicipi. Biasanya, hanami dango hampir tidak pernah lupa dibawa saat ada acara pikinik.

5. Mitarashi Dango

Mitarashi Dango

Mitarashi Dango [ image source ]

Untuk jajanan dango sendiri ada banyak jenisnya. Selain Hanami Dango masih ada juga yang harus kamu cicipi yaitu mitarashi dango. Dari segi tektur dan rasa, mitarashi dango tidak jauh berbeda dengan hanami dango. Namun yang membedakan adalah dalam penyajiannya mitarashi dango dibakar dulu lalu disiram saus dari kecap asin dan gula.

6. Senbei

Senbei

Senbei [ image source ]

Nah buat kamu yang suka dengan makanan yang serba renyah, maka kamu bisa mencarai senbei untuk kamu cicipi saat lagi di Jepang. Untuk rasa, ukuran dan bentuk senbei sepertinya kamu bisa menemukan banyak perbedaan lantaran diantara pembuatnya memiliki ciri khas masing-masing. Oleh sebab itulah kamu bakal menemukan senbei yang bertabu gula halus, kecap asin atau masih banyak lagi yang lainnya.

7. Yokan

Yokan

Yokan [ image source ]

Yokan adalah merupakan jajanan yang dibuat dari bahan agar-agar yang dipotong kotak kecil-kecil. Biasanya yokan dibuat dengan bahan campuran tambahan seperti pasta kacang merah atau bubuk matcha. Uniknya, untuk menambahkan rasa dan tekstur yang tinggi, yokan juga sering kali di buat dengan tambahan isian berupa potongan kacang, kesemek, hingga potongan ubi. Meski terlihat sangat sederhana, jajanan simple ini juga disukai oleh masyarakat Jepang.

No more articles