Ramadhan adalah salah satu bulan terbaik bagi orang-orang yang suka beramal, alasannya tentu karena dibulan yang suci ini setiap bentuk kegiatan ibadah sekecil apapun itu akan dibalas dengan balasan jumlah pahala yang berlimpah. Oleh sebab itulah jangan pernah sia-siakan kesempatan emas di bulan Ramadhan karena sejatinya sangat sayang melewatkan banyak sekali pahala yang mungkin belum tentu di dapatkan pada bulan-bulan lainnya.

Kebaikan Memberi Makan Orang Yang Berpuasa

Kebaikan Memberi Makan Orang Yang Berpuasa [ image source ]

Memanen pahala di bulan Ramadhan ternyata tidaklah sesulit seperti yang sering kita bayangkan. Karena pada dasarnya ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan seseorang untuk dapat memanen banyak pahala yang berlimpah di bulan puasa. Salah satunya adalah dengan memberi makan kepada orang-orang yang sedang berpuasa. Nah, bagi kamu yang mungkin belum paham tentang keutamaan memberi makan kepada orang untuk berbuka puasa, berikut ini adalah sedikit ulasan yang semoga bisa menjadi penyemangatmu dalam meraih banyak pahala Ramadhan.

1. Ikut Memanen Pahala Dari Orang Yang Berpuasa

Ikut Memanen Pahala Dari Orang Yang Berpuasa

Ikut Memanen Pahala Dari Orang Yang Berpuasa [ image source ]

Rasulullah bersabda “ Siapa memberi makan orang yang berpuasa, makan baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga ( HR Tirmidzi no. 807). Dari hadits tersebut sudah sangat jelas kan bahwa orang yang memberi makan untuk berbuka puasa akan turut serta memanen pahala dari orang yang berpuasa. Cobalah hitung berapa besar pahalamu jika orang yang berpuasa itu ternyata banyak melakukan hal yang dapat memanen pahala dengan kapasitas yang sangat besar. Masih mau nih melewatkan kesempatan emas seperti ini di bulan Ramadhan?

2. Membuka Pintu-pintu Surga

Membuka Pintu-pintu Surga

Membuka Pintu-pintu Surga [ image source ]

Keutamaan selanjutnya bagi orang-orang yang mau memberikan makanan untuk orang lain berbuka puasa adalah janji terbukanya pintu surga untuk mereka yang melakukannya. sebagaimana hadis berikut ini, dari Ali ia berkata, Rasulullah bersabda “ Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang bagian luar terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya”. Lantas seorang badui berdiri sambil berkata bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasulullah? Rasulullah menjawab “untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan dan yang senantiasa berpuasa, dan salat pada malam hari waktu manusia pada tidur”.

3. Doa Orang Yang Berpuasa Dikabulkan Oleh Allah SWT

Doa Orang Yang Berpuasa Dikabulkan Oleh allah SWT

Doa Orang Yang Berpuasa Dikabulkan Oleh Allah SWT [ image source ]

Keutamaan berikutnya dari memberi makan kepada orang yang berpuasa selain dapat membuka pintu-pintu surga adalah diijabahinya doa-doa orang-orang yang berpuasa. Nah oleh sebab itulah ketika kita memberi makan kepada orang yang sedang puasa lalu mereka mendoakan kita dengan doa yang baik, maka sesungguhnya doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT dan tidak tertolak. Seperti hadis tentang sabda Rasulullah SAW yang berisi “ Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, doa orang-orang yang terdzolimi” ( HR Tarmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396).

4. Membuka Pintu Rizky dan Menutup Pintu Bencana

Membuka Pintu Rizky dan Menutup Pintu Bencana

Membuka Pintu Rizky dan Menutup Pintu Bencana [ image source ]

Memberi makan untuk orang berbuka puasa adalah termasuk kedalam jenis kegiatan bersedekah. Seperti yang sudah umum diketahui tentang keistimewaan bersedekah salah satunya adalah dapat membantu mempermudah terbukanya pintu rizky dengan selebar-lebarnya. Seperti sabda Rasulullah “ Turunkanlah ( datangkanlah ) rizkimu ( dari Allah ) dengan mengeluarkan sedekah” ( HR. Al Baihaqi ). Tidak hanya dapat membuka pintu rizky, memberi makan orang yang berpuasa juga dapat menutup pintu bencana atau menghindarkan seseorang dari bencana yang tidak terduga. Rasulullah SAW bersabda “ Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah”.

5. Meringankan Sakaratul Maut dan Penyelamat di Hari Kiamat

Meringankan Sakaratul Maut

Meringankan Sakaratul Maut [ image source ]

Selain dapat membuka pintu rizky dan menghindarkan dari bencana, memberikan makan kepada orang berpuasa juga dapat meringankan sakaratul maut dan menjadi penyelamat di hari kiamat kelak. Dalam sebuah riwayat Rasulullah bersabda “ Sedekah dari seorang muslim meningkatkan harta dimasa kehidupannya, dan juga meringankan kepedihan saat sakaratul maut, dan melalui sedekah Allah menghilangkan perasaan sombong dan egois” ( Fiqh-us-Sunnah vo.3 hal 97). Selain itu seperti diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahmad, Rasulullah bersabda “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya”.

No more articles