Sebagai umat muslim mengimani atau percaya tentang adanya hari akhir atau kiamat hukumnya adalah wajib. Dan barang siapa yang tidak mau mengimaninya, maka dia adalah termasuk kedalam golongan para orang munafik yang tentu keberadaannya dibenci oleh Allah SWT. Memang tidak ada yang tahu kapan akan terjadinya kiamat, namun yang jelas Rasululloh pernah menyebutkan banyak tanda-tanda yang akan menjadi ciri akan datangnya hari kiamat. Salah satu ciri atau tanda-tandanya adalah dengan adanya kemunculan dajjal.

Fakta Dajjal

Fakta Dajjal [ image source ]

Nah berikut ini adalah sekelumit hal tentang sosok dajjal yang kelak kemunculannya di akhir zaman akan dianggap oleh banyak orang sebagai Tuhan. Apa saja hal tersebut, yuks langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

1. Fisik Dajjal

Fisik Dajjal

Fisik Dajjal [ image source ]

Meski nanti akan dianggap sebagai Tuhan, dajjal sejatinya tetaplah memiliki perwujudan seperti seorang manusia yang atas izin Allah SWT diberi kelebihan dan kekuatan layaknya Tuhan. Dalam hadis, Rasululloh SAW bersabda “Tidaklah seorang Nabi pun diutus selain telah memperingatkan kaumnya terhadap yang buta sebelah lagi pendusta. Ketahuilah bahwasannya dajjal itu buta sebelah, sedangkan Rabb kalian tidak buta sebelah” ( HR Bukhari ). Selain buta sebelah matanya, dalam beberapa riwayat menjelaskan bahwa ciri fisik dajjal yang lain adalah rambutnya keriting, kulitnya kecoklatan, dan didahinya terdapat tulisan “Ka Fa Ro” ( dibaca kufur) yang tulisan tersebut hanya dapat dibaca oleh orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT.

2. Kemunculan Dan Pengikut Dajjal

Kemunculan Dan Pengikut Dajjal

Kemunculan Dan Pengikut Dajjal [ image source ]

Menurut dalam beberapa riwayat diceritakan bahwa kemunculan dajjal hingga hari ini telah ditunggu-tunggu oleh sebagian kaum yang jumlahnya kurang lebih ada 70 ribu orang. Sedangkan kemunculannya sendiri seperti yang disabdakan seeprti yang diriwayatkan oleh Abu Bakr Ash Shiddiq Rasulullah SAW bersabda“ Dajjal itu akan keluar dari bumi sebelah timur yang disebut khurasan. Kemunculannya akan diikuti oleh kaum yang wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit”. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa para pengikut dajjal tidak hanya merupakan kaum yahudiyah, melainkan juga seluruh orang yang munafik, termasuk sekalipun orang yang pandai membaca Al’Quran namun hanya sebatas kerongkongannya saja.

3. Kemampuan Dajjal

Kemampuan Dajjal

Kemampuan Dajjal [ image source ]

Kemunculan dajjal adalah merupakan zaman fitnah terbesar yang akan dialami oleh manusia di akhir zaman. Atas izin Allah SWT dajjal memang diberi kemampuan yang sangat luarbiasa untuk menggoyahkan iman manusia. Bahkan dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa dajjal disebut memiliki kekuatan layaknya Tuhan yang dapat menggenggam surga dan neraka. Namun surga dan neraka dajjal adalah kebalikan dari surga yang dimiliki oleh Allah SWT yang dimana surganya dajjal adalah nerakanya Allah SWT dan sebaliknya. Kehebatan lainnya adalah dajjal mampu memerintahkan apapun termasuk menurunkan hujan, bahkan dapat pula menghidupkan orang-orang yang sudah mati sekalipun.

4. Lamanya Dajjal di Dunia

Lamanya Dajjal di Dunia

Lamanya Dajjal di Dunia [ image source ]

Pada masa dajjal berkuasa, seluruh dunia akan dihiasi dengan kemelud yang sangat luar biasa dahsyatnya kecuali dua kota yang tidak dapat dimasukinya yaitu Mekah dan Madinah. Selain itu kemunculan dajjal juga akan diiringi pula dengan kemunculan imam Mahdi atau yang sering disebut Al-Mahdi yang merupakan sesosok manusia yang akan memerangi dajjal di akhir zaman bersama nabi Isa AS. Sebelum pada akhirnya nanti akan dibunuh oleh Nabi Isa, dikisahkan oleh Rasulullah tentang berapa lama dajjal tinggal dibumi yaitu “ Selama 40 hari yang satu hari pertama seperti satu tahun, satu hari berikutnya seperti sebulan, satu hari berikutnya seperti sepekan, dan sisanya seperti hari-hari biasa kalian” ( HR Bukhari & Muslim ).

5. Kematian Dajjal di Tangan Nabi Isa AS

Tempat Kematian Dajjal di Tangan Nabi Isa AS

Tempat Kematian Dajjal di Tangan Nabi Isa AS [ image source ]

Sesaat setelah Al-Mahdi dibaiat untuk menjadi pemimpin dalam melawan dajjal, maka tidak lama berselang turunlah Nabi Isa AS dari surga untuk membunuh dajjal. Dari Abdullah bin Amr ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda “ Lalu Allah mengutus Isa bin Maryam seperti urwah bin Mas’ud, ia mencari dajjal dan membunuhnya. Setelah itu selama tujuh tahun, manusia tinggal dan tidak ada permusuhan diantara dua orang pun. Kemudian Allah mengirim angin sejuk dari arah Syam lalu tidak tersisa seorang yang dihatinya ada kebaikan atau keimanan seberat biji sawi pun yang tersisa kecuali mencabut nyawanya. ( HR Muslim ).

Sahabat iyakan.com, itulah sekelumit hal tentang dajjal yang harus kamu ketahui. Semoga ulasan tersebut bisa menjadikan remungan buat kita agar tidak hentinya menambah keimanan serta berdoa agar dijauhkan dari fitnah keji dajjal.

No more articles