Di kawasan taman nasional pulau komodo di flores ada sebuah pulau tak berpenghuni bernama gili lawa. Meskipun tak berpenghuni, gili lawa darat ini menarik banyak wisatawan lho. di pulau ini yang dominan adalah padang rumput atau savana. Permukaan pulaunya berbukut pukit. Para wisatawan bisa melakukan aktivitas tracking sambil menikmati keindahan gugusa pulau dari puncak bukit di pulau gili lawa.

Gili Lawa, Spot Wisata Favorit Pulau Komodo Yang Mengalami Kebakaran

Gili Lawa, Spot Wisata Favorit Pulau Komodo Yang Mengalami Kebakaran Image [source]

Malang sekali, salah satu daya tarik wisata di pulau komodo ini mengalami kebakaran. 10 hektar padang rumputnya kini hangus menghitam dan tidak bisa dinikmati oleh para wisatawan lagi. bagaimana ya tempat wisata ini bisa mengalami kebakaran? Berikut ini beberapa fakta terkait dengannya.

1. Gili Lawa Darat Merupakan Spot Favorit Para Wisatawan Untuk Tracking.

Gili Lawa Darat Merupakan Spot Favorit Para Wisatawan Untuk Tracking.

Gili Lawa Darat Merupakan Spot Favorit Para Wisatawan Untuk Tracking. Image [source]

Pulau seluas 10 hektar lebih tersebut di dominasi oleh padang rumput. Permukaanya yang tidak rata dan berbukut bukut membuat pulau ini cocok untuk tracking. Habis menyelam atau snorkeling di pulau pulau sekitarnya, para wisatawan biasanya akan mampir di giri lawa darat ini untuk istirahat, makan sinag dan melakukan menikmati pemandangan pulau pulau di sekitar gili lawa.

2. Gili Lawa Darat Merupakan Spot Cantik Untuk Foto Foto.

Gili Lawa Darat Merupakan Spot Cantik Untuk Foto Foto.

Gili Lawa Darat Merupakan Spot Cantik Untuk Foto Foto. Image [source]

Berada di perbukitan padang rumput dengan backgound pulau komodo serta pulau pulau indah lain tentu asik buat foto foto. Tak heran, banyak wisatawan yang memanfaatkan gili lawa darat ini untuk pemotretan. Baik sekedar hunting foto untuk di upload di sosial media ataupun peotretan untuk pre wedding.

3. Terjadi Kebakaran Hebat Di Gili Lawa Yang Menghanguskan 10 Hektar Padang Rumput.

Terjadi Kebakaran Hebat Di Gili Lawa Yang Menghanguskan 10 Hektar Padang Rumput.

Terjadi Kebakaran Hebat Di Gili Lawa Yang Menghanguskan 10 Hektar Padang Rumput. Image [source]

Pada rabu 1 agustus 2019, kebakaran hebat terjadi di savana dan puncak gili lawa darat. Penyebab kebakaran spot wisata yang terkenal hingga keluar negeri ini masih di selidiki. Namun ada pengunjung yang memposting di sosial media bahwa kenakaran di picu oleh aktivitas pemotretan prewedding yang menggunakan kembang api. Terlihat prewedding pernikahan dengan gaya cina menyalakan kembang api 3 kali. api membesar tapi justru di tinggal untuk melakukan pemotretan di spot lain.

4. Kebakaran Di Gili Lawa Darat Memicu Kemarahan Turis Seluruh Dunia.

Kebakaran Di Gili Lawa Darat Memicu Kemarahan Turis Seluruh Dunia.

Kebakaran Di Gili Lawa Darat Memicu Kemarahan Turis Seluruh Dunia. Image [source]

Tak hanya di cintai oleh wisatawan indonesia, ternyata gili lawa darat juga punya penggemar dari seluruh dunia lho. saat terjadi kebakaran hebat di gili lawa, ada beberapa wisatawan mancanegara yang menyaksikan secara langsung. Mereka pun langsung memposting ungkapa kemarahan dan mengecam tingkah laku wisatawan yang memicu kebakaran hebat tersebut. postingan tersebut pun langsung viral menyebar ke seluruh dunia. tak hanya yang pernah ke giri lawa, wisatawan mancanegara yang berencana mau kesana pun ikut marah marah dan meminta pelakunya di brei hukuman setimpal.

5. Dibiarkan Pulih Secara Alami.

Dibiarkan Pulih Secara Alami.

Dibiarkan Pulih Secara Alami. Image [source]

Kebakaran dan menghanguskan semua rumputnya, tentu butuh waktu lama bagi gili lawa untuk pilih. Namun pemerintah tidak akan ikut camput dengan melakukan rekayasa tertentu untuk pemulihan gili lawa ini. savana di gili lawa barat bakal di biarkan pulih secara alami setelah kebakaran. Para wisatawan seperti nya harus menunggu beberapa tahun nih agar suasananya jadi indah seperti semula.

No more articles