Cirebon Merupalan Sebuah Kabupaten Di Jawa Barat. Cirebon Ini Bersebelahan Dengan Indramayu. Orang orang cirebon itu unik unik. Mereka punya bahasa sendiri yaitu bahasa cirebon. Tapi banyak juga yang dalam keseharian memakai campuran bahasa sunda dan jawa. Cirebon itu bukan orang jawa, bukan pula orang sunda. Mereka punya ciri khas dan latar belakang budaya sendiri. itulah keunikan orang cirebon sebagai salah ssatu suku bangsa yang diakui di indonesia.

Kuliner Khas Cirebon, Jangan Ngaku Orang Sana Sebelum Mencicipi Makanan Makanan Ini.

Kuliner Khas Cirebon, Jangan Ngaku Orang Sana Sebelum Mencicipi Makanan Makanan Ini. Image [source]

Cirebon punya motif batik sendiri. nama nama orang cirebon punya ciri khas tersendiri yang membuat identitas mereka sebagai sebuah suku bangsa tampak jelas. Selain punya budaya serta bahasa yang khas, orang cirebon juga punya kuliner kuliner yang tak kalah enak dari masakan masakan daerah lain di indonesia. apa saja sih kuliner kuliner khas cirebon tersebut? berikut ini daftarnya. jangan ngaku orang cirebon ya kalau belum pernah mencipi masakan masakan ini.

1. Kuliner Khas Cirebon, Ayam Guling.

Kuliner Khas Cirebon, Ayam Guling.

Kuliner Khas Cirebon, Ayam Guling. Image [source]

Kambing guling sudah biasa, tapi ayam guling? Barangkali kamu baru mendengarnya kan? ayam guling merupakan salah satu kuliner khas orang cirebon. Ayam guling di buat dari daging ayan utuh dan deberi bumbu yang khas. Sama seperti saat memasak kambing guling. Tubuh ayam di tusuk daru ujung ke ujung keudian ditaruh pada rotiseri atau akar pemutar. Daging ayam utuh yang sudah di bumbui terebut kemudian dimasukkan ke dalam oven atau peanggang sambil terus di puter puter agar matangnya rata. 60 sampai 90 menit kemudian, ayam guling ini siap disajikan ponas panas.

2. Kerupuk Melarat.

 Kerupuk Melarat.

Kerupuk Melarat. Image [source]

Meskipun anamnya kerupuk melarat, rasanya tidak semelarat namanya kok. Ada sensasi gurih serta manis. ketika di santap dengan bumbu kacang, rasanya bakalan enak banget. Enggak hean, kerupuk melarat ini jadi oleh oleh khas cirebon. Kekhasan lain dari kerupuk yang dibuat dari bahan tapioka ini adalah, tidak digoreng dengan minyak. Kerupuk melarat digoreng dengan pasir yag telah disaring dan dikeringkan erlebih dahulu.

3. Kuliner Khas Cirebon, Rujak Kangkung.

Kuliner Khas Cirebon, Rujak Kangkung.

Kuliner Khas Cirebon, Rujak Kangkung. Image [source]

Rujak biasanya dibuat dari buah buahan. Tapi kangkung dijadikan rujak? Bagaimana rasanya ya? Ternyata cukup enak kok. Cara membuatnya, kangkung di rebus hingga matang. Setelah matang kangkung tersebut kemudian di siram dengan bumbu rujak. Hasilnya tekstur lembut serta rasa pedas manis pun memanjakan lidah kamu.

4. Kuliner Khas Cirebon, Pedesan Entog.

Kuliner Khas Cirebon, Pedesan Entog.

Kuliner Khas Cirebon, Pedesan Entog. Image [source]

Bebek goreng dimana mana bisa di dapat, tapi kalau daging entog, cirebonlah yang punya kulinernya. Namanya pedesan entog. Wujudnya berupa daging entog yang disiram dengan bumbu super pedas. Rasa pedasnya bukan hanya berasal dari cabe saja. tapi dari rempah rempah serta merica yang di pakai di dalamnya. cocok dimakan waktu cuaca dingin nih pedesan entog khas cirebon,

5. Kuliner Khas Cirebon, Bubur Sop Ayam.

Kuliner Khas Cirebon, Bubur Sop Ayam.

Kuliner Khas Cirebon, Bubur Sop Ayam. Image [source]

Kalau bubur ayam biasanya dijual pagi pagi, bubur sob ayam kuliner khas cirebon ini justru biasa di santap malam malam. Wujudnya sih seperti bubur pada umumnya namun disiram dengan kuah sop. Tak lupa, diatasnya juga diberi suwir suwiran ayam. Tal lupa diberi sayur sayuran serta bakmi suun. Kalau pengen tampilannya cantik diberi juga irisan irisan tomat biar kombinasi warnanya pas.

6. Kuliner Khas Cirebon, Sate Kalong.

Kuliner Khas Cirebon, Sate Kalong.

Kuliner Khas Cirebon, Sate Kalong. Image [source]

Sate kok kalong? Emang tidak ada daging kambing atau ayam ? Jangan keburu emosi dulu. Walaupun namanya sate kalong tapi, kuliner khas cirebon yang satu ini tidak dibuat dari daging kalong kok. Sate kalong di buat dari potongan potongan panjang daging kerbau. Disebut sate kalong karena biasanya di jual di malam hari. soal rasa, tak kalah dengan sate ayam atau sate kambing. Rata rata bumbunya cenderung manis. tapai kalau mau rasa pedas, ada sambal merahnya juga kok.

Itulah 6 kuliner khas dari daerah cirebon. Kalau mau dilanjut sebenarnya masih banyak lagi.cirebon juga punya empal gentong, empal asam, sate kentang, tahu gejrot, nasi lengko, mi koclok, docang, serta nasi jamblang. Mau menikmati kuliner khas cirebon yang mana dulu? Jadi binggung kan karena semuanya enak enak.

No more articles