Menjalani puasa memang menjadi tantangan tersendiri. Setelah sehari menahan lapar, tentu saat berbuka puasa ingin menyantap makanan yang menggugah selera. Banyak dari kita yang melupakan pentingnya mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Bila sudah satu hari berpuasa kemudian berbuka dengan makanan yang tidak terkontrol akan membuat kondisi tubuh menurun.

Kau akan terkena penyakit maag atau sakit kepala jika makanan yang kamu makan tidak bergizi. Selama menjalankan ibadah puasa, kamu sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi makanan di bawah ini agar kesehatanmu terjaga. Berikut menu makanan sehat saat berbuka puasa yang bisa kamu jadikan santapanmu.

1. Konsumsi Sayur dan Buah

Dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan, untuk memenuhi kebutuhan cairan karena saat puasa cenderung kurang minum. Sembelit atau susah BAB merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering muncul di bulan puasa. Untuk mencegahnya, kebutuhan serat harus dipenuhi lewat sayur dan buah-buahan. Makanan kaya serat juga dicerna perlahan oleh tubuh, memberi rasa kenyang lebih lama, dan dapat mencegah lonjakan asam lambung. Sayur dan buah pun mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia lain yang diperlukan oleh tubuh.

Sayur dan buah [ Image Source ]

Sayur dan buah [ Image Source ]

Dibandingkan mengkonsumsi satu jenis sayur dan buah-buahan tertentu, cobalah untuk mengkombinasikan atau memvariasikan menu agar gizi yang diserap tubuh juga beragam. Kurangi buah dan sayur yang merangsang produksi gas seperti kol dan kubis. Sayuran hijau selain kaya akan karbohidrat, juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaanmu dan harus selalu tersedia saat menghidangkan makanan buka puasa dan sahur.

2. Jangan Minum Air Es

Sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung jika kamu langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.

Jangan minum es [ Image Source ]

Jangan minum es [ Image Source ]

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein yang juga dibutuhkan oleh tubuh terlebih lagi sangat cocok untuk dijadikan menu dalam buka puasa. Kamu dapat mengkombinasikan antara kacang-kacangan dengan sayuran sehat ke dalam menu buka puasa.

Kacang-kacangan [ Image Source ]

Kacang-kacangan [ Image Source ]

Sumber makanan seperti kacang-kacangan yang kaya akan protein membantu untuk penyesuaian tubuh sebelum mengonsumsi makanan berat lainnya.

4. Putih Telur

Selain mengandung protein, putih telur juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi, mengandung riboflavin, dan rendah lemak. Konsumsi putih telur akan membuat kamu tidak mudah merasa lapar.

Putih telur [ Image Source ]

Putih telur [ Image Source ]

5. Kentang

Kentang termasuk jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tinggi dalam bentuk pati. 36 gram karbohidrat terkandung dalam setiap 1 cangkir kentang tumbuk mengandung cukup baik karbohidrat dalam bentuk pati. Selain itu kentang memiliki kandungan vitamin C , Vitamin B6 , zat besi, dan memiliki kandungan serat tinggi.

Kentang [ Image Source ]

Kentang [ Image Source ]

6. Jauhi Makanan Berminyak

Nah makanan yang satu ini yang mungkin sering kita konsumsi, alangkah lebih baik jika kita menjauhi makanan yang digoreng apalagi sampai minyaknya masih pada nempel. salah satu makanan yang berminyak Ayam goreng, kentang goreng, bahkan tempe goreng dan bakwan begitu menggoda kala berbuka puasa. Namun ternyata, panganan yang diolah dalam penggorengan dan minyak tidaklah bagus dikonsumsi. Sebab, kandungan minyak yang ada di dalamnya membuat makanan ini sulit dicerna oleh tubuh. Ada baiknya menyantap makanan pembuka yang dipanggang, bukan digoreng.

Jauhi makanan bermnyak [ Image Source ]

Jauhi makanan bermnyak [ Image Source ]

Menjaga kesehatan selama bulan puasa bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu menu buka puasa. Jangan terlalu menganggap gampang menu buka puasa. Bolehlah sekali-kali kamu mencoba makanan yang tidak menyehatkan, tapi harus diimbangi dengan makanan yang menyehatkan.

Well, itu tadi beberapa menu makanan yang pas untuk di konsumsi pada saat kita berbuka puasa. Bagaimana? Sudah siap untuk puasa sebulan full? Jangan sampai bolong ya.. Semoga bermanfaat.

No more articles