HP saat ini menjadi barang kebutuhan yang tidak bisa di pisahkan dari aktivitas sehari hari. mulai dari mencari resep masakan, mencari alamat, serta belanja pun dilakukan lewat ponsel. Berpisah sebentar saja dengan ponsel bisa jadi membuat banyak orang jadi cemas. Namun selain banyak manfatnya, HP juga bisa menjadi sumber stres.

Aplikasi Yang Terinstall Sedikit Tapi Lag Parah Ini Cara Mempercepat Hp Android Yang Lemot.

Aplikasi Yang Terinstall Sedikit Tapi Lag Parah Ini Cara Mempercepat Hp Android Yang Lemot. Image [source]

Salah satu penyebabnya adalah ketika HP android kamu jadi lemor padahal aplikasi yang terinstal Cuma sedikit. bukan hanya lemot koneksi internetnya, tapi membuka aplikasi tertentu pun munculnya lama. Terkadang, saat asik melihat foto, koleksi hasil jepretan kamera tersebut tidak bisa di geser ke kanan atau kekiri. Layat HP jadi freeze dan akhirnya muncul tulisan, “maaf sistem ui telah terhenti”. Selain bikin kesel rasa rasanya melelahkan kalau setiap saat hal ini terjadi. Jika kamu memiliki masalah hp android lemot meski aplikasi yang terinstall sedikit, ini cara untuk mengatasinya.

1. Kurangi Aplikasi Aplikasi Gratisan Dari Sumber Yang Tidak Jelas.

Kurangi Aplikasi Aplikasi Gratisan Dari Sumber Yang Tidak Jelas.

Kurangi Aplikasi Aplikasi Gratisan Dari Sumber Yang Tidak Jelas. Image [source]

Mencoba aplikasi aplikas gratisan yang di dapat dari internet memang asik. Apalagi kalau versi resmi dari apkikasi tersebut di playstore harganya cukup mahal. Namun kebanyakan aplikasi android dari sumber tak jelas ternyata kurang bagus. Aplikasi aplikasi tersebut bisa saja di sisipi iklan atau mengumpulkan data data pribadinya. Ketika si aplikasi gratisan sedang menampilkan iklan serta mengumpulkan data secara sembunyi sembunyi inilah HP mu biasaja jadi lemot.

2. Bersihkan Memori Inernal Dari Foto Atau Video Yang Tidak Penting.

Bersihkan Memori Inernal Dari Foto Atau Video Yang Tidak Penting.

Bersihkan Memori Inernal Dari Foto Atau Video Yang Tidak Penting. Image [source]

Banyak ponsel ponsel masa kini yang tidak dilengkapi slot memori eksternal. Otomatis foto dan video yang diambil dari kamera ponsel pun disimpan di memori internal ponsel. Orang sekarang rata rata banyak merekam video dan mengambil foto. Tanpa sadar, memori internal ponsel pun menipis. Terbatasnya memori internal inilah yang menjadi penyebab ponsel android jadi lemot. Salah satu solusinya, rutin hapus foto serta video yang tidak penting, pindahkan yang penting penting ke media lain atau langsung saja upload ke penyedia penyimpanan gratis secara online untuk membackup foto serta video video mu.

3. Matikan Fitur Auto Sinc Di Pengaturan Akun. Saat Kita Menambahkan Akun Di Ponsel Android

Matikan Fitur Auto Sinc Di Pengaturan Akun. Saat Kita Menambahkan Akun Di Ponsel Android

Matikan Fitur Auto Sinc Di Pengaturan Akun. Saat Kita Menambahkan Akun Di Ponsel Android Image [source]

biasanya ada pilihan untuk mengaktifkan sinkronisasi data secara otomatis. Jika fitur ini diaktifkan maka data kontak, foto serta beberapa data aplikasi akan di backup secara otomatis oleh google. Jadi jika akun google tersebut di pakai untuk login di beberapa hp, data kontaknya akan sama tanpa perlu menyalin dari hp satu ke hp lainnya. tapi kadang fitur ini bikin lemot hp kalau yang di backup datanya banyak. kalau hp mu terasa lemot, coba non aktifkan fitur ini.

4. Nonaktifkan Aplikasi Aplikasi Yang Yang Kurang Penting.

Nonaktifkan Aplikasi Aplikasi Yang Yang Kurang Penting.

Nonaktifkan Aplikasi Aplikasi Yang Yang Kurang Penting. Image [source]

Beberapa aplikasi mngkin saja kamu pakai kadang kadang. Seperti aplikasi belanja online, ojek online, taxi online atau aplikasi aplikasi nafigasi. Meskipun tidak setiap hari di pakai, tapi kalau mau di uninstall nanti repot lagi saat sedang butuh. Pilihan terbaiknya adalah dengan menonaktifkan aplikasi tersebut lewat pengaturan.

5. Kurangi Widget Yang Terpasang Di Homscreen.

Kurangi Widget Yang Terpasang Di Homscreen.

Kurangi Widget Yang Terpasang Di Homscreen. Image [source]

Di home screen Hp android, kita bisa menambahkan beberapa widget seperti jam dunia, cuaca, berita dan masih banyak lagi. widget widget ini jika kebanyakan ternyata bisa juga membuat ponsel android kamu jadi lemot. Untuk mengatasinya, sebaiknya set home screen hp android sesederhana mungkin tidak usah kebanyakan widget.

6. Coba Launcher Lain Yang Lebih Simple.

Coba Launcher Lain Yang Lebih Simple.

Coba Launcher Lain Yang Lebih Simple. Image [source]

Saka satu keunggulan Hp android adalah tampilannya bisa di ubah ubah memakai launcher. Beberapa launcher ada yang tampilannya keren karena banyak animasi. Tapi kerennya penampilan ini kadang harus di bayar dengan performa hp android yang jadi lemot. Untuk mengatasinya, mau tak mau kita harus memakai launcher yang lebih sederhana.

No more articles