Jepang merupakan salah satu negara yang berkembang pesat dan tentunya menjadi kiblat teknologi berbagai negara tetangganya. Kemajuan Jepang memang sudah tidak perlu untuk diragukan lagi. Bahkan di jaman yang serba canggih ini, kita banyak digiurkan dengan cara-cara penunjang kesehatan yang membutuhkan banyak pengeluaran.

Masyarakat di Jepang sangat menjunjung tinggi tanggung jawab. Ada berbagai contoh yang harus dilakukan oleh orang Indonesia agar ke depannya bisa menjadi bangsa yang lebih mandiri lagi dalam bidang apapun. Kamu juga meniru kebiasaan orang Jepang dalam mengatur pola hidupnya, dalam mengembangkan negaranya dan banyak lagi. Seperti apa, mari kita simak ulasannya..

1. Orang Jepang akan Mengantongi Sampahnya

Jika kamu berkunjung ke Jepang, kamu tidak akan melihat sampah berserakan di jalan. Tempat sampah pun juga sangat jarang kamu lihat di sepanjang jalan. Sekalinya ada, itu hanya tempat sampah khusus botol. Semua sampah di Jepang harus dipisahkan sesuai dengan materialnya.

orang jepang mengantongi sampahnya [image source]

orang jepang mengantongi sampahnya [image source]

Jika masyarakat di sana tidak menemukan tempat sampah yang cocok untuk sampahnya, maka mereka akan mengantongi sampahnya sampai menemukan tempat sampah yang sesuai dengan materialnya.

2. Memilih Minum Teh Hijau yang Sehat

Teh hijau memang mempunyai banyak khasiat yang dibutuhkan oleh tubuh. Minuman khas Jepang itu banyak sekali mengandung antioksidan yang menjadi favorit orang-orang di sana untuk menjaga kesehatan mereka. Selain itu, teh hijau juga membuat awet muda.

memilih minum teh hijau [image source]

memilih minum teh hijau [image source]

Untuk memaksimalkan khasiatnya, orang Jepang jarang menambahkan gula atau perasan jeruk untuk minumannya. Mereka lebih senang untuk meminum teh hijau murni tanpa campuran

3. Meminimalisir Naik Kendaraan Bermotor

meminimalisir kendaraan bermotor [image source]

meminimalisir kendaraan bermotor [image source]

Ini juga yang patut kita contoh. Mereka tidak malas untuk naik sepeda atau jalan kaki. Selain untuk menyehatkan tubuh karena secara tidak langsung berolahraga, juga meminimalisirkan untuk terjadinya global warming. Karena hal ini mereka lakukan setiap hari, maka bentuk tubuh mereka juga ikut terjaga dan terbentuk.

4. Rajin Membaca

Ketika mereka sedang dalam perjalanan ke suatu tempat dengan menggunakan kendaraan umum seperti kereta atau bis, mereka selalu membaca buku. Bagi mereka, buku adalah suatu komponen penyusun kehidupan sehari-hari.

rajin membaca [image source]

rajin membaca [image source]

Buku memang sudah tidak usah diragukan lagi untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan. So, jangan malas membaca karena membaca juga sebagai kebutuhan primer kehidupanmu.

5. Mengerti Antri dan Tidak Mengeluh

Salah satu transportasi di Jepang yang sangat terkenal adalah kereta api. Setiap harinya, tidak peduli golongan apapun akan menggunakan jasa ini untuk berpergian kemana saja. Hal ini tentu akan membuat sesak kereta api setiap harinya.

mengerti antri [image source]

mengerti antri [image source]

Yang mengesankan adalah, meski sesak padam menggunakan kereta api, mereka tidak pernah mengeluh dan tetap tenang akan kondisinya. Mereka selalu menjunjung tinggi antri dimanapun mereka berada.

6. Mereka Memilih Makanan yang di Kukus dan Jarang Ngemil

makanan yang dikukus [image source]

makanan yang dikukus [image source]

Mengkonsumsi makanan yang dikukus memang lebih menyehatkan daripada makanan yang di goreng. Karena makanan yang dikukus lebih terjaga kandungan nutrisi serta vitaminnya. Terbukti karena sangat jarang orang Jepang mengalami gemuk pada usia produktif. Selain itu, mereka juga tidak suka ngemil. Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak cepat merasa lapar setelah makan berat.

Kebiasaan-kebiasaan baik orang Jepang ini sangat patut untuk kita tiru. Tidak ada salahnya jika kita meniru hal yang baik dan positif. Seandainya saja kita sebagai orang Indonesia banyak meniru kebiasaan baik orang Jepang, maka akan mungkin terjadi bangsa kita bisa maju seperi bangsa Jepang.

Oke itu tadi beberapa kebiasaan orang Jepang yang wajib banget kamu tiru. Kamu bisa mempraktekkannya dengan dirimu sendiri dulu, kemudian kamu bisa menularkannya kepada orang sekitarmu. Semoga berhasil dan semoga bermanfaat..

No more articles