Sedang memuat Entah Konflik Agama Atau Bukan, Yang Jelas Telah Terjadi Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Ernis Muslim Rohingya

Entah Konflik Agama Atau Bukan, Yang Jelas Telah Terjadi Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Ernis Muslim Rohingya

Semua Pihak Harus Mulai Bersimpati Dan Memberikan Pertolongan.

Kekerasan yang diterima oleh etnis muslim rohingya terus saja berlanjut. Tragedi kemanusiaan ini cukup mengagetkan bisa terjadi di zaman ini. padahal sudah ada PBB dan media media dari dunia internasional yang menyorot. Kemana pula ya Amerika serta sekutu sekutu nya yang biasanya cepat ikut campur ketika ada pemerintah yang terindikasi melakukan kekerasan pada rakyatnya. Apa karena di Rakhine tidak ada minyaknya?

Kekerasan Yang Diderita Etnis Muslim Rohingnya
Kekerasan Yang Diderita Etnis Muslim Rohingnya image [source]

Yang perlu diwaspadai, terjadinya kekerasan yang menimpa etnis muslim Rohingya di Myanmar ini justru di godok oleh para provokator untuk memecah belah masyarakat di negara kita. seperti kita tahu, ketika pilpres 2014 dulu berlangsung masyarakat kita terpecah menjadi 2 kubu. Perpecahan tersebut belum sepenuhnya pulih sampai saat ini dan sepertinya masih terus di panas panasi untuk kepentingan pilpres 2019. Kasus kekerasan yang menimpa etnis muslim rohingya ini pun menjadi salah satu isu yang di pakai untuk memecah belah masyarakat kita. Pihak yang satu bersikukuh bahwa muslim Rohingnya di aniaya oleh mayoritas umat Budha di Myanmar. Pihak yang satunya lagi berpendapat bahwa konflik rohingya adalah konflik ekonomi politik biasa. pihak yang satu berpendapat bahwa pemerintah indonesia harus segera bertindak menolong muslim Rohingya, sementara pihak yang satu lagi berpendapat bahwa tidak terlalu urgen untuk terlibat ke dalam konflik Rohingnya karena masih banyak permasalahan lain yang lebih penting. sebenarnya apa sih yang terjadi pada etnis muslim Rohingya? Agar tidak salah mengerti, simak fakta faktanya dibawah ini.

1. Siapa Sih Sebenarnya Etnis Muslim Rohingya Ini?

Etnis muslim rohinya ini berbeda dengan 135 etnis lain yang diakui sebagai warga negara oleh pemerintahan Myanmar. Mereka beragama muslim, berbeda dengan mayoritas penduduk Myanmar yang beragama budha. Etnis muslim Rohingnya berada di rakhine sekitar abad 18 ketika Inggris masih menguasai Myanmar dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi india. Saat itulah banyak penduduk muslim Banglades yang masuk ke wilayah Myanmar ini. saat itu perpindahan penduduk ini lehal karena masuk satu pemerintahan. Namun belakangan orang asli Myanmar merasa dirugikan dengan kedatangan penduduk Banglades pada zaman penjajahan inggris ini.

Siapa Sih Sebenarnya Etnis Muslim Rohinya Ini
Siapa Sih Sebenarnya Etnis Muslim Rohinya Ini image [source]

Setelah Myanmar merdeka dan membentuk pemerintahan sendiri, pemerintah Myanmar menganggap bahwa imigrasi yang dilakukan oleh muslim banglades pada masa penjajahan inggris itu ilegal. Oleh karena itu, meskipun sudah ada di rakhine sejak abab ke 18, etnis muslim Rohingya tidak diakui oleh pemerintah Myanmar sebagai warga negara.

2. Berbagai Tindakan Diskriminasi Dan Pengucilan Yang Diterima Etnis Muslim Rohingya Memunculkan Adanya Aksi Pasukan Sipil Bersenjata.

Diskriminasi Etnis Muslim Rohingnya Dan Milisi ARSA
Diskriminasi Etnis Muslim Rohingnya Dan Milisi ARSA image [source]

Karena terus menerus ditindas, ada sekelompok orang yang membentuk kelompok milisi bersenjata untuk memperjuangkan kaum muslim Rohingya di Rakhine. Milisi ini disebut dengan ARSA. Mereka bergerilya di hutan hutan wilayah Rakhine. Kepolisian Myanmar mengklaim bahwa milisi dari muslim Rohingnya ini telah membunuh 44 orang serta menculik 22 orang dari penduduk sipil Myanmar. Pemerintah Myanmar pun menyatakan bahwa milisi arsa ini merupakan teroris yang berusaha mendirikan negara muslim demokratis untuk rakyat Rohingya.

3. Kekerasan Terhadap Etnis Muslim Rohingya Pun Dimulai Ketika Militer Myanmar Memburu Milisi ARSA Tapi Menjadikan Sipil Rohingnya Juga Sebagai Sasaran.

Sipil Enis Muslim Rohingnya Jadi Sasaran Operasi Militer Myanmar
Sipil Enis Muslim Rohingnya Jadi Sasaran Operasi Militer Myanmar image [source]

Milisi Arsa yang bergerilya dihutan hutan ini tentu saja susah dibedakan dengan penduduk sipil. Mungkin karena tidak pengen ambil pusing, militer Myanmar pun seringkali menjadikan warga sipil dari etnis muslim Rohingnya sebagai sasaran. Dalam berbagai video yang beredar, warga sipil ini memng banyak yang mengalami tindakan kekerasan. di tendang, di todong senjata bahkan ditembak. Mereka diburu, diusir dan rumah rumahnya di bumi hanguskan. Tidak heran banyak warga dari etnis muslim rohingya melarikan diri dan terkatung katung di lautan lepas dengan peralatan seadanya.

