Dunia perkuliahan tentu saja menjadi titik perubahan paling penting dalam hidup seseorang. Inilah waktu dimana seseorang kadang harus hidup ngekos di kota lain jauh dari rumah dan jauh dari orangtua. Remaja remaja yang baru masuk kuliah pertama kali harus pandai pandai berhemat apalagi kalau kemampuan ekonomi orang tuanya pas pasan.

Ini Tips Hidup Hemat Ala Anak Kos Yang Perlu Di Ketahui Oleh Kamu Kamu Yang Baru Masuk Kuliah.

Ini Tips Hidup Hemat Ala Anak Kos Yang Perlu Di Ketahui Oleh Kamu Kamu Yang Baru Masuk Kuliah. Image [source]

Lebih parah lagi kalau kiriman uang ternyata sering terlambat tiap bulannya. jika kamu salah satu orang yang baru ada di awal perkuliahan seperti ini, berikut 5 tips hidup hemat ala anak kos yang perlu kamu terapkan.

1. Perhatikan Betul Antara Kebutuhan Dan Keinginan.

Perhatikan Betul Antara Kebutuhan Dan Keinginan.

Perhatikan Betul Antara Kebutuhan Dan Keinginan. Image [source]

Dua hal ini memang sering susah di bedakan. Misalnya saja kamu berniat beli ponsel baru untuk mendukung operasional perkuliahanmu dan untuk berkomunikasi dengan keluarga. Kelihatannya memang seuah kebutuhan kan? tapi lihat dulu, ponselmu yang lama masih bisa mencukupi belum untuk memenuhi semua kebutuhan komunikasi dan perkuliahanmu? Jika sudah maka niat untuk membeli ponsel baru tersebut hanya sekedar berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan. Kalau seperti itu, beli ponsel batu bisa di tunda untuk penghematan.

2. Pertimbangkan Untuk Sewa Kos Sekamar Dengan Teman.

Pertimbangkan Untuk Sewa Kos Sekamar Dengan Teman.

Pertimbangkan Untuk Sewa Kos Sekamar Dengan Teman. Image [source]

Sewa kamar kos makin hari makin mahal. Untuk melakukan penghematan, kamu bisa sewa kos berdua dengan teman. Selain lebih terjangkau karena harga sewa di tanggung berdua, biaya listrik, air dan lain lainnya juga bisa lebih hemat. Lumayan kan, uang sewa kamar bisa di pakai untuk keperluan lain. disamping hemat, kamu juga akan mendapatkan sahabat dekat.

3. Pertimbangkan Untuk Belanja Barang Barang Diskon.

 Pertimbangkan Untuk Belanja Barang Barang Diskon.

Pertimbangkan Untuk Belanja Barang Barang Diskon. image [source]

Saat ini tempat belanja banyak banget. Baik mal mal yang baru di bangun ataupun toko toko online. Khusus untuk toko online, di tanggal tanggal tertentu biasanya mereka mengadakan promo diskon atau promo gratis barang setelah beli dalam junlah tertentu. Beli barang barang diskon lewat toko toko seperti ini tentu bisa menghemat banyak uang untuk ukuran anak anak kos. Oleh karena itu jangan malas berburu diskon untuk belanja bulanan anak kos.

4. Stok Camilan Dan Minuman Di Kos Agar Tak Perlu Jajan.

Stok Camilan Dan Minuman Di Kos Agar Tak Perlu Jajan.

Stok Camilan Dan Minuman Di Kos Agar Tak Perlu Jajan. image [source]

Yang sering bikin boros untuk anak kos tapi tidak terasa adalah kebiasaan jajan dan kebiasaan ngopi. Seperti kita tahu, cafe cafe sekarang ini menjamur. Selain lagi trend di pakai buat anak anak kuliahan kumpul, kafe kafe ini juga menyediakan wifi gratis sehingga membuat ketagihan. Yang bikin boros, harga segelas kopinya tentu lebih mahal dari harga kopi biasa. sering sering kesini pasti bisa bikin kantongmu cepat kosong tanpa terasa. Oleh karena itu, jika pengen ngopi sebaiknya buat kopi sendiri di kos. Sebaiknya kamu juga menyetok makanan camilan agar ketika pengenngemil, kamu tak perlu keluar dan terpancing nongkrong di kafe kafe yang harganya mahal.

5. Pakai Nomor Ponsel Dari Provider Yang Banyak Di Pakai Oleh Anggota Keluargamu

Pakai Nomor Ponsel Dari Provider Yang Banyak Di Pakai Oleh Anggota Keluargamu

Pakai Nomor Ponsel Dari Provider Yang Banyak Di Pakai Oleh Anggota Keluargamu Image [source]

Nelpon orang orang rumah juga seringkali menjadi alasan biaya bulananmu jadi boros. Agar nelpon tidak memakan banyak biaya, pakai provider yang sama seperti yang di pakai kebanyakan anggota keluargamu ya. Dengan telpon telponan pakai provider yang sama, kamu bisa lebih hemat.

No more articles