Lulus kuliah memang dambaan setiap mahasiswa, apalagi lulus dengan tepat waktu dan nilai yang memuaskan. Kamu tentu akan senang karena membuat orang tuamu bangga. Namun setelah kamu dinyatakan lulus dan sudah melaksanakan yudisium, namun tak kunjung wisuda tentu kamu akan mengalami dilema.

Dilema memang akan menyerang mahasiswa yang sudah di nyatakan lulus namun belum juga wisuda. Kampus menentukan bahwa wisuda paling dekat yang akan digelar adalah beberapa bulan kemudian. Kamu tentu akan terserang dilema dan status yang tidak jelas. Mahasiswa bukan, Kerja juga belum. Kamu tentu tidak mau penantian wisuda hanya diisi dengan bengong tak melakukan kegiatan, berikut ini ada beberapa hal positif yang bisa kamu lakukan sambil menunggu wisuda.

1. Melamar Kerja

Walaupun kamu belum mendapatkan ijasah dan hanya mendapatkan surat keterangan lulus, bukan berarti kamu tidak bisa melamar pekerjaan. Banyak kok perusahaan yang mau menerima karyawan yang hanya tinggal menunggu wisuda. Kamu akan terhindar dari status tidak jelas sebelum wisuda.

melamar kerja [image source]

melamar kerja [image source]

Cobalah untuk memasukkan surat lamaran kerja di berbagai perusahaan. Jika kamu gagal, kamu akan belajar bagaimana seleksi-seleksi pekerjaan dalam perusahaan. Jangan hanya berdiam diri, curi start mulai sekarang.

2. Daripada Sendirian dan Kesepian, Perdalam Kemampuan Bahasa Asingmu!

Jika semua telah terselesaikan dengan baik dan persyaratan wisuda juga sudah dibereskan, teman-temanmu akan pulang ke rumahnya masing-masing sembari menunggu panggilan wisuda. Nah daripada kamu sendirian dan kesepian, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk menambah wawasan dan kemampuanmu serta kualitas dirimu.

perdalam kemampuan bahasa asing [image source]

perdalam kemampuan bahasa asing [image source]

Kamu bisa memperdalam Bahasa asingmu, seperti memperdalam les bahasa Inggris, Rusia atau bahkan Korea. Mungkin saja jika ada kesempatan nanti kamu bisa melanjutkan kuliahmu di luar negeri. Kamu juga bisa mengambil preparing dan tes TOEFL. Hal itu sangat penting untuk mencari lanjut kuliah dan kerja loh.

3. Part Time? Good Idea

Pasti ada rasa sungkan untuk meminta uang jajan pada orangtuamu. Sudah lulus atau tidak kuliah kok masih meminta uang kepada orang tua. Bekerja secara part time bisa menjadi solusinya loh. Daripada berdiam diri dan melakukan aktifitas apapun, kamu bisa mencari pekerjaan dengan paruh waktu.

part time [image source]

part time [image source]

Mungkin kamu bisa menjadi penulis freelance, menjadi guru mengajar privat, sebagai kasir di sebuah café dan yang lainnya. Selain hidupmu bisa bermanfaat, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan untuk menghidupi sendiri hidupmu.

4. Memperdalam Silaturahmi

memperdalam silaturahmi [image source]

memperdalam silaturahmi [image source]

Kesibukanmu selama kuliah memang terkadang membuat jauh dari keluarga besar. Sembari menunggu panggilan wisuda, kamu bisa berkunjung ke tempat saudara-saudaramu yang jarang kamu temui. Selain untuk menjaga dan memperdalam silaturahmi, kamu juga bisa sekaligus jalan-jalan hemat dan bertukar banyak pengalaman dengan saudara-saudaramu.

5. Hadir dalam Seminar dan Workshop

Tidak ada salahnya untuk kamu datang ke acara yang diadakan oleh kampusmu, seperti seminar atau workshop. Selama ini mungkin kamu mempunyai bakat yang belum kamu ketahui, dengan mengikuti seminar yang berbagai pengalaman tentu pikiranmu akan sedikit banyak terbuka.

hadir dalam seminar [image source]

hadir dalam seminar [image source]

Atau mungkin kamu punya minat untuk berbisnis, bisa kamu manfaatkan dengan mengikuti seminar yang membahas tentang entrepreneur. Dengan mengikuti acara seperti ini, waktu luangmu akan lebih bermanfaat dan lebih produktif. Kamu bisa mencari segala informasi tentang acara ini melalui sosial media atau mading yang ada dikampusmu.

6. Piknik dengan Temanmu!

Merencanakan liburan bersama teman-teman bisa menjadi pilihan yang sangat menyenangkan. Namun jangan lupa untuk menabung jauh-jauh hari ya. Selama ini kalian pasti sibuk dengan skripsi atau tugas akhir sehingga tak sempat untuk bersenang-senang. Kamu bisa merencakan piknik bersama teman-teman ke tempat yang seru yang beum pernah kalian kunjungi.

piknik dengan temanmu [image source]

piknik dengan temanmu [image source]

Tidak perlu jauh dan biaya yang mahal, cukup dengan bersama dan menghabiskan waktu dengan mereka pasti akan sangat menyenangkan. Waktu luang yang kalian punya harus dipergunakan semaksimal mungkin, karena setelah sama-sama mempunyai pekerjaan nanti akan susah untuk berkumpul dan berlibur bersama.

Melakukan hal-hal positif sembari menunggu kamu wisuda memang harus dilakukan. Hal itu juga harus kamu manfaatkan dengan baik. Dengan melakukan beberapa hal tadi, kebahagiaan dan rasa lega akan lebih maksimal saat wisuda nanti, kamu juga tidak perlu repot mencari pekerjaan jika sudah mendapatkannya sebelum wisuda.

Well itulah tadi bebarapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menunggu waktu wisuda. Mulai sekarang bagi kamu yang merasa bukan mahasiswa lagi dan tak mau disebut sebagai pengangguran bisa melakukan berbagai hal diatas. Semoga berhasil dan semoga beruntung.

No more articles