Kesan pertama begitu menggoda. Selanjutnya terserah anda. Itulah bunyi iklan sebuah parfum cowok yang terkenal beberapa tahun lalu. Kesan pertama memang begitu penting. enggak hanya bagi mereka mereka yang mau ketemu pacar pertama kali, tapi orang yang baru masuk kerja di tempat baru juga perlu memastikan bahwa kesan pertama mereka baik dimata rekan kerja dan atasan.

Ini Tips Sederhana Agar Orang Begitu Terkesan Saat Awal Awal Ketemu Denganmu.

Ini Tips Sederhana Agar Orang Begitu Terkesan Saat Awal Awal Ketemu Denganmu. Image [source]

Salah satu alasan kenapa kesan pertama penting adalah, biasanya penilaian pertamakali pada seseorang itu melekat hingga ke alam bawah sadar. Sekali seseorang tidak menyukaimu di kesan pertama, maka alam bawah sadar orang tersebut akan selalu tidak menyukaimu kecuali sudah kenal dekat. Jadi kalau kesan pertamamu di kantor yang baru jelek, jangan heran ya kalau terasa banyak rekan kerja lain seolah olah membenci kamu. Agar orang orang langsung menyukaimu beberapa detik setelah bertemu untuk pertama kali, ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Tiru Sedikit Dari Gerakan Tubuh Serta Ekspresi Wajah Mereka.

Tiru Sedikit Dari Gerakan Tubuh Serta Ekspresi Wajah Mereka.

Tiru Sedikit Dari Gerakan Tubuh Serta Ekspresi Wajah Mereka. Image [source]

Orang cenderung menyukai orang lain yang ounya kesamaan dengannya. Fenomena ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1999. Para ilmuwan menamai kecenderungan perilaku orang sepert ini sebagai Chameleon Effect. Enggak harus mirip seperti bunglon sih. Cukup tiru sedikit dari gerakan tubuh atau ekspresi senyuman di wajah mereka, maka secara tidak sadar orang yang kamu tiru tersebut akan menyukaimu.

2. Jangan Banyak Omong Tapi Banyak Banyaklah Mendengarkan.

Menurut kamu lebih nyaman mana, bersama orang yang pandai mendengarkan atau bersama orang yang cerewet banyak omong. Tentu bersama orang yang pandai mendengarkan lebih asik kan. semua curhatan curhatan kamu jadi tersalurkan. Dari sini terlihat bahwa. Orang yang pandai mendengarkan itu cenderung disukai.

Jangan Banyak Omong Tapi Banyak Banyaklah Mendengarkan.

Jangan Banyak Omong Tapi Banyak Banyaklah Mendengarkan. Image [source]

Ketika kamu bertemu dengan orang baru di kantor atau tempat kerja baru, maka kurangilah kecenderungan untuk banyak omong. Bicara seperlunya, dan kalau bisa pancing orang lain tersebut untuk banyak mengungkapkan hal hal terkait dengan dirinya. Ingat setiap orang selalu antusial ketika diajak ngobrol dengan topik diri mereka sendiri. dengan memancing mereka untuk ngomong terkait diri mereka sendiri, kamu akan dianggap sebagai orang yang asik ketika diajak ngobrol.

3. Jangan Keburu Nafsu Untuk Selalu Jadi Superior.

Di tempat kerja wajar kan kalau terjadi persaingan. Karyawan karyawan lama biasanya ada perasaan terancam dulu kalau ada karyawan baru yang masuk. Mereka cenderung akan membenci jika karyawan baru itu terlihat sok pintar atau sok lebih unggul dari karyawan lama. Jadi sebagai karyawan baru kalau ingin disukai, tempatkan dirimu sebagai orang yang butuh bantuan mereka dalam mengenali lingkungan kantor.

Jangan Keburu Nafsu Untuk Selalu Jadi Superior

Jangan Keburu Nafsu Untuk Selalu Jadi Superior Image [source]

Rajin rajin bertanya dan rajin rajin minta petunjuk. Dengan begitu pasti perasaan takut disaingi yang semula ada di pikiran mereka jadi hilang. Mereka justru seperti mendapat adik baru karena banyak membantumu. Siapa sih yang tidak suka dengan keberadaan adik baru. Dengan rajin bertanya, minta petunjuk dan minta bantuan, kamu bisa jadi lebuh dekat dengan rekan kerja plus beberapa persoalan pekerjaan yang belum kamu pahami bisa terjawab.

4. Jangan Terburu Nafsu Untuk Menunjukkan Bahwa Kamu Itu Sempurna Tanpa Cela.

Ketika kerja di tempat baru pasti kamu pengen terlihat serba pintar, cekatan dalam melakukan pekerjaan dan terlihat sebagai karyawan sempurna kan dimata rekan kerja? ternyata melihat orang baru masuk yang terlihat sempurna itu malah justru tidak bagus. Bibit persaingan bisa jadi malah muncul.

Jangan Terburu Nafsu Untuk Menunjukkan Bahwa Kamu Itu Sempurna Tanpa Cela.

Jangan Terburu Nafsu Untuk Menunjukkan Bahwa Kamu Itu Sempurna Tanpa Cela. Image [source]

Orang cenderung mudah menyukai karyawan baru yang pernah melakukan kesalahan kesalahan kecil sehingga si karyawan lama punya kesempatan untuk membantu. Manfaatkan fakta ini dan sesekali tak perlu menyembunyikan kesalahan kesalahan kecil yang kamu perbuat. Ketika melakukan kesalahan cukup jujur dan tanya pada karyawan lama untuk memperbaikinya. Dengan cara ini mereka pasti lebih dekat denganmu.

5. Sering Sering Menyapa Setiap Kali Bertatap Muka Dengan Orang Tersebut.

Sering Sering Menyapa Setiap Kali Bertatap Muka Dengan Orang Tersebut.

Sering Sering Menyapa Setiap Kali Bertatap Muka Dengan Orang Tersebut. Image [source]

Para ahli psikologi sepakat bahwa orang cenderung menyukai orang lain yang sering mereka temui dari pada orang lain yang jarang ketemu. Di kantor, karena kesibukan pekerjaan masing masing, kadang berpapasan dengan orang itu tidak begitu sadar. Karena itu untuk memastikan bahwa kamu sering muncul di pikiran mereka, sering seringlah menyapa denga kata hai setiap kali kamu berpapasan dengan mereka di lorong atau di tempat lain. dengan sering sering muncul di pikiran mereka, maka mereka akan menukaimu lebih cepat.

6. Jangan Pelit Untuk Memberikan Pujian.

Jangan Pelit Untuk Memberikan Pujian.

Jangan Pelit Untuk Memberikan Pujian. Image [source]

Orang tulus enggak butuh pujian atas semua perbuatannya. Meskipun begitu, sesekali memberi pujian pada rekan kerja juga bisa membuat rekan kerja tersebut menyukaimu lho. tapi tentu saja pujiannya yang tulus. Temukan sisi positif dari orang tersebut secara nyata. Dengan memberikan pujian yang tulus, maka orang teresbut akan cepat menyukaimu.

No more articles