Mau mencapai kemampuan financial adalah hal yang diharapkan oleh banyak orang. Tak heran jika acara seperti job fair tak pernag sepi pengunjung. Pekerjaan denga gaji tinggi menjadi incaran banyak orang, terutama anak-anak muda. Namun, kita harus sdar bukan hanya bergantung dengan pekerjaan dengan gaji yang tinggi untuk mencapai kemampuan secara finansial.

Kemampuan finansial tidak akan tercapai hanya mengandalkan pekerjaan saja, melainkan perlakuanmu sehari-harilah yang banyak menentukan. Akan sangat percuma jika mendapatkan gaji yang tinggi tapi tidak bisa untuk mengelola uang tesebut. Lakukan hal-hal dibawah ini jika mau cepat kaya.

1. Kurangi Hangout dan Nongkrong

Ini mungkin akan menjadi hal tersulitmu. Jika hangout dan nongkrong adalah kebiasaanmu, sebaiknya kamu harus untuk mengurangi itu. Karena bagaimanapun, tanpa kamu sadari dengan hangout dan nongkrong bersama teman-temanmu, akan sangat banyak menghabiskan uang atau boros.

Kurangi hangout [ Image Source ]

Kurangi hangout [ Image Source ]

Mungkin jika pergi ke café harga makanan dan minuman hanya berkisar pada harga 20ribu-40ribu, tapi jika itu dilakukan setiap hari, maka kamu akan tidak sempat untuk menggunakan uangmu untuk menabung atau membeli hal-hal yang kamu butuhkan. So, keluarlah dari zona nyamanmu. Hangout atau nongkrong boleh, asalkan harus tau waktu dan membatasi diri.

2. Disiplin menabung

Nah ini juga akan sulit untuk kamu lakukan pada saat awal kamu melangkahkan kakimu untuk menabung. Tapi jika sudah terbiasa, kamu akan senang dan merasa ada yang mengganjal jika sehari kamu tidak menabung. Menabung mempunyai banyak cara. Kamu tinggal memilih mana cara yang tepat untuk kamu.

disiplin menabung [ Image Source ]

disiplin menabung [ Image Source ]

Ada yang menabung sesuai dengan tanggal, ada yang menabung uang recehan hasil kembalian, ada yang menabung 5ribu-10ribu perhari sampai ada juga yang menabung dengan jumlah yang besar di bank. Tapi hal paling penting yang harus kamu lakukan saat menabung adalah, biarpun kamu menabung sedikit tapi tetap konstan untuk menabung setiap harinya. Ingatlah pepatah berkata sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

3. Dahulukan yang penting

Penting disini dimaksudkan dengan yang kamu butuhkan. Dahulukan apa yang kamu butuhkan. Ingtalah tentang kebutuhan sandang, pangan, papanmu harus dipenuhi terlebih dahulu. Jangan membeli atau mengkonsumsi barang yang tidak penting apalagi yang tidak kamu butuhkan.

Dahulukan yang penting [ Image Source ]

Dahulukan yang penting [ Image Source ]

Jika dengan mendahulukan yang penting sudah kamu lakukan, makan dijamin kamu akan berhasil dalam hal menabung dan otomatis secara tidak langsung kamu akan membatasi waktumu untuk keluar hanya sekedar hangout atau nongkrong cantik bersama teman-temanmu. Belilah barang yang kamu inginkan pada saat kamu mempunyai uang lebih.

4. Memulai bisnis dari nol

Mengabdikan diri pada pekerjaan yang bergaji besar memang tampak menjanjikan. Tapi bagaimana jika pekerjaan bergaji besar itu tak sesuai dengan pribadimu? Mungkin kamu akan bertahan, tapi tidak untuk waktu yang lama. Cobalah untuk berjaga-jaga. Istilahnya untuk mencari peluang kedua. Karena untuk masa depanmu nanti, pekerjaan tidak akan cukup jika kamu ingin menikmati hidupmu. Maka dari itu, cobalah untuk berbisnis dari nol. Bisnis tidak harus yang besar-besaran, buatlah bisnis kecil-kecilan yang sesuai dengan bidang yang kamu sukai.

Bisnis [ Image Source ]

Bisnis [ Image Source ]

Dengan sesuai yang kamu sukai, kamu akan lebih bersemangat dalam berbisnis. Misalnya kamu suka fashion, berbisnislah mulai dari kecil untuk menjadi reseller sebuah butik atau mendesign sendiri baju yang kamu jual kemudian kamu jahit di penjahit langgananmu kemudian kamu jual. Semua jalan akan terbuka lebar saat kamu benar-benar niat dari hati melakukannya

Memang tidak ada pencapaian yang kita dapat tanpa pengorbanan dan kerja keras. Tapi poin-poin diatas bisa kamu lakukan jika kamu memang ingin cepat kaya dan mapan di masa muda. Poin-poin diatas bisa kamu lakoni setiap hari. Hal yang di dapat lewat perjuangan akan lebih bertahan lama daripada hal yang didapatkan secara instan. Semoga bermanfaat.

No more articles