Minum obat itu penting agar kita bisa segera sembuh dari sakit. memang sih rasanya tidak enak karena rata rata obat itu pahit. Maka itu bagi beberapa orang minum obat merupakan hal yang susah susah gampang untuk di lakukan. Demi kesembuhan sesuatu yang pahit tersebut tetap harus di minum juga pada akhirnya

Bukannya Jadi Sehat, 6 Kesalahan Dalam Meminum Obat Berikut Justru Bisa Membuat Kita Tambah Sakit.

Bukannya Jadi Sehat, 6 Kesalahan Dalam Meminum Obat Berikut Justru Bisa Membuat Kita Tambah Sakit. Image [source]

Tujuan utama dari minum obat adalah agar sembuh. Tapi ternyata banyak juga yang justru tambah sakit setelah minum obat. Ada yang mengalami overdosis, ada yang penyakitnya jadi kebal tehadap obat dan ada juga yang justru jadi alergi. Itu semua terjadi karena obat diminum dengan cara yang salah. obat diminum tanpa mengikuti peraturan yang sudah diberikan oleh dokter. Kesalahan kesalahan minum obat tersebut sering sekali terjadi. Pengen tau apa saja kesalahan umum orang saat minum obat obatan sehingga malah membuat orang tersebut tambah sakit? berikut ini beberapa diantaranya

1. Salah Mengartikan Aturan 3 Kali Sehari.

Salah Mengartikan Aturan 3 Kali Sehari.

Salah Mengartikan Aturan 3 Kali Sehari. Image [source]

Sering dengar kan bahwa obat harus diminum 3 kali dalam sehari. Maksud dari aturan tersebut, kalau sehari ada 24 jam maka 3 kali sehari artinga obat tersebut harus diminum tiap rentang waktu 8 jam. itu karena 24 jam dibagi tiga hasilnya adalah 8 jam. namun sayang sekali orang sering mengartikan aturan minum obat 3 kali sehari itu sebagi sesudah makan pagi, sesudah makan siang dan sesudah makan malam. Padahal tak jarang rentang waktu antara makan pagi dan makan siang itu kurang dari 6 jam saja. akibat obat yang diminum dalam jarak yang berdekatan ini dosis obat jadi terlalu bersar.

2. Minum Obat Dengan Dosis Yang Berlebihan.

Minum Obat Dengan Dosis Yang Berlebihan.

Minum Obat Dengan Dosis Yang Berlebihan. Image [source]

Banyak kan orang yang sok kebal dengan mengatakan, minum obat dengan dosis biasa tidak berefek pada penyakit di tubuhnya. Oleh karena itu ia kemudian minum obat dengan dosis yang lebih tinggi. Bisa jadi sekali minum langsung 3 butir pil di telan. Alasannya biar penyakit lebih cepat sembuhnya. Kebiasaan minum obat dengan dosis diatas angka yang dianjurkan dokter ini bisa berakibat fatal. Organ dalam kita, terutama hati dan ginjal bisa rusak. Kalau kedua organ ini rusak, bisa tambah gawat kan penyakitnya?

3. Minum Obat Dengan Susu Atau Minuman Lain Yang Mengurangi Keefektifan Obat.

Minum Obat Dengan Susu Atau Minuman Lain Yang Mengurangi Keefektifan Obat.

Minum Obat Dengan Susu Atau Minuman Lain Yang Mengurangi Keefektifan Obat. Image [source]

Susu itu menyehatkan. Tapi kalau minum susu bersamaan waktunya dengan minum obat, hasilnya justru kurang optimal. Susu dapat mengikat zat aktif yang ada dalam obat. Dengan diikat oleh susu ini, obat tidak bisa diserap dengan segera ke dalam pembuluh darah. Minum obatnya jadi kurang efektif.

4. Melewatkan Jadwal Minum Obat.

Melewatkan Jadwal Minum Obat.

Melewatkan Jadwal Minum Obat. Image [source]

Minum obat itu butuh komitmen dan niat yang kuat. Kalau enggak, jadwal minum obat bisa terlewatkan dengan mudahyang harusnya 3 kali sehari, bisa jadi hanya diminum 2 kali sehari karena siangnya masih sibukkerja. Kalau minum obatnya tidak teratur, penyakitnya pun susah sembuhnya.

5. Minum obat di rapel.

Minum obat di rapel.

Minum obat di rapel. Image [source]

Karena jadwal minum obat terlewat, beberapa orang memutuskan untuk merapel obat yang ia minum. Kalau siang lupa minum obat, maka malamnya ia langsung menelan 2 butir sekaligus. Cara minum seperti ini tentu tidak baik karena kita bisa mengalami overdosis.

No more articles