Bagi sebagian wanita, menjaga kesehatan rambut adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan setiap hari. Pasalnya, rambut dianggap sebagai salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang kecantikannya. Namun sayangnya tidak semua orang khususnya para wanita itu di anugerahi untuk memiliki rambut sehat bebas masalah. Oleh sebab itulah sangat wajar jika wanita selalu berusaha semaksimal mungkin untuk berusaha merawat rambutnya agar bisa selalu terlihat tampil cantik maksimal.

Penyebab Rambut Lepek

Penyebab Rambut Lepek [ image source ]

Membahas tentang rambut, sebagian besar wanita menganggap bahwa rambut lepek adalah merupakan kasus paling terbesar yang sering menimpa kaum wanita. Masalah rambut lepek sendiri ternyata bukan terjadi tanpa sebab, karena ada beberapa faktor penting yang menjadi penyebabnya. Dan berikut ini adalah 7 penyebab utama yang membuat rambutmu jadi gampang lepek.

1. Pengaruh Iklim Cuaca

Faktor Iklim Cuaca

Faktor Iklim Cuaca [ image source ]

Cuaca khususnya iklim tropis ternyata menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan rambut gampang menjadi lepek. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah rambut lepek karena cuaca tropis adalah dengan melindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung. Memakai dry shampoo juga dipercaya mampu mengatasi kendala rambut lepek akibat iklim tropis.

2. Terlalu Sering Disisir

Terlalu Sering Disisir

Terlalu Sering Disisir [ image source ]

Menyisir rambut adalah salah satu cara paling efektif untuk menata rambut agar menjadi lebih tertata rapi. Namun tahu nggak bahwa terlalu sering menyisir rambut ternyata juga menjadi salah satu faktor penyebab yang menjadikan rambut jadi gampang lepek. Alasannya adalah karena menyisir rambut terlalu sering ternyata dapat merangsang keluarnya minyak alami rambut.

3. Terlalu Banyak Makan Makanan Berlemak

Terlalu Banyak Makan Berlemak

Terlalu Banyak Makan Berlemak [ image source ]

Faktor penyebab berikutnya yang menjadikan rambut menjadi gampang lepek adalah tentang masalah apa yang sering dikonsumsi seseorang. Terlalu sering mengkonsumsi masalah berlemak ternyata nggak hanya dapat menyebabkan terkena obesitas dan kolesterol, tapi juga bisa menyebabkan rambut menjadi gampang lepek.

4. Salah Tentang Cara Menggunakan Konditioner

Salah Tentang Cara Menggunakan Konditioner

Salah Tentang Cara Menggunakan Konditioner [ image source ]

Konditioner memang sering sekali digunakan untuk melembabkan dan melembutkan rambut agar terlihat lebih menarik. Namun faktanya salah tentang cara menggunakan konditioner ternyata dapat menjadi pemicu penyebab rambut menjadi lepek. Cara yang benar menggunakan konditioner adalah tidak dengan cara mengaplikasikannya sampai keakar rambut, cukup dari tengah rambut saja.

5. Shampoo Yang Digunakan Tidak Cocok

Shampoo Yang Digunakan Tidak Cocok

Shampoo Yang Digunakan Tidak Cocok [ image source ]

Selain salah dalam menggunakan konditioner, shampoo yang tidak cocok dengan kriteria rambut ternyata juga dapat menjadi penyebab rambut menjadi lepek. Untuk menangani kasus ini sebaiknya pilih dan gunakanlah shampoo sesuai dengan kondisi yang sedang dialami oleh rambut. jika rambut kering maka pilihlah samphoo dengan label moiturizing, jika berminyak maka pilih shampoo yang dapat melembabkan rambut.

6. Terlalu Sering Keramas

Terlalu Sering Keramas

Terlalu Sering Keramas [ image source ]

Enggak hanya tidak cocok dalam penggunaan shampoo, terlalu sering keramas ternyata juga menjadi faktor penyebab rambut bisa menjadi lepek sekalipun menggunakan shampo yang cocok dengan kriteria rambut. terlalu sering keramas ternyata dapat memicu rambut menjadi gampang kering, yang kedepannya akan memicu rambut untuk mengeluarkan minyak alami rambut secara berlebih.

7. Mengalami Ganguan Hormon

Mengalami Ganguan Hormon

Mengalami Ganguan Hormon [ image source ]

Nah indikasi terakhir yang dapat menjadi penyabab rambut lepek selain beberapa penyebab sebelumnya adalah karena seseorang sedang mengalami gangguan hormon. Salah satu cirinya adalah jika sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi rambut lepek namun tidak kunjung berhasil. Bisa jadi masalah tersebut adalah karena tubuh sedang mengalami gangguan hormon khususnya ketidak seimbangan pada hormon pada rambut.

No more articles