Bukan menjadi rahasia lagi bahwasannya sebagian masyarakat Indonesia masih banyak yang setia dalam menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya dari warisan para leluhur. Salah satunya adalah dengan masih banyaknya orang yang menjalankan kegiatan ritual khusus berbau mistis yang dipercaya memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Bicara soal ritual mistis, selain kemenyan dan dupa, kembang atau bunga 7 rupa adalah salah satu syarat wajib yang tidak boleh dilupakan dalam menjalani sebuah ritual mistis tertentu. Nah bagi kamu yang hingga kini masih bingung dengan apa itu kembang 7 rupa dan bagaimana bentuknya, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam [ image source ]

Kembang yang pertama adalah wujud dari bunga sedap malam yang terkenal sebagai bunga yang manis, harum dan eksotis. Bunga ini juga disebut dengan bunga ratu malam lantaran bunga ini hanya mekar diwaktu malam hari saja. Dalam filosofi Jawa, bunga sedap malam ini diartikan sebagai lambang dari keharmonisan dan ketentraman manusia terhadap sesamanya maupun alam.

2. Bunga Kenanga

Bunga Kenanga

Bunga Kenanga [ image source ]

Memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan bunga-bunga lainnya yang kelopak bunganya berbentuk agak memanjang dengan harum wanginya yang khas. Bunga yang berwarna kuning ini menurut adat Jawa dimaknai dengan “kenangen ing angga” yang artinya adalah harapan untuk selalu mengenang warisan leluhur. Selain itu, bunga kenanga juga bisa bermakna “tumengo” yang artinya harus bisa saling memaafkan dan tolong menolong.

3. Bunga Cempaka Putih (Kantil)

Bunga Cempaka Putih

Bunga Cempaka Putih [ image source ]

Dalam bahasa Jawa bunga kantil artinya adalah menggantung, yang dalam filosofi Jawa bunga ini adalah merupakan makna dari kemantil-mantil yang artinya terpesona atau terngiang-ngiang (selalu teringat dengan perasaan yang mendalam). Bunga kantil dalam kelompok kembang 7 rupa dimaksudkan agar seseorang memiliki jiwa spiritual yang kuat dengan selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa.

4. Bunga Melati Gambir

Bunga Melati Gambir

Bunga Melati Gambir [ image source ]

Bunga melati gambri kerap diartikan oleh masyarakat Jawa sebagai lambang dari kesederhanaan manusia. Salah satu mengapa melati gambir dilambangkan sebagai kesederhanaan adalah karena memang bentuk dari bunga melati gambir ini memang terlihat lebih sederhana dari bunga lainnya. Makna filosofi tepatnya dari bunga melati gambir ini adalah agar manusia bisa menjadi sosok yang sederhanya namun penuh manfaat.

5. Bunga Melati

Bunga Melati

Bunga Melati [ image source ]

Dalam sebuah prosesi sebuah ritual, bunga melati yang terkenal memiliki bau harum sedap ini ternyata dimaknai sebagai harapan dan ketulusan. Maksud dari pengertian tersebut adalah setiap manusia saat melakukan segala kegiatan harus menggunakan hati yang tulus. Harapannya adalah supaya seluruh kegiatan yang akan dilakukan tidak berlangsung secara asal-asalan serta bisa dijalani dengan hati yang tulus.

6. Bunga Mawar Putih

Bunga Mawar Putih

Bunga Mawar Putih [ image source ]

Bunga mawar putih adalah salah satu bunga yang banyak disukai oleh banyak orang untuk dijadikan sebagai hiasan. Namun dalam sebuah ritual, bunga mawar putih di identikkan dengan sebagai lambang dari ketentaraman dan kesejahteraan yang dapat menciptakan kesimbangan antara bumi dan langit. Dalam bahasa Jawa, hal semacam itu sering disebut sebagai “gemah ripah loh jinawi, toto, titi, tentrem kerta raharja”

7. Bunga Mawar Merah

Bunga Mawar Merah

Bunga Mawar Merah [ image source ]

Kembang terakhir adalah mawar merah yang menjadi salah satu bunga yang nggak bisa di hilangkan dari keberadaan kumpulan kembang 7 rupa. Mawar merah menurut adat Jawa sering dianggap sebagai lambang dari proses kelahiran manusia ke dunia. Selain itu, mawar merah juga dilambangkan seperti seorang ibu yang menjadi asal dimana hati nurani dan jiwa manusia terbentuk. Oleh karenanya bunga mawar merah hingga kini sering digunakan daam berbagai macam ritual yang sakral dan suci.

No more articles