Untuk mencegah maraknya penipuan online, maka pemerintah akhirnya memberlakukan aturan ketat kepemilihan serta aktivasi kartu perdana seluler. Agar bisa terus di pakai dan tidak di blokir, semuakartu perdana wajib di registrasi ulang dengan data sesuai NIK dan KK. Jika tidak didaftarkan ulang sesuai NIK dan KK maka kartu perdana seluler akan di blokir secara bertahap. Mulai tidak bisa melakukan panggilan telpon sampai tidak bisa menerima telpon dan sms masuk.

Nik Serta KK Mu Di Pakai Orang Lain Untuk Registrasi Kartu Prabayar? Jangan Panik Begini Penjelasannya.

Nik Serta KK Mu Di Pakai Orang Lain Untuk Registrasi Kartu Prabayar? Jangan Panik Begini Penjelasannya. Image [source]

Aturan untuk meregistrasi kartu sesuai NIK dan KK ini tentu sedikit banyak membuat syok banyak orang. terutama mereka mereka yang hobi beli perdana kuota baru daripada harus beli kuota dari niir yang lama. Harga perdana kuota baru lebih murah hitungannya. Setelah adanya aturan reg ulang sesuai NIK dan KK ini maka keberadaan perdana kuota pun terancam. Karena 1 NIK Dan KK hanya bisa di pakai untuk mendaftarkan 3 kartu maka banyak orang yang memakai NIK dan KK orang lain untuk registrasi. Karena sudah di pakai orang lain, nanti kalau pemilik NIK dan KK yang asli akan dirugikan karena jatah sc mereka habis. Ketika kamu belum reg ulang tapi ketika mau ciba pesan eror eror, maka kemungkinan NIK dan KK mu di pakai oleh orang orang. kola itu terjadi kepadamu, jangan panik berikut fakta fakta serta solusinya.

1. Kasus Pencurian Data Dimana 1 NIK Dan KK Di Pakai Oleh 50 Orang Lebih

Kasus Pencurian Data Dimana 1 NIK Dan KK Di Pakai Oleh 50 Orang Lebih

Kasus Pencurian Data Dimana 1 NIK Dan KK Di Pakai Oleh 50 Orang Lebih Image [source]

Seorang perempuan bernama anida Indrastiwi membuat laporan ke polisi karena NIK dan KK nya dipakai untuk registrasi ulang 50 nomor indosat lebih. Kasus pencurian identitas NIK dan KK ini tentu saka membuat cemas banyak orang. takutnya NIK serta KK kita nanti di paki orang untuk registrasi SC kemudian sc yang terdaftar atas nama kita di pakai untukpenipuan. Tentu kita juga bisa terseret. Kominfo sendiri mengakui terjadinya pencurian data pribadi tersebut.

2. Jangan Share Atau Memberikan KTP Dan KK Ke Pada Orang Asing.

Jangan Share Atau Memberikan KTP Dan KK Ke Pada Orang Asing.

Jangan Share Atau Memberikan KTP Dan KK Ke Pada Orang Asing. Image [source]

Menurut ka Biro Humas Kominfo, bocornya data pribadi tersebut bukan berasal dari server kominfo. Kemungkiunan besar, si korban pernah menshare foto kk atau KTP di media sosial. akibatnya banyak orang yang melihat dan menyalah gunakan data tersebut. ole karena itu jangan pernah share identitas pribadi ke media sosial ya. Untuk server kominfo sendiri aman.

3. Datang Ke Gerai Provider Perdana Terdekat dan minta Hapus Nomor Lain.

Datang Ke Gerai Provider Perdana Terdekat dan minta Hapus Nomor Lain.

Datang Ke Gerai Provider Perdana Terdekat dan minta Hapus Nomor Lain. Image [source]

Jika tahunomormu di pakai oleh orang lain untukj registrasi ulang, maka langkah pertama tentu saja cari tahu bagaimana orang lain itu bisa memperolah data pribadimu. Bisa dari upload foto ktp di medsos atau bisa juga dari pihak ketiga yang mewajibkan kamu ninggal KTP atau KK saat berurusan dengan mereka. misalnya pihak renal mobil, tempat sewa dvd dan masih banyak lagi. kalau sudah tahu seumber kebocoran identitas rahasia tersebut, segera ambil keputusan. Bisa menghapus foto foto ktp di medsos atau mendamprat secara langsung orang yang menyebarkan info pribadimu. Kemudian kamu bisa datang ke gerai resmi provider perdana untuk menghapus nomor nomor yang bukan milikmu.

4. Ada Website Yang Sengaja Menyediakan NIK Dan KK Gratis.

Ada Website Yang Sengaja Menyediakan NIK Dan KK Gratis.

Ada Website Yang Sengaja Menyediakan NIK Dan KK Gratis. Image [source]

Munculknya kasus penyalah gunaan NIK dan KK yang dialami oleh anida indrastiwi tersebut ternyatameunculkan fakta baru yang tak kalah miris. Ternyata ada situs yang sengaja menyediakan NIK serta KK untuk keperluan reg ulang. Bisa gawat kalau NIK atau KK kita direpakai orang. memang setalah heboh situs tersbut lalu di blokir. Tapi tidak menutup kemungkinan dimasa depan bakal ada situs situs seperti itu lagi.

5. Membuat Laporan Polisi Agar Pencuri Data Probadi Kapok.

Membuat Laporan Polisi Agar Pencuri Data Probadi Kapok.

Membuat Laporan Polisi Agar Pencuri Data Probadi Kapok. Image [source]

Ketika tahu bahwa NIK dan KK akmu di salah gunakan orang, maka langkah paling tepat adalah melaporkan kasus tersebut ke polisi. Tujuannya agar kamu tidak ikut jadi t ketika perdana yang teregristrasi atas namamu tersebut dipakai untuk modus penipuan. Lebih bagus lagi, si pencuri info pribadi tersebut bisa ditangkap sehingga tidak merugukan orang lain.

6. Boleh Memakai NIK Dan KK Orang Lain Asalkan Ijin

Boleh Memakai NIK Dan KK Orang Lain Asalkan Ijin

Boleh Memakai NIK Dan KK Orang Lain Asalkan Ijin Image [source]

Bagi yang kehabisan stok NIK atau KK, kartu perdana ternyata bisa di registrasi dengan NIK dan KK milik orang lain. syaratnya, pemilik NIK dan KK tersebut mengetahui dan memberi ijin. Tapi kalau memakai NIK orang lain tanpa ijin, maka si pemilik NIK bisa menuntut kalau tidak terima.

No more articles