Travelling ke Kota malang akan maksimal dan terasa lebih asyik apa bila sudah mengantongi info tentang tips wisata malang, dan sekaligus sudah menyusun rencana tempat yang akan dikunjungi. Karena saking begitu banyaknya tempat menarik di kota apel ini, kalau tidak terencana waktu kita akan terbuang sia sia karena bingung menentukan lokasi mana yang harus disambangi lebih dulu.

Sebelum memutuskan berwisata ke Kota Apel ini, simak beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Travelling Saat Low Season

Tentukan waktu yang tepat. Jika Anda memilih waktu liburan panjang atau berdekatan dengan libur anak sekolah, Anda harus siap dengan risiko kenaikan harga tiket transportasi, sewa penginapan, dan tiket masuk obyek wisata untuk waktu high season yang lebih mahal daripada hari biasa. Lebih baik rencanakan liburan di waktu low season.

libur low season

Keuntungan pergi saat low season bukan hanya harga tiket masuk wisata yang murah, tetapi juga kondisi di tempat wisata yang terbilang sepi pengunjung. Karena, biasanya pada low season inilah para pekerja sedang bekerja di kantor, dan para anak sekolah sedang bersekolah. Jadi, kegiatan berwisata jadi lebih leluasa.

2. Cek Tiket Promo

Bagi Anda yang ingin menekan biaya yang dikeluarkan untuk transportasi, silakan pilih moda transportasi yang nyaman dan murah lewat darat. Misalnya, dari wilayah Jawa bagian Barat Anda bisa memilih bus dan kereta api untuk perjalanan ke Malang.

ilustrasi tiket pesawat

Pilihan lain, bagi Anda yang tidak suka terlalu lama di perjalanan, Anda juga bisa menggunakan moda transportasi pesawat terbang. Caranya adalah Anda bisa mencari tiket-tiket yang sedang promo dan Anda bisa langsung turun di Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, Malang.

3. Pilih Home Stay yang Ramah di Kantong

Anda bisa memilih homestay atau kost harian untuk menginap di Malang. Harga yang ditawarkan untuk fasilitas menginap sangat terjangkau, mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 150.000 per malam.

ilustrasi hotel

Meskipun fasilitas yang diberikan hanya sebatas tempat tidur dan kamar mandi, kebersihan penginapan sangat sepadan dengan harga yang ditawarkan.  Beberapa kost harian murah bisa ditemukan di sekitar Jalan Bunga Kopi, Jalan Simpang Borobudur, maupun kawasan sekitar kampus di pusat kota Malang.

4. Wisata Kuliner yang Murah Meriah

Secara umum harga makanan di Malang terhitung murah dibandingkan kota besar di Indonesia. Carilah tempat makan yang suasananya nyaman dan hidangannya membuatmu Puas Lahir & Bathin. Tidak seperti backpacking ke kota lain yang harus kencangkan sabuk biar gak boros di makan, di malang kamu bisa puas-puasin makan yang enak.

bakso di malang

Kuliner di Malang yang perlu kamu coba misalnya Mie Gang Djangkrik (ada yg halal di Jl Soekarno Hatta, dekat Universitas Brawijaya), Bakso President, Bakso Kota Cakman, Soto Mbah Djo, Cwie Mie Malang, Burger Buto, Batagor Jepang, Sambal Sambal, dan lainnya. Oh iya, sekali waktu kamu bisa coba Food Court Sengkaling. Wisata Kuliner yang menyulap lokasi wisata sengkaling menjadi pusat jajanan dan lengkap khas Malang. Dijamin perut kenyang tapi gak bikin dompet tegang.

5. Wisata Malang Keren dan Asik

Ada beberapa destinasi wisata yang keren abis tapi tidak menguras kantong backpacker seperti: Alun-alun Kota Malang yang mirip Alun-alun Bandung, Alun-alun Kota Batu yang penuh dengan wahana bermain, Gunung Banyak Tempat take-off Paralayang, Wisata Pantai Sendang Biru, Bajul Mati, Ngliyep & Balekambang, Wisata air terjun Coban Rondo, Coban Talun & Coban Rais, Wisata pra-sejarah Candi Singosari, Candi Badut, Candi Kidal & Candi Jago, Wisata perjuangan ke Museum Brawijaya, Wisata religi gratis ke Masjid Tiban, Pemandian Air Panas Canga, Kebun Teh Wonosari, Lawang.

alun alun malang

Itulah alternatif wisata yang tidak bakal bikin kantong backpacker jebol. Tiket masuknya murah, terlebih gratis untuk beberapa tempat. Tapi suasananya cukup membuat jiwa kamu puas liburan ini.

 

No more articles