Sebelum para penjajah menginjakkan kaki di bumi nusantara, di tanah leluhur kita ini sudah berdiri banyak kerajaan. Ada kerajaan singosari, ada kerajaan majapahit, ada kerajaan kediri, kerajaan pajang, kerajaan mataram dan masih banyak lagi. Masing masing kerajaan tersebut memiliki cerita sendiri sendiri. masing masing kerajaan memiliki raja serta punggawa yang dianggap punya kesaktian. Masing masing raja serta punggawa kerajaan yang dikenal sakti tersebut juga di ketahui punya pusaka yang tidak kalah sakti dengan pemiliknya. Keris, tombak, serta gada adalah bentuk pusaka umum yang dimiliki oleh raja raja jawa.

Ini 5 keris Pusaka Tanah Jawa Paling Ampuh, Yang Jadi Legenda

Ini 5 keris Pusaka Tanah Jawa Paling Ampuh, Yang Jadi Legenda image [source]

Cerita tentang kehebatan dan kesaktian raja raja dari berbagai kerajaan yang pernah ada di bumi nusantara berserta pusaka yang mereka miliki tersebut di ceritakan dari generasi ke generasi sehingga menjadi legenda. Keberadaan berbagai pusaka sakti di tanah jawa tersebutpun membuat banyak orang penasaran. Banyak orang yang berupaya keras untuk mencari dan memilikinya, entah untuk tujuan sekedar di koleksi atau untuk tujuan lain. berikut ini beberapa pusaka tanah jawa paling ampuh yang jadi legenda hingga saat ini.

1. Keris Empu Gandring

Keris empu gandring ini tentu familier di telingamu kan? keris ini awalnya di pesan oleh ken arok si raja singosari yang terkenal itu. Ia memesan sebuah keris kepada ahli pembuat keris yang sakti bernama empu gandring. Ketika pesan ken arok ini punya permintaan khusus yaitu kerisnya harus selesai dalam 1 malam. Si empu gandring ini pun kemudian menyanggupi. Ketika waktu yang dijanjikan riba, si ken arok pun datang bermaksud mengambil keris pesanannya tersebut.

Keris Empu Gandring

Keris Empu Gandring image [source]

ketika datang, sang empu baru membuatkan sarungnya. Karena menganggap bahwa si empu tidak menepati janjinya menyelesaikan pembuatan keris dalam 1 hari, kenarok pun kemudian menusuk sang empu dari belakang dengan keris buatannya sendiri. dalam keadaan sekarat sang empu kemudian memberikan kutukan bahwa keris tersebut akan membunuh 7 keturunan ken arok. Benar saja, keris empu gandring terlibat dapat perebutan kekuasaan di kerajaan singosari dan menewaskan banyak raja termasuk ken arok sendiri. aura jahat pada keris empu gandring tersebut baru bisa di takhukkan oleh raja jawa dan di berangus di kawah gunus kelud.

2. Keris Pusaka Setan Kober.

Keris pusaka setan kober ini dibuat oleh mpu supo mandragi dari tuban. Empu sakti yang satu ini memeluk islam dengan menjadi murid sunan ampel. Meskipun sudah memeluk agama islam mpu supo masih jago membuat keris. Ia pun membuat satu keris yang di pakai oleh sunan kudus. Keris ini terkenal sakti namun terkenal bisa menimbulkan aura cepat marah pada orang yang tidak kuat mengendalikannya. Keris ini makin terkenal ketika diberikan pada murid sunan kudus yang bernama arya penangsang. Arya penangsang ini dikenal juga sebagai adipati jipang.
http://www.galeribendaghaib.com/images/produk

Keris Pusaka Setan Kober.

