Iblis adalah salah satu jenis makhluk Allah SWT yang diciptakan dari api jauh sebelum manusia diciptakan. Pada dasarnya, iblis dahulu tinggal di surga dan merupakan makhluk yang taat beribadah kepada Allah SWT. Namun semenjak iblis mengingkari perintah Allah SWT untuk sujud di hadapan Nabi Adam AS karena merasa derajatnya lebih tinggi, iblis lantas dikutuk menjadi makhluk terlaknat yang umurnya ditangguhkan hingga hari pembalasan atas permintaannya sendiri.

Anak Keturunan Iblis

Anak Keturunan Iblis [ image source ]

Selain meminta ditangguhkan untuk tetap bisa hidup hingga hari pembalasan tiba, iblis juga masih memiliki satu permintaan yang juga dikabulkan oleh Allah SWT yaitu iblis dan anak keturunannya diberi ijin untuk menyesatkan seluruh umat manusia agar menjadi pengikutnya. Nah berikut ini adalah 9 nama keturunan iblis yang memiliki peran khusus dalam tugasnya menggoda manusia.

1. Khanzab

Khanzab

Khanzab [ image source ]

Buat kamu yang sering merasa kurang khusyuk saat sedang melakukan sholat, semua itu tidak luput dari peran serta ulah dari keturunan iblis yang bernama khanzab. Seperti halnya dengan sabda Rasululloh SAW yang berbunyi “ Itulah setan yang bernama khanzab, jika engkau merasakannya, mohonlah perlindungan Allah daripadanya. Dan meludah kecillah kearah kirimu tiga kali ” ( HR Muslim ).

2. Walhan

Walhan

Walhan [ image source ]

Tahukah kamu bahwa ada anak keturunan iblis yang juga suka menggangu dalam aktivitas berwudhu. Anak keturunan iblis tersebut adalah walhan yang tugasnya adalah membimbangkan orang yang sedang berwudhu seperti sabda Rasululloh SAW yang berbunyi “ sesungguhnya didalam air wudhu ada setan yang dikenal dengan al walhan. Karena itu berhati-hatilah kalian dari bisikan air ” ( HR Tarmidzi, Ibnu Majah dan Alhakim ).

3. Zalambur

Zalambur

Zalambur [ image source ]

Anak keturunan iblis berikutnya adalah zalanbur yang tugasnya adalah mengganggu manusia saat sedang berada di pasar khususnya para pedagang. Salah satu bentuk kesesatannya adalah agar para pedagang mengobral pembicaraan kosong, memuji dangannnya secara berlebih agar menarik perhatian pembeli, hingga melakukan penipuan terhadap para pembeli dengan seperti salah satunya adalah mengurangi jumlah takaran timbangan.

4. Daasim

Daasim

Daasim [ image source ]

Keturunan iblis yang bernama daasim adalah yang bertanggung jawab tentang penyebab renggangnya hubungan rumah tangga. Tugas daasim yang paling utama adalah membuat seluruh anggota keluarga saling bertikai satu diantara lainnya. Dalam sebuah kajian disebutkan saat seseorang memasuki rumah tanpa mengucapkan salam atau membaca bismillah, itulah keluarga yang akan diserang oleh para daasim.

5. Wasnan

Wasnan

Wasnan [ image source ]

Jika kamu sering mengantuk saat sedang sholat atau saat sedang hadir di majelis taklim, bisa jadi itu bukan karena kamu sedang merasa capek atau butuh istirahat. Karena bisa jadi itu mungkin adalah kerjaan dari alwasnan anak keturunan iblis yang tugasnya membuat orang mengantuk atau malas dalam beribadah. Uniknya, wasnan ternyata justru akan membuat seseorang merasa terjaga saat sedang melakukan maksiat.

6. A’war

A’war

A’war [ image source ]

Anak keturunan iblis yang bernama a’war betugas untuk mempengaruhi atau menggoda baik kaum laki-laki maupun perempuan untuk berbuat zina atau perbuatan maksiat lainnya. Langkah sesat yang ia gunakan adalah dengan membakar nafsu seseorang melalui pandangan mata. A’war akan berupaya memperdayai serta menghiasi seseorang agar terlihat menjadi lebih menarik dimata lawan jenisnya. Setelah itu a’war akan membangkitkan nafsu seseorang lewat tiupan yang ditujukan ke kemaluan manusia.

7. Tabrun

Tabrun

Tabrun [ image source ]

Manusia diberi hati adalah agar manusia bisa merasakan nikmat kebahagiaan atau kesedihan saat sedang menjalani hidupnya. Sedangkan tabrun adalah merupakan anak keturunan iblis yang tugasnya menggoda manusia saat sedang ditimpa musibah. Salah satu bentuk kesesatannya adalah berusaha membuat seseorang menjadi tidak sabar atau terlalu berlebih dalam menyikapi kesedihan yang sedang dialaminya.

8. Mathwun

Mathwun

Mathwun [ image source ]

Banyak orang menyebutkan bahwa sekarang ini adalah merupakan zamannya orang saling mengadu domba. Tujuannya tentu tidak lain adalah untuk menceraiberaikan umat manusia agar tidak bisa hidup rukun diantara sesamanya. Namun tahukah kamu bahwa mathwun adalah salah satu anaka keturunan iblis yang tugasnya adalah membisikkan kepada manusia untuk membuat berita bohong serta mengadu domba kepada sesamanya.

9. Abyad

Abyad

Abyad [ image source ]

Dari sekian banyak anak keturunan iblis, abyad adalah merupakan jenis yang paling cerdik dan pandai untuk menjerumuskan manusia kedalam kesesatan. Bahkan abyad sendiri mendapat tugas untuk menggoda para Nabi serta ulama agar goyah dari tujuan utamanya yaitu berdakwah. Oleh sebab itulah jangan heran jika dari dulu hingga sekarang masih ada banyak sekali ulama-ulama yang memiliki pemikiran sesat akibat ulah dari abyad.

No more articles