Jaman sekarang alat alat yang kita pakai itu punya layar. Mulai dari mesin cuci, kulkas, komputer hingga gadget. Main game dan nonton film juga jadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup orang orang jaman sekarang. Belum lagi aktivitas baca baca timeline sosial media yang kadang kita lakukan sembari tiduran diatas jam 12 malam. Dengan gaya hidup yang seperti ini, mata kita itu betul betul berat siksaannya. Kalau di tempat kerja seharian kita pakai komputer, mata kita tambah berat bebannya.

Main Game Serta Nonton Film Menyiksa Mata, Ini 6 Tips Biar Matamu Tetap Sehat

Main Game Serta Nonton Film Menyiksa Mata, Ini 6 Tips Biar Matamu Tetap Sehat Image [source]

Di beri beban berat tentu potensi mata mengalami kerusakan lebih tinggi. Agar matamu tetap aman dengan gaya hidup jaman sekarang ini, berikut 5 tips sederhana yang bisa kamu terapkan.

1. Sering Sering Berkedip.

Sering Sering Berkedip.

Sering Sering Berkedip. Image [source]

Kedipan mata memang reflek. Tapi karena terlalu asik bekreja atau manin game seringkali membuat kita lupa berkedip. Berkedipnya jadi lama antara kedipan satu dengan kedipan lain. efeknya, mata kita jadi kering. Tentu mata kering ini tidak bagus. Selain rasanya pedih, mata kita juga mudah kena serangan kuman karena tidak dilindungi oleh air mata dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu, jangan lupa berkedip ya.

2. Pasang Anti Glare Pada Layarmu

Pasang Anti Glare Pada Layarmu

Pasang Anti Glare Pada Layarmu Image [source]

Pernah enggak punya pengalaman, lagi enak enak bekerja dengan layar eh ada pantulan caya dari luar ruangan lewat layar monitor kita. pantulan cahaya yang di pancarkan dari layar monitor, layar tv atau layar hp membuat mata kita lelah. Untuk mengurangi beban mata, kita bsa memasang anti glar sehingga mengurangi pantulan cahaya dari luar.

3. Rajin cek status kesehatan mata dan memakai kacamata yang tepat.

Rajin cek status kesehatan mata dan memakai kacamata yang tepat.

Rajin cek status kesehatan mata dan memakai kacamata yang tepat. Image [source]

Mata di pakai untuk bekerja dan menikmati hiburan di depan layar terus, pastilah sedikit demi sedikit minusnya tambah. Kacamata yang kita buat setahun yang lalu bisa jadi sudah tidak sesuai lagi. oleh karena itu rutin cek kondisi mata dan sesuaikan lensa mata yang kamu pakai ya.

4. Atur Pencahayaan Ruangan Sehingga Nyaman.

Atur Pencahayaan Ruangan Sehingga Nyaman.

Atur Pencahayaan Ruangan Sehingga Nyaman. image [source]

Bekerja di tempat yang terlalu gelap terus menatap layar yang terang dalam jangka waktu lama bisa merusak mata. Oleh karena itu, pastikan pencahayaan di ruangan yang kamu pakai baik untuk main game atau nonton sudah sesuai ya. Kalau kurang teras, tambah daya lampunya.

5. Ingat Aturan 20-20-20

Ingat Aturan 20-20-20

Ingat Aturan 20-20-20 image [source]

Berdasarkan aturan ini, setiap 20 menit melihat layar, kamu harus mengistirahatkan mata selama 20 detik denga melihat benda benda yang jaraknya 20 kaki jauhnya darimu. Dengan cara ini matamu tidak akan kelelahan dan daya akomidasi lensa mata tetap terjaga. Lensa matamu telap bisa fleksibel dalam memipih dan mencembung untuk menyesuaikan fokus.

6. Makan Makanan Yang Mengandung Cukup Gizi Untuk Mata.

Makan Makanan Yang Mengandung Cukup Gizi Untuk Mata.

Makan Makanan Yang Mengandung Cukup Gizi Untuk Mata. Image [source]

Seperti kita tahu, mata kita itu butuh vitamin A. Oleh karena itu usahakan nutrisi yang kamu makan cukup mengandung zat yang di butuhkan oleh mata. Sering seing minum jus wortel atau makanan lain yang banyak mengandung vitamin A. Dengan tercukupi kebutuhan nutrisinya, maa akan cepat pulih dari beban tekanan berat yang ia terima setiap hari.

Lakukan 6 point diatas dan dijamin matamu akan lebih tahan di pakai kerja berat. Yang perlu diingat, mata juga perlu istirahat ya. Jangan banyak banyak begadang.

No more articles