Di usia tua, sebagian besar orang akan mengalami penurunan kemampuan. Daya ingat, daya pikir, kemampuan belajar bahkan fisiknya pun mulai menurun. Begitu juga dengan penglihatan serta pendengaran. Kondisi seperti ini sering disebut dengan pikun oleh banyak orang. selain mereka mereka yang pikun di usia tua, banyak juga lho yang ternyata tetap enerjik dan memiliki daya ingat yang masih jos. Kalau disuruh milih kamu mau yang mana? tetap oke dimasa tua atau pikun?

Mencegah Pikun Di Umur Tua, Ini Yang Bisa Dilakukan Oleh Orang Orang Yang Masih Muda

Mencegah Pikun Di Umur Tua, Ini Yang Bisa Dilakukan Oleh Orang Orang Yang Masih Muda Image [source]

Tentu saja kebanyakan orang akan memilih tetap oke di masa tua. Tapi mungkinkah hal itu terjadi? Ternyata tetap punya pikiran tajam serta kemampuan fisik yang enerjik di masa tua itu bukan hal yang mustahil lho. ini 5 hal yang harus kamu lakukan supaya tidak pikun di masa tua.

1. Jangan Berhenti Untuk Menggunakan Otakmu.

Jangan Berhenti Untuk Menggunakan Otakmu.

Jangan Berhenti Untuk Menggunakan Otakmu. Image [source]

Otak kita itu melambat bukan karena kita menua. Tapi otak kita melambat karena jarang di pakai. Oleh karena itu meski sudah tua, jangan malas untuk menggunakan otak ya. Salah satunya ya dengan memakainya terus menerus untuk belajar. meski tua, selalu ada pengetahuan baru kan yang bisa di pelajari?

2. Miliki Pandanga Positif Tentang Menjadi Tua.

Miliki Pandanga Positif Tentang Menjadi Tua.

Miliki Pandanga Positif Tentang Menjadi Tua.Image [source]

Menjadi tua sering diasosiasikan dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan fisik bahkan sampai bakal menderita demensia serta alzhaimer. Pandangan ini banyak di miliki oleh sebagian besar orang. ketika pandangan negatif tentang menua ini sudah berakar, orang jadi malas mau ngapa ngapain ketika umur bereka beranjak 50 tahun keatas. Pada akhirnya mereka benar benar mengalami penurunan kemampuan otak akibat kemalasanya tersebut. tapi jika kita tetap perpandangan positif dan pede bahwa kita bisa tetap fit di masa tua, maka kita pun bisa lebih mudah dalam mewujudkan impian untuk tetap oke di masa tua tersebut.

3. Mulai Hidup Teratur Agar Hal Hal Kecil Tidak Memenuhi Pikiran.

Mulai Hidup Teratur Agar Hal Hal Kecil Tidak Memenuhi Pikiran.

Mulai Hidup Teratur Agar Hal Hal Kecil Tidak Memenuhi Pikiran.Image [source]

Orang yang hidupnya teratur, tidak perlu kebanyakan mikir. Mau mencari kunci, tempatnya sudah pasti. Mau belanja, daftarnya sudah jelas. Beda dengan orang yang hidupnya serba tidak teratur. Menaruh kunci mobil di sembarang tempat misalnya. Ketika butuh ia harus berpikir keras mengingat dimana terakhir kali ia menaruh kunci tersebut. karena otak terkuras untuk memikirkan hal hal tidak penting, ia akan kelelahan ketika di pakai untuk memikirkan hal hal yang besar. Maka itu terbiasalah membuat jadwal, membuat kotak penyimpanan dan menata barang barang.

4. Ulang Ulangi Informasi Yang Pengen Kamu Pelajari.

Ulang Ulangi Informasi Yang Pengen Kamu Pelajari.

Ulang Ulangi Informasi Yang Pengen Kamu Pelajari. Image [source]

Salah satu cara mempelajari sesuatu dengan cara paling mudah adalah dengan cara mengulang ulang informasi tersebut di dalam otakmu. Oleh karena itu membuat catatan atau membacanya dengan bersuara merupakan cara yang tepat. Bisa juga dengan membaca lagi infomasi yang pengen kamu pelajari tersebut selang beberapa waktu kemudian.

5. Beri Jeda Saat Mengulang Ulang Informasi Yang Pengen Kamu Pelajari.

Beri Jeda Saat Mengulang Ulang Informasi Yang Pengen Kamu Pelajari.

Beri Jeda Saat Mengulang Ulang Informasi Yang Pengen Kamu Pelajari.Image [source]

Pengen cepat dalam menyerap informasi atau ilmu baru mengulang ulang dalam mempelajarinya jangan terus menerus ya durasinya. Nanti otak malah kelelahan sehingga tidak optimal dalam mempelajari informasi baru. Lebih baik, pelajari, istirahat tidak usah dipikir pikir dan baru selang beberapa jam kemudian di ulang lagi dalam mempelajarinya. Dengan begitu pengetahuan baru bakal mudah nyanntol ke otak.

6. Makin Tua, Bukan Berarti Otak Makin Lambat Dalam Menyerap Informasi.

Makin Tua, Bukan Berarti Otak Makin Lambat Dalam Menyerap Informasi.

Makin Tua, Bukan Berarti Otak Makin Lambat Dalam Menyerap Informasi. Image [source]

Otak tua ternyata tidak mengalamiperlambatan lho dalam menyerap informasi. Mereka hanya susah menghapus informasi informasil lama yang sudah usang. Penyebabnya kemungkinan karena orang orang tua sudah merasa cukup belajar sehingga menutup diri dari info baru. Jika ingin punya otak tetap oke di masa tua, tetap berpikiran terbuka ya. Jangan malu belajar pengetahuan yang baru untuk mengganti pengetahuan lama di otakmu yang sudah usang.

No more articles