Bulan puasa datang setahun sekali. para ibu ibu rumahtangga tentu pengen menyajikan sesuatu yang spesial buat berbuka puasa untuk keluarganya. Spesial disini tidak harus mahal dan ribet lho. ada kok pilihan menu buka puasa yang praktis serta irit. Selain praktis dan irit tentu saja berbagai menu yang bakal kami sajikan ini masih sehat.

Menu Buka Puasa Yang Praktis Dan Irit? Ini Dia Beberapa Pilihannya.

Menu Buka Puasa Yang Praktis Dan Irit? Ini Dia Beberapa Pilihannya. Image [source]

Bahan yang dipakai untuk membuat menu buka puasa yang praktis dan irit pun bisa bermacam macam. Bisa dari tahu, tempe, daging serta sayur sayuran. Mulai dari yang rasanya manis, gurih, bertekstur lembut sampai yang renyah renyah pun ada. dengan menyajikan berbagai menu buka puasa berikut ini di jamin semua angota keluarga bakalan suka. Kalau pengen di pajang di sosmed untuk menginspirasi ibu ibu muda jaman now lain juga tidak malu maluin. Pengen tahu apa saja pilihan menu buka puasa yang prektis dan irit? Berikut ini daftarnya.

1. Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Kering Tempe Campur Teri.

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Kering Tempe Campur Teri

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Kering Tempe Campur Teri Image [source]

Menu masakan yang satu ini cukup legend. Ibu ibu jaman dulu sering menggunakannya sebagai andalan. Alasanya, kering tempe ini makanan yang cukup enak. Gurih dan ada sedikit manis manisnya. Selain itu kering tempe juga lumayan awet. Bisa disimpan selama beberapa hari dan tidak mudah basi. Bahannya juga cukup murah. Cuma dengan tempe dan di campur dengan bumbu bumbu plus teri. Masaknya sekali, tapi kering tempe bisa jadi senjata ampuh ketika ibu ibu waktnya mepet dan engak sempat masak.

2. Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Kolak Pisang.

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Kolak Pisang.

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Kolak Pisang. Image [source]

Kolak pisang sepertinya menjadi makanan menu buka puasa yang cukup populer. Ketika puasa, makanan jenis ini banyak di jual di pinggir pinggir jalan. Kalau mau masak sendiri pun bahannya mudah di dapat dan cara masaknya tidak rumit. Selain bisa membuat dalam jumlah banyak, campuran yang bisa diberikan ke kolak pisang pun bisa bervariasi mulai dari kolang kaling, nangka, ubi manis dan masih banyak lagi. setelah seharian puasa dan kehausan, menyantap kolak pisang waktu buka puasa pasti menyegarkan.

3. Menu buka puasa praktis dan irit, Es goyobod khas bandung.

Menu buka puasa praktis dan irit, Es goyobod khas bandung.

Menu buka puasa praktis dan irit, Es goyobod khas bandung. Image [source]

Yang pernah traveling ke bandung pasti kenal dengan es goyobod ini. itu lho sejenis es campur namun ada jelli khas goyobod nya berbentu kotak kotak dadu. Es goyobod ini sudah melegenda di bandung. Ia ada bahkan sebelum peristiwa bandung lautan api meletus. Jeli goyobod sendiri di buat dari campuran tepung ongkwe serta santan encer. Cara membuatnya, santan encer dipanasi bersama tepung hongkwe kemudian di aduk aduk dan di dinginkan hingga mengeras. Kemudian jeli yang dihasilkan di potong potong dadu. Setelah jadi jeli goyobid kemudian disajikan dengan alpukat, susu, kuah santan, nangka, kelapa muda serta cendol mutiara. Es serut yang di taburkan diatas campuran tersebut membuat es goyobod terasa segar.

4. Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Urap Sayuran.

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Urap Sayuran.

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Urap Sayuran. Image [source]

Sayur sayuran selalu sehat. Untuk berbuka puasa, sayur sayuran bisa disajikan dengan cara yang praktis lho dalam bentuk urap sayuran. Sayuran seperti bayam, kobis, wortel serta tomat di rebus sebentar. Lau siapkan bumbu urap yang dibuat dari parutan kelapa dan di sangrai. Bumbu urap sendiri dibuat dari campuran bawang putih, cabe, bawang merah, kencur, gula pasir, garam serta terasi bakar. Bahan bahan tersebut dihaluskan kemudian di campur dengan parutan kelapa dan di panggang. Sayur sayuran seperti bayam, kacang panjang kubis serta wortel tadi kemudian di campur dengan bumbu urap tadi. hasilnya sangat lezat. Orang orang jawa mengenal masakan ini sebagai gudangan.

5. Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Sayur Lodeh.

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Sayur Lodeh.

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Sayur Lodeh. Image [source]

Sayur lodeh bisa jadi pilihan kamu kamu yang bosan dengan masakan tumis atau kuah bening. Sayur lodeh dibuat dengan kuah santan. Bahan yang di pakai bisa berupa kacang panjang serta tahu putih. Cara membuatnya. Tahu putih serta kacang panjang di potong poitong sesuai selera. Selain di masak dalam santan kelapa, biasanya di tambahkan juga daun salam, daun jeruk serta lengkuas. Meskipun bahannya hanya dari tahu dan kacang panjang, bumbu bumbunya bakal membuat sekeluarga buka puasanya jadi lahap.

6. Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Sayur Asem.

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Sayur Asem.

Menu Buka Puasa Praktis Dan Irit, Sayur Asem. Image [source]

Sekain sayur lodeh, sayur asem juga bisa jadi alternatif pilihan yang banyak disukai orang. kalau sayur lodeh kuahnya gurih dan kental, maka sayur asem ini kuanya cenderung bening dan menyegarkan. Ada sedikit rasa asem asemnya. Untuk bahan yang di pakai juga bisa sama dengan bahan membuat sayur lodeh. Bahan bahan yang lazimdi opakai untuk membuat sayur asem antara lain: kacang panjang, jagung manis, labu siam, kecambah kedelai, asam jawa serta tomat. Untuk memasak sayur asam tidak di perlukan waktu lama dan selain kenyang kita juga merasakan kesegaran.

No more articles