Setiap orang pasti jadi tua. Seseorang jati tua ketika kemampuan regenerasi sel sel nya lebih lambat dibandingkan kecepatan rusaknya sel sel dalam tubuh. Selain disebabkan karena usia, kebiasaan serta gaya hidup juga menentukan cepat atau lambatnya seseorang mengalami penuaan.

5 Kebiasaan Berikut Tidak Berbahaya Tapi Bisa Membuatmu Cepat Tua, Apa Saja Ya?

5 Kebiasaan Berikut Tidak Berbahaya Tapi Bisa Membuatmu Cepat Tua, Apa Saja Ya? image [source]

Laju penuaan pada tiap orang beda beda. Ada orang yang cepat kelihatan tua dan ada juga yang sudah tua tapi masih kelihatan imut kaya bocah abg. Itu karena ada yang menjalani hidup dengan kebiasaan yang sehat tapi ada juga yang hidupnya gemar melakukan hal hal serba instan dan kurang sehat. Penyebab seseorang cepat tua ternyata bukan sisebabkan oleh kebiasaan kebiasaan berbahaya lho. kebiasaan kebiasaan yang kelihatan sepele dan tidak brbahaya ternyata bisa juga menyebabkan seseorang cepat tua. Apa saja sih kebiasaan sepele yang bisa bikin orang cepat tua? Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Terlalu Banyak Menatap Layar Gadget.

Terlalu Banyak Menatap Layar Gadget.

Terlalu Banyak Menatap Layar Gadget.

Bermain main dengan layar gadget jaman sekarang ini jadi kewajaran. Tapi tak banyak yang tahu bahwa aktivitas aman ini ternyata menyumbangkan banyak andil dalam mempercepat penuaan pada diri seseorang. Setiap kali kita melihat layar hp atau layar televisi biasanya yang kita dapatkan adalah kecemasan, rasa khawatie, rasa sebal dan beberapa informasi negatif lainnya. seperti kita tahu sendiri isi medsos sama televisi kebanyanyan konflik, kejahatan, perceraian, kebencian, bullian, berita hoax dan masih banyak lagi. info info tersebut membuat kita tambah stress, tambah cemas dan tambah banyak pikiran. Stress serta perasaan cemas inilah yang membuat kita cepat tua.

2. Kurang Minum Air Putih.

Kurang Minum Air Putih.

Kurang Minum Air Putih. Image [source]

Tubuh kita itu sebagian besar tersusun oleh cairan. Air jadi unsur penting supaya fungsi fungsi tubuh berjalan dengan baik. kalau kekurangan air, fungsi tubuh jadi terganggu. Sel sel tubuh jadi mudah rusak dan regenerasinya lambat. Efek paling kelihatan, bibir mu jadi pecah pecah saat kurang cairan. Cukup cairan membuat kulit kita tampak segar dan lentur. Tapi kalau kekurangan cairan kulit jadi agak kering, tidak kencang dan kusam. Kalau berlangsung lama, efek paling buruknya kita jadi kelihatan tambah tua.

3. Kurang Tidur.

Kurang Tidur.

Kurang Tidur. Image [source]

Tidur merupakan hal yang susah dilakukan bagi orang orang sibuk. Bagaimana bisa tidur tenang kalau kerjaan menumpuk. Karena itu tidur pun sering dikesampingkan. Faktanya, saat tidur sel sel tubuh kita di perbaiki, beberapa bagian tubuh juga diistiratkan. Kurang tidur bisa menyebabkan sel sel tubuh kita telat di regenerasi. Efek yang paling kelihatan, pada orang yang kurang tidur mata jadi hitam, badan jadi gemetar dan perut kadang kena asam lambung. Beberapa gangguan kesehatan akibat kurang tidur ini tentu saja bakal bikin seseorang tambah cepat kelihatan tua.

4. Membiarkan Stress Berlarut Larut.

Membiarkan Stress Berlarut Larut.

Membiarkan Stress Berlarut Larut. Image [source]

Masalah merupakan bagian dari hidup. Setiap orang punya masalah hidup sendiri sendiri. kebanyakan masalah bisa bikin orang stress. Sebenarnya kita bisa lho mengendalikan stress itu supaya tidak berlarut larut. Misalnya saja dengan berekreasi atau sharing dengan orang terdekat sehingga kita bisa dapat solusi. Membiarkan diri kita stress dalam jangka waktu lama mengakibatkan kita mengalami penuaan dalam tingkat seluler. Sel sel tubuhmu menua perlahan demi perlahan. Efek akhirnya nanti kelihatan juga di wajah serta tubuh kita.

5. Kekurangan Nutrisi Tertentu.

Kekurangan Nutrisi Tertentu.

Kekurangan Nutrisi Tertentu. Image [source]

Jaman dulu masalah kekurangan nutrisi itu jadi masalah yang wajar karena bahan makanan memang mahal dan banyak yang masih miskin. tapi jaman sekarang kekurangan nutrisi apa masih ada? jawabnya ternyata ada. anehnya lagi yang kekurangan nutrisi ini bukan hanya orang miskin saja lho. tapi orang orang berduit juga bisa mengalami kekurangan nutrisi. Itu karena menu makanan yang mereka makan itu itu saja dan tidak lengkap 4 sehat 5 sempurna. Ada yang kekurangan vitamin ada juga yang kekurangan mineral tertentu. Akibatnya pembentukan hormon kurang sempurna dan tubuhpun tidak maksimal fungsi fungsinya. Efek akhirnya lagi lagi seseorang tersebut jadi tampak lebih tua dengan cepat.

No more articles