4. Kekerasan Memang Terjadi, Tapi Foto Foto Palsu Juga Banyak Beredar.

Seperti biasa, untuk setiap tragedi kemanusiaan akan selalu ada pihak pihak yang mengais rejeki dari klik iklan. Untuk menarik simpati para pembaca berita foto foto palsu terkait kekerasan yang diterima etnis muslim Rohingnya pun banyak disebar. Dari orang biasa sampai pejabat penting negara pun pernah ketahuan menyebarkan foto palsu. Salah satunya adalah wakil perdana menteri turki Mehmet simsek. Ia menggunggah 4 foto yang diklaim sebagai bukti kekerasan yang diterima etnis Rohingnya. Foto pertama berisi jasad jasad membusuk. Setelah di teliti oleh banyak pihak, di ketahui bahwa foto tersebut tidak terkait dengan peristiwa kekerasan yang diterima etnis muslim Rohingya. Foto tersebut diambil dari bencana badai topan nargis pada mei 2008.

Foto Hoax Terkait Kekerasan Biksu Budha Pada Muslim Rohingnya
Foto Hoax Terkait Kekerasan Biksu Budha Pada Muslim Rohingnya image [source]

Foto kedua berisi seorang wanita yang menangisi jasad suaminya yang mati terikat di pohon, ternyata adalah peristiwa kekerasan di aceh pada tahun 2003 lalu. Foto ketiga berisi bayi yang menangisi jasad ibunya ternyata berasal dari peristiwa kekerasan di Rwanda pada bulan juli 1994.

5. Bukan Konflik Agama, Sehingga Bukan Umat Muslim Saja Dong Yang Berkewajiban Membantu.

Aksi Mengecam Kekerasan Oleh Militer Myanmar Terhadap Muslim Rohingnya
Aksi Mengecam Kekerasan Oleh Militer Myanmar Terhadap Muslim Rohingya image [source]

Di medsos ada pihak pihak yang mengklaim bahwa kekerasan pada Rohingya ini konflik agama. kelompok ini bahkan menyerang umat budha yang ada di negara kita dengan argumen argumen mereka di sosial media. Klaim masalah yang diderita etnis Rohingnya sebagai konflik agama dan mennyalah nyalahkan umat budha tentu saja memicu perpecaham di negara kita. pihak yang yakin bahwa konflik Rohingnya bukan konflik agama juga tak kalah parahnya, mereka sibuk menepis dan membuktikan bahwa konflik ini bukanlah konflik agama. saking sibuknya berargumentasi mereka jadi lupa bersimpati pada etnis muslim Rohingnya dan memberikan langkah langkah bantuan. Tindakan mereka ini juga pada akhirnya makin pemperlebar perpecahan di masyarakat kita karena oerdebatan di media sosial makin ramai.

6. Pihak Pihak Yang Mengecam Aksi Kekerasan Oleh Militer Myanmar Terhadap Etnis Muslim Rohingya.

Pihak Pihak Yang Mengecam Aksi Kekerasan Oleh Militer Myanmar Terhadap Etnis Muslim Rohingnya
Pihak Pihak Yang Mengecam Aksi Kekerasan Oleh Militer Myanmar Terhadap Etnis Muslim Rohingnya image [source]

Amnesti Internasional Indonesia menyatakan bahwa militer Myanmar telah melakukan pelanggaran ham serius terhadap etnis Rohingya. Dan mendesak pemerintahan indonesia untuk terlibat dalam menyelesaikan konflik ini. tak hanya amnesti internasional. Forum rektor indonesia juga mendesak komisi hak asasi manusia PBB untuk menginvestigasi pelanggaran ham di Myanmar. Mereka juga mendesak supaya nobel perdamaian yang di sandang pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dicabut. Ketua MPR Zulkifli Hasan juga mengajak warga pesantren untuk mendukung warga rohinnya yang sedang mengalami penindasan. Ia juga mendesak dunia untuk menerapkan standar ganda, yaitu meneriaki pelanggaran ham di negara maju tapi diam terhadap kasus yang dialami warha Rohingya.

7. Bentuk Bantuan Pemerintah Indonesia Terhadap Etnis Muslim Rohingya.

Bentuk Bantuan Pemerintah Indonesia Terhadap Etnis Muslim Rohinynya.
Bentuk Bantuan Pemerintah Indonesia Terhadap Etnis Muslim Rohingya. image [source]

Selama terjadi konflik kekerasan yang dialami etnis muslim rohingya ini, pemerintah indonesia telah mengirimkan 10 kontainer berisi bantuan. Selain itu pemerintah indonesia juga membangun rumah sakit di rakhine untuk warga muslim Rohingya. Untuk mempercepat penyelesaian konflik ini, pemerintah indonesia mengutus menlu retno untuk berbicara langsung denga pimpinan Myanmar Aung San Suu Kyi. Menlu retnp juga dijadwalkan menemui pemerintahan banglades agar mau menerima para pengungsi Rohingnya di negaranya. Terlhat kan bahwa ternyata pemerintahan kita tidak hanya berdiam diri dengan adanya tragedi kemanusiaan yang dialami etnis muslim Rohingnya ini.

Dari berbagai fakta diatas, yang perlu untuk segera dilakukan adalah menghentikan semua perdebatan di media sosial dan mulai memberikan bantuan untuk etnis muslim Rohingya dalam bentuk tindakan sekecil apapun. Sekedar bersimpati dan mendoakan pun sepertiya sudah merupakan nilai lebih ya daripada perdebatan di media sosial yang berujung pada perpecahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *