Sedang memuat Wabah Difteri Ditetapkan Sebagai KLB Di Indonesia? Jangan Panik Ini Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui.

Wabah Difteri Ditetapkan Sebagai KLB Di Indonesia? Jangan Panik Ini Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui.

Jangan Sampai Keluargamu Tertular

Saat ini indonesia sedang mengalami KLB serangan wabah penyakit difteri. Penyakit yang dulu di nyatakansudah hilang tersebut kini kembali lagi dan mengancam nyawa anak anak balita. di jawa barat saja, dari 103 kasus, 13 anak meninggal dunia akibat penyakit ini. mudah menular dan cukup mematikan tentu saja setiap orang perlu waspada terhadap penyebaran penyakit ini. terutama bagi mereka mereka yang punya balita.

Wabah Difteri Ditetapkan Sebagai KLB Di Indonesia? Jangan Panik Ini Bebeapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui.
Wabah Difteri Ditetapkan Sebagai KLB Di Indonesia? Jangan Panik Ini Bebeapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui. Image [Source]

Meskipun termasuk penyakit yang berbahaya dan penyebaranya epat, kamu tidak perlu panik. Yang perlu dilakukan tentu saja adalah melakukan langkah pencegahan serangan wabah penyakit difteri ini sedini mungkin. Agar bisa melindungi keluargamu dari serangan penyakit berbahaya ini, brikut fakta fakta terkait penyakit difteri yang perlu kamu ketahui.

1. Wabah Penyakit Difteri Mudah Menyebar

Wabah Penyakit Difteri Mudah Menyebar
Wabah Penyakit Difteri Mudah Menyebar Image [Source]

Pertama kali diidentifikasi di jawa barat, dinas kesehatan setempat mendata bahwa ada 103 kasus balita yang terserang penyakit difteri. Dari seratus lebih penderita tersebut 13 diantaranya meninggal. Dari pengumpulan data lanjutan di ketahui ternyata wabah penyakit difteri ini tidak hanya menyerang jabar saja. 20 propinsi di indonesia ternyata juga terdapat kasus dimana anak terserang penyakit difteri. Karena penyakit ini mudah menular, maka pemerintah pun menetapkan serangan wabah penyakit difteri ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

2. Penyebab Munculnya Serangan Wabah Penyakit Difteri.

Penyebab Munculnya Serangan Wabah Penyakit Difteri.
Penyebab Munculnya Serangan Wabah Penyakit Difteri. Image [Source]

Penyakit difteri ini menyerang saluran pernafasan balita. penyebabnya adalah bakteri yang dinamai Corinebacterium. Bakteri ini akan menyerang saluran pernafasan balita. selain menyebabkan bembengkakan disaluran nafas, bakteri corynebacterium juga memproduksi racun yang bisa menganggu kerja saraf dan otot organ pernafasan. Cukup gawat kan. bayangkan kalau yang terganggu adalah otot paru paru. Bisa susah bernafas si balita tersebut.

3. Gejala Serangan Penyakit Difteri.

Gejala Serangan Penyakit Difteri.
Gejala Serangan Penyakit Difteri. Image [Source]

Anak balita yang terserang difteri gejala awalnya adalah deman ringan seperti waktu mau flu. Kemudian di bagian tenggorokan dan tonsil ada lapisan tebal abu abu. Anak setelah beberapa saat akan demam menggigil, kelenjar di leher mengalami pembengkakan, kulit membiru, air liur keluar terus menerus dan tubuhnya merasa tidak nyaman. Gejala lainnya, si anak lama lama akan mengalami susah bernafas akibat saluran pernafasannya mengalami pembengkakan. Ia juga mengalami susah menelan makanan dan bicaranya pun menjadi cadel.

4. Penularan Penyakit Difteri

Penularan Penyakit Difteri
Penularan Penyakit Difteri Image [Source]

Penyakit difteri bisa ditularkan meluai cairan baik hidung maupun mulut penderita. Bisa juga anak tertular dari kontak fisik atau melalui handuk yang pernah di pakai oleh penderita. Selain itu, berbagi minuman dengan orang yang sudah terinfeksi penyakit difteri juga bisa menyebabkan si anak tertular. Karena sedang klb wabah penyakit difteri, sebaiknya anak dijaga dari resiko tertular dengan cara cara di atas.

5. Orang Dewasa Ternyata Juga Bisa Tertular Wabah Penyakit Difteri.

Orang Dewasa Ternyata Juga Bisa Tertular Wabah Penyakit Difteri.
Orang Dewasa Ternyata Juga Bisa Tertular Wabah Penyakit Difteri. Image [Source]

Meskipun umumnya menyerang anak anak, ternyata difteri ini juga bisa menyerang orang dewasa lho. terutama kalau orang tersebut sedang lemah daya tahan tubuhnya. Kalau tubuh sedang lemah dan kebetulan bersinggungan dengan penderita difteri, bisa bisa ia juga tertular.

6. Klb Wabah Penyakit Difteri Karena Kegagalan Program Imunisasi.

Klb Wabah Penyakit Difteri Karena Kegagalan Program Imunisasi.
Klb Wabah Penyakit Difteri Karena Kegagalan Program Imunisasi. Image [Source]

Jaman makin maju, orang orang sepertinya makin ngeyel ya. Sejak dulu dokter selalu menganjurkan bahwa anak anak di imunisasi sesuai jadwal, tapi banyak orang tua yang berpendapat bahwa imunisasi itu tidak penting. mereka berpendapat bahwa asal dikasih susu serta madu, anak akan punya sistem kekebalan yang bagus dan bisa melawan penyakit sendiri. faktanya sebagus apapun sistem kekebalan anak, jika bertemu dengan jenis infeksi baru, tubuh mereka tidak bakalan siap. Fungsi imunisasi adalah memperkenalkan tubuh anak terhadap berbagai virus serta bakteri yang mungkin bisa menginfeksi mereka di masa depan. Dengan imunisasi, ketika ada infeksi dari bakteri dan virus tersebut, tubuh mereka sudah mengenali dan sudah punya zat antibodinya.

7. Pencegahan Wabah Penyakit Difteri.

Pencegahan Wabah Penyakit Difteri.
Pencegahan Wabah Penyakit Difteri. Image [Source]

Untuk menghindari agar tidak terkena penyakit difteri ini, sebaiknya cepat cepat lakukan imunisasi pada anak yang belum diiminisasi. Selain itu perhatikan juga kebiasaan ,aim si anak. Jangan ijinkan berbagi minuman atau makanan dalam satu wadah. Anak yang terindikasi sakit sebaiknya juga langsung di periksakan ke dokter siapa tahu penyebab sakitnya adalah serangan bakteri penyebab difteri ini. semakin cepat di tangani, harapan sembuh pun semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *