Bulan spesial, wajar juga dong makananya spesial. Kalau di indonesia makanan khas puasa biasanya ada kolak, kurma sama makanan yang segar segar lain, di berbagai negara juga punya makanan khusus ramadhan sendiri sendiri lho. bahkan makanan warisan jaman fir’aun pun masih lestari jadi makanan khas ramadan di negara mesir. Ada juga makanan khas ramadhan yang mirip gudeg di india. Penasaran dengan berbagai makanan khas ramadhan dari berbagai penjuru dunia tersebut? berikut ini 5 diantaranya.

Mulai Dari Makanan Warisan For’aun Sampai Yang Mirip Gudeg, Ini 5 Makanan Khas Ramadhan Dari Berbagai Penjuru Dunia.

Mulai Dari Makanan Warisan For’aun Sampai Yang Mirip Gudeg, Ini 5 Makanan Khas Ramadhan Dari Berbagai Penjuru Dunia. Image [source]

1. Harira, Makanan Khas Ramadhan Dari Maroko.

 Harira, Makanan Khas Ramadhan Dari Maroko.

Harira, Makanan Khas Ramadhan Dari Maroko. Image [source]

Umat muslim di maroko ketika ramadhan sering mengkonsumsi harira ini. wujudnya berupa sub berbahan dari daging kambing. Tektur daging kambing dalam menu harira ini bakalan terasa lembut dengan kuah kental yang diberi bumbu kayu manis serta rempah rempah lainnya. jadi penasaran yan dengan masakan tradisional dari maroko ini.

2. Malfaouf, Makanan Khas Ramadhan Dari Palestina.

Malfaouf, Makanan Khas Ramadhan Dari Palestina.

Malfaouf, Makanan Khas Ramadhan Dari Palestina. Image [source]

Makanan khas ramadhan dari negara tpalestina ini di buat dari gulungan kubis yang diisi dengan gilingan daging serta beras. Mungkin mirip arem arem ya kalau di tempat kita. selain diisi daging dan beras, ada juga lho rempah rempah seperti bawang putih lada serta minyak zaitun yang di pakai di makanan ini. tampilannya cukup sederhana kan? tapi soal rasa tak perlu diragukan lagi. jadi pengen nih buka puasa dengan malfous dari bumi palestina ini

3. Bolani, Sejenis Martabak Asal Afganistan.

Bolani, Sejenis Martabak Asal Afganistan.

Bolani, Sejenis Martabak Asal Afganistan. Image [source]

Bolani merupakan makanan khas ramadan dari afganistan. Bentuknya berupa roti tipis berbahan kentang yang dihancurkan. Di tengahnya diisi sayuran mirip martabak di tempat kita. makanan ini bisa dimasak dengan cara di panggang ataupun di goreng. Disajikan dengan kue khusus, menu bolani ini jadi makanan favorit orang orang afganistan.

4. Pakora, Makanan Khas Ramadan Dari India.

Pakora, Makanan Khas Ramadan Dari India.

Pakora, Makanan Khas Ramadan Dari India. Image [source]

Mirip bakwan kalau di indonesia, pakora merupakan camilan khas ramadhan asal india. Di buat dari tepung jafung serta campuran berbagai macam sayuran serta rempah rempah. Makanan ini biasanya digoreng 45 menit sebelum waktu berbuka puasa sehingga masih hangat dan gurih.

5. Kalo Fasenjan, Makanan Khas Ramadhan Dari Iran Yang Mirip Gudeg.

Kalo Fasenjan, Makanan Khas Ramadhan Dari Iran Yang Mirip Gudeg.

Kalo Fasenjan, Makanan Khas Ramadhan Dari Iran Yang Mirip Gudeg. Image [source]

Gudeg itu semakin lama di masak semakin enak. Begitupun dengan kalo fasenjan ini. makanan khas ramadhan asal iran ini dimasak dari daging unggas di campur dengan sirup delima kenari dan bumbu khusus. bisa di masak dengan bebek persia, ayam atau entok. Wah bisa jadi alternatif nih kalau punya daging unggas. Biasanya kan hanya di buar rica rica.

6. Ful Medames, Makanan Khas Ramadhan Warisan Jaman Fir’aun.

ul Medames, Makanan Khas Ramadhan Warisan Jaman Fir’aun.

ul Medames, Makanan Khas Ramadhan Warisan Jaman Fir’aun. Image [source]

Mendengar kata fir’aun pasti yang terbayang adalah wajah raja yang bengis dan kejam. Tapi jaman firaun ini ternyata mewariskan makanan khas ramadhan yang lumayan enak lho di wilayah makanan in khas di kawasan timur tengah. Di kenal sebagai makanan tertua yang masih di jaga kelestariannya. Di buat dari kacang fava yang di masak dengan minyak sayur, jintan putih, potongan bawang putih, bawang bombai, peterseli serta perasan lemon. Pasti rasanya membuat lidah kita bergoyang ya. Ada asem ada gurih dan ada aneka rasa dari campuran bumbu serta minyak sayurmnya.

Itulah 6 Makanan Khas Ramadhan Dari Berbagai Belahan Dunia. Menurutmu Mana Yang Paling Enak?

No more articles