https://pbs.twimg.com/media/DWH-UjxVQAAvU29.jpg

Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata di jogja yang hits akhir akhir ini. selain karena banyak pilihan tempat wisata mangunan juga di dominasi oleh hutan pinus. Jika sebelum sebelumnya wisatawan yang berkunjung ke mangunan hanya bisa menikmati pemandangan saja, maka kini wisatawan juga bisa menikmati aneka kuliner ndeso lo. Itu karena di mangunan ada destinasi wisata baru yang di namakan pasar kakilangit.

Ini 5 Keunikan Pasar Kaki Langit, Destinasi Wisata Kuliner Baru Di Mangunan

Ini 5 Keunikan Pasar Kaki Langit, Destinasi Wisata Kuliner Baru Di Mangunan Image [source]

Bukan tempat kuliner biasa, pasar kaki langit ini punya banyak keunikan yang membuatnya bakal jadi tempat wisata primadona di masa depan. apa saja keunikan dari pasar kaki langit mangunan ini? berikut 5 diantaranya.

1. Pasar Kaki Langit Merupakan Destinasi Wisata Digital Besutan Generasi Muda.

Pasar Kaki Langit Merupakan Destinasi Wisata Digital Besutan Generasi Muda.

Pasar Kaki Langit Merupakan Destinasi Wisata Digital Besutan Generasi Muda. Image [source]

Pasar kakilangit hadir sebagai besutan dai generasi pesona indonesia (GenPi). Mereka adalah komunitas anak muda indonesia yang dibentuk oleh kementrian pariwisata. Siapa saja bisa gabung dan siapa saja bisa berkontribusi baik dalam bentuk foto, video maupun artikel. Konten konten GenPi membahas patiwisata di sekitar para anggotanya yang berasal dari 34 propinsi di indonesia.

2. Pasar Kaki Langint Menyajikan Kuliner Ndeso Khas Bantul Dan Jogja Kreasi Warga Sekitar.

Pasar Kaki Langint Menyajikan Kuliner Ndeso Khas Bantul Dan Jogja Kreasi Warga Sekitar.

Pasar Kaki Langint Menyajikan Kuliner Ndeso Khas Bantul Dan Jogja Kreasi Warga Sekitar. Image [source]

Kuliner kuliner yang di jajakan di pasar kaki langit ini beda dengan tempat wisata kuliner lain. di pasar kaki langit tersedia berbagai macam kuliner ndeso yang bikin kangen. Kulner kiliner ndeso tersebut antara lain: gudeg manggar, kelanan, blondo, serta wedang uwuh. Jarang jarang lho ada warung makan yang menyediakan menu menu seperi ini.

3. Lokasi Pasar Kaki Langit Yang Dekat Dengan Hutan Pinus.

Lokasi Pasar Kaki Langit Yang Dekat Dengan Hutan Pinus.

Lokasi Pasar Kaki Langit Yang Dekat Dengan Hutan Pinus. Image [source]

Lokasi pasar kaki langit itu dekat dengan hutan bengkung yang merupakan salah satu spot wisata budaya jogja. Disini ada makam raja raja, dan sumber mata air kuno sendang mangunan. Jadi setelah kenyang mencicipi kuliner di pasar kaki langit, pengunjung bisa lanjut jalan jalan ke tempat wisata lain.

4. Para Penjual Di Pasar Kaki Langit Memakai Pakaian Adat Jawa.

Para Penjual Di Pasar Kaki Langit Memakai Pakaian Adat Jawa.

Para Penjual Di Pasar Kaki Langit Memakai Pakaian Adat Jawa. Image [source]

Makan dilayani oleh petugas yang pakai pakaian adat jawa? Pasti rasanya beda ya. Bisa bisa kita jadi seperti raja dan ratu kerajaan jawa. Tujuan kenapa penjual dan petugas pasar kaki langit memakai pakaian adat jawa ini adalah untuk memperkental suasana budaya dari pasar yang unik ini.

5. Pasar Kaki Langit Metode Pembayarannya Pakai Koin Kayu.

Pasar Kaki Langit Metode Pembayarannya Pakai Koin Kayu.

Pasar Kaki Langit Metode Pembayarannya Pakai Koin Kayu. Image [source]

Sebelum memasuki area kuliner pasar kaki langit, para pengunjung disarankan menukar uangnya terlebih dahulu dengan koin kayu. Koin kayu yang berupa pecahan seribuan, 2 ribuan hingga 5 ribuan tersebut di masukkan ke dalam kantong khusus. hanya uang koin kayu inilah alat pembayaran yang berlaku di pasar kaki langit. Bayar pake uang biasa tidak di terima.

Selain daya tarik kuliner, tiap sabtu dan minggu juga ada pentas seni di pasar kaki langit ini. berbagai macam senbi tradisional bakal di tampilkan di pasar kaki langit ini. yang di beri kesempatan pentas, tentu saja para penduduk sekitar mangunan sendiri. seru kan jadinya. Makan sambil lihat pentas.

No more articles