Keris Pusaka Setan Kober. image [source]

Suatu hari ia bertempur dengan raja kerajaan mataram sutowijaya. Tomba saksi milik sutowijaya bernama kiayi pleret berhasil melukai lambung arya penangsang sehingga terbuarai. Tapi si arya penangsang hanya mengalungkan ususnya tersebut ke badan keris yang terelip di pinggangnya. Ketika sutawijaya gantian terdesak, si arya penangsang berniat mengakhiri pertempuran tersebut. naas, saat mencabut keris setan kober, ia justru memotong ususnya sendiri hingga mati. tampilan saat arya penangsang pertemput dengan keris serta usus terburai tersebut kini menjadi inspirasi kenapa saat nikah lelaki jawa memakai keris yang ada rangkaian bunga melatinya. Keberadaan keris sakti setan kober ini pun juga masih menjadi misteri hingga saat ini.

3. Keris Pusaka Kyai Sengkelat.

Keris Pusaka Kyai Sengkelat.

Keris Pusaka Kyai Sengkelat. image [source]

Pembuat keris kiai sengkelat ini juga masih sama yaitu emou supo mandragi dari kerajaan majapahit. Waktu itu sunan ampel memperoleh besi ketika sedang bermunajat. Sunan ampel kemudian meminta muridnya yang seorang ahli pembuat keris untuk membuat pedang dari besi tersebut. karena besi tersebut dianggap istimewa, empu supo justru membuatnya menjadi keris dengan luk 13. Ketika hendak diserahkan, sunan ampel merasa kecewa karena ia memesan pedan bukan keris. Keris baginya dekat dengan budaya hindu. Sunan ampel pun kemudian meminta supaya keris diserahkan ke raja brawijaya V. Karena kegebatannya prabu brawijaya pun menjadikan keris tersebut sebagai maskot kerajaan.

4. Keris Pusaka Nagasasra Sabuk Inten

Keris Pusaka Nagasasra Sabuk Inten

Keris Pusaka Nagasasra Sabuk Inten image [source]

Lagi lagi keris yang satu ini merupakan peninggalan dari kerajaan majapahit tepatnya saat majapahit diperintah oleh prabu brawijaya ke-5. Waktu itu, kerajaan majapahit sedang morat matir karena wabah penyakit dan serangan dari kerajaan lain. sang raja pun kemudian memerintahkan kepada empu supa untuk membuat sebuah keris yang mampu membuat majapahit tentram kembali. Setelah bertapa selama 40 hati di sebuah bukit, empu supa kemudian membuat keris pusaka nagasasra sabuk inten ini. bentuk kerisnya mempunyai luk 13 serta ada ukiran kepala naganya. Keris tersebut juga di penuhi dengan ukiran emas dan berlian. Di percayakeris nagasasra ini mampu menghindarkan majapahir dari serangan kerajaan blambangan dan berbagai wabah penyakit.

5. Keris Pusaka Kala Munyeng Milik Sunan Giri.

Sunan giri pada masanya dikenal sebagai tokoh pembaharu. Ia mendirikan sebuah pesantren di daerah giri dimana para santri santrinya belajar. pesantren milik sunan giri tersebut makin terkenal. Prabu brawikaya pun kemudia marah karena menganggap kepopuleran sunan giri ini dapat mengancam keberadaan kerajaan majapahit. Patih gajahmada pun kemudian dikirim bersama sepasukan prajurit kerajaan majapahit.

 Keris Pusaka Kala Munyeng Milik Sunan Giri.

Keris Pusaka Kala Munyeng Milik Sunan Giri. image [source]

Santri santri giri pun kemudian menghadap ke pendopo padepokan sunan giri untuk melapor. Sunan giri yang saat itu sedang menulis dengan kalam (penan) nya pun kemudian kaget. Pena atau kalam yang ia pegang jatuh dan berubah jadi keris. Keris ini kemudian munyeng munyeng (berputar putar) mengamuk sendiri dan memporak porandakan para prajurit dari majapahit tersebut. ileh karena itulah keris tersebut di beri nama sebagai kalam munyeng atau pena yang berputar putar. Namun sekarang orang orang lebih suka menyebutnya dengan kala munyeng atau raksasa yang berputar putar. Cerita ini menurut versi babad tanah jawa yang tentu saja banyak unsur fiksinya.

No more articles