Sebentar lagi puasa, umat islam tentu saja gembira menyambut momen momen ini karena peluang dapat pahalanya berlimpah ruah. Selain sebagai amalan ibadah, puasa sudah terbukti punya efek kesehatan yang diakui di dunia kedokteran. Namun agar puasa itu menyehatkan tentu kita juga tidak boleh sembarangan dalam memilih menu menu makanan yang di konsumsi ketika puasa.

Ini Makanan Makanan Yang Dianjurkan Dan Yang Sebaiknya Dihindari Selama Menjalani Puasa Ramadhan.

Ini Makanan Makanan Yang Dianjurkan Dan Yang Sebaiknya Dihindari Selama Menjalani Puasa Ramadhan. Image [source]

Saat puasa kita ada jeda waktu lama dimana makanan atau minuman tidak masuk kedalam tubuh kita. Beda dengan kondisi kondisi biasa dimana dalam sehari kita bisa makan 3 kali belum termasuk camilan camilanya. Saat kita menjalani ibadah puasa ada makanan makanan yang sebaiknya dihindari dan ada pula makanan makanan yang baik jika kita konsumsi saat puasa. Apa saja sih daftar makanan yang perlu dihindari dan yang baik untuk di konsumsi saat puasa tersebut? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Buka Puasa, Makanan Manis Dengan Kandunga Karbohidrat Sederhana.Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Buka Puasa, Makanan Manis Dengan Kandunga Karbohidrat Sederhana.

Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Buka Puasa, Makanan Manis Dengan Kandunga Karbohidrat Sederhana. Image [source]

Seharian berpuasa tidak makan minum membuat kadar gula dalam darah cenderung rendah. Namun kadar gula darah bisa tiba tiba meninggi ketika kita mengkonsumsi makanan minuman manis dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti coklat, donat, roti putih maupun minuman kemasan manis. Tidak semua yang manis itu bagus ternyata untuk berbuka puasa. Yang paling bagus memang kurma. Selain berserat, kandungan karbohodratnya juga butuh waktu untuk dicerna sehingga kadar gula darah tidak naik tiba tiba. Kadar gula darah naik beresiko menyebabkan serangan jantung dan stroke.

2. Hindari Banyak Banyak Makan Gorengan Ketika Berbuka Puasa.

Hindari Banyak Banyak Makan Gorengan Ketika Berbuka Puasa.

Hindari Banyak Banyak Makan Gorengan Ketika Berbuka Puasa. Image [source]

Gorengan memang nikmat. Apalagi kalau dimakan bersama kopi teh atau minuman lain. Sayangnya gorengan ini banyak mengandung lemak trans. Lemak trans ini jelek bagi tubuh karena ia memicu terbentuknya kolesterol jahat yang bisa memicu serangan jantung. Beberapa makanan memang sengaja diolah denga minyak yang mengandung lemak trans karena lemak jenis ini membuat makanan lebih awet dan terasa lebih gurih. Di dalam tubuh lemak lemak trans tersebut akan memadat dan menghambat peredaran darah. Karena itu banyakin makan buah ya daripada makan gorengan.

3. Minuman Berkafein Merupakan Jenis Yang Perlu Dihindari Saat Sahur.

Minuman Berkafein Merupakan Jenis Yang Perlu Dihindari Saat Sahur.

Minuman Berkafein Merupakan Jenis Yang Perlu Dihindari Saat Sahur. Image [source]

Bangun sebelum subuh terus malam sebelumnya begadang nonton bola, wajar kan bila ngantuk berat? Wajar juga dong kalau ngopi ngopi sebelum sahur agar kantuk hilang?tapi ternyata, ngo pi ngopi di kala waktu sahur itu ternyata kurang baik. Di siang harinya, kopi yang tersisa bisa memicu munculnya asam lambung. Ngopi dianjurkan waktu sesudah berbuka puasa saja ketika perut kita sudah terisi makanan dan nasi. Enggak mau kan baru semangat semangat puasa, eh harus batal gara gara perut mules karena asam lambung tinggi.

4. Makanan Berserat Serta Berkarbohidrat Komplek Sangat Dianjurkan.

Makanan Berserat Serta Berkarbohidrat Komplek Sangat Dianjurkan.

Makanan Berserat Serta Berkarbohidrat Komplek Sangat Dianjurkan. Image [source]

Makanan makanan berserat cenderung perlu waktu untuk di proses. Dengan makanan makanan jenis ini kenyangnya akan lebih awet. Selain itu kadar gula darah juga lebih stabil. Untuk sumber karbohidrat, disarankan mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung karbohidrat komplek seperti makanan dari gandum, oats dan beras merah. Untuk makanan berserat misalnya saja sayuran, kacang hijau, kentang dan buah buahan. Makanan makanan ini bagus buat menu sahur.

5. Sesekali Minum Minuman Isotonik.

Sesekali Minum Minuman Isotonik.

Sesekali Minum Minuman Isotonik. Image [source]

Saat puasa siang hari kita tidak minum. Resiko mengalami dehidrasi dan kehilangan garam tubuh pun tinggi. Nah untuk mengatasinya maka pada malam hari kita perlu banyak banyak minum. Minuman isotonik mengandung garam yang komposisinya sama dengan cairan tubuh sehingga bagus untuk menggantikan garam dari cairan tubuh yang hilang tersebut.

No more articles