Sedang memuat Pemutaran Film Penumpasan G30S/PKI, Ini Pro Kontra Serta Pendapat Tokoh Tokoh Penting Di Negara Kita

Pemutaran Film Penumpasan G30S/PKI, Ini Pro Kontra Serta Pendapat Tokoh Tokoh Penting Di Negara Kita

Kamu Bakal Nonton Atau TIdak?

Kamu kamu yang tumbuh di jaman orba, pasti ingat kan saat film G30S/PKI menjadi sebuah tontonan yang populer banget. Film panhang yang berdurasi 4 jam an tersebut di putar oleh satu satunya stasiun televisi yang mengudara di malam hari yaitu TVRI. Film penuh kekerasan tersebut tak hanya di tonton oleh orang dewasa saja lho. Sebagian anak anak sd, smp juga bela belain begadang untuk menonton film tersebut karena sebagian dari mereka di beri tugas oleh gurunya masing masing untuk membuat semacam ringkasan.

Pemutaran Film Penumpasan G30S/PKI, Ini Pro Kontra Serta Pendapat Tokoh Tokoh Penting Di Negara Kita
Pemutaran Film Penumpasan G30S/PKI, Ini Pro Kontra Serta Pendapat Tokoh Tokoh Penting Di Negara Kita image [source]

Sesaat setelah orde baru tumbang, film G30S/PKI pun langsung di hentikan penayangannya. Penyebabnya ada yang berpendapat bahwa yang digambarkan pada film tersebut tidak sesuai fakta. Hasil autopsi dari para dokter yang memeriksa jenazah para jendral tidak menemukan adanya penyiksaan dalam bentuk pencongkelan bola mata serta pemotongan alat kelamin. Alasan lainnya, pada masa lalu banyak orang yang menjadi korban salah tangkap dan dihabisi tanpa diadili. Pihak angkatan udara juga merasa disudutkan dengan isi film yang menunjukkan markas mereka dekat dengan lokasi lubang buaya. Dengan semakin dekatnya hari peringatan G30S/PKI tersebut, pro kontra terkait pemutaran film pun kembali memanas. Berikut ini pandangan beberapa tokoh penting di negara kita tentang pemutaran film G30S/PKI

1. Pendapat Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo Tentang Pemutaran Film G30S/PKI.

Pendapat Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo Tentang Pemutaran Film G30S/PKI.
Pendapat Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo Tentang Pemutaran Film G30S/PKI. image [source]

Tak hanya setuju denga pemutaran film yang sekarang menjadi kontroversi ini, Jendral TNI Gatot Nurmantyo justru memerintahkan seluruh jajarannya untuk Nonton Bareng Film ini. ia tidak peduli dengan polemik yang bergulir di masyarakat. Menurutnya tujuan dari perintah nonton bareng itu adalah untuk meluruskan sejarah. Ia juga mengutip kata kata sukarno yang berbunyi jangan lupa jas merah, jangan lupa jasa jasa pahlawan. Tujuan dari pemutaran film tersebut untuk mengingatkan pada para generasi muda bahwa Indonesia pernah punya sejarah kelam dan jangan sampai terulang lagi.

2. Pendapat Presiden Jokowi Tentang Pemutaran Film G30S/PKI

Pendapat Presiden Jokowi Tentang Pemutaran Film G30S/PKI
Pendapat Presiden Jokowi Tentang Pemutaran Film G30S/PKI image [source]

Terkait dengan instruksi dari panglima TNI untuk mengelar nobar film G30S/PKI ini, presiden Jokowi tidak perkeberatan. Seperti yang kita tahu, Jokowi merupakan salah satu pihak yang paling banyak diserang dengan isu kebangkitan PKI belakangan ini. ada orang orang yang menganggap bahwa asal usul presiden kita ini tidak jelas. Bahkan presiden Jokowi juga sering dituduh dekat dengan pki bermodalkan foto jadul yang diambil pada era 1950 an ketika DN Aidit, si petinggi PKI sedang berorasi. Di foto tersebut kebetulan ada sosok orang yang mirip presiden Jokowi. Ketika itu presiden Jokowi belum lahir, Bisa bisanya ya orang mengkait-kaitkan foto tersebut dengan presiden kita. meskipun sering mendapat serangan dengan isu isu pki presiden Jokowi tidak berkeberatan film tersebut di putar. Namun ia mengingnkan akan adanya versi baru dari film tersebut yang sesuai dengan fakta fakta terkini.

3. Pendapat Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto Tentang Pemutaran Film G30S/PKI

Pendapat Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto Tentang Pemutaran Film G30S/PKI
Pendapat Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto Tentang Pemutaran Film G30S/PKI image [source]

Berbeda dengan pendapat yang dikemukakan oleh Gatot Nurmantyo dan Presiden Jokowi diatas, Anggrota Watimpres Sidarto Danusubroto justru meminta agar film pemumpasan pengkhianatan G30S/PKI tidak lagi di putar di Indonesia. begitu juga, seminar seminar terkait peringatan peristiwa G30S/PKI sebaiknya juga tidak dilakukan. Alasannya, film serta seminar seminar tersebut hanya menimbulkan kegaduhan di dalam masyarakat. Selain terjadi kegaduhan di lapangan, media sosial juga di penuhi oleh orang orang yang pro kontra dengan isu ini. di ketahui sidarto ini dulu pernah mendampingi soekarno pada tahun 1967. Menurutnya jika ingin menjadi negara dengan kekuatan ekonomi besar, Indonesia harus bebas dari kegaduhan politik

4. Pendapat Prabowo Subianto Terkait Pemutaran Film G30S/PKI

Pendapat Prabowo Subianto Terkait Pemutaran Film G30S/PKI
Pendapat Prabowo Subianto Terkait Pemutaran Film G30S/PKI image [source]

Prabowo subianto yang sekarang ini menjabat sebagai ketua gerindera juga punya pendapat sendiri terkait pemutaran film G30S/PKI ini. ia tak mempersoalkan Rencana Nonton bareng pemutaran film yang dibuat pada era orde baru tersebut. menurutnya Indonesia adalah negara demokrasi. Warga diberi kebebasan mau nonton atau tidak. Prabowo juga berpesan bahwa perbedaan terkait pro kontra pemutaran film tersebut tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat.

5. Sosok Di Balik Penghentian Pemutaran Film G30S/PKI Pada Tahun 1998 Lalu.

Sosok Di Balik Penghentian Pemutaran Film G30S/PKI Pada Tahun 1998 Lalu.
Sosok Di Balik Penghentian Pemutaran Film G30S/PKI Pada Tahun 1998 Lalu. image [source]

Begitu orde baru tumbang, pemutaran film G30S/PKI pun langsung digentikan. Ternyata orang yang berperan dalam penghentian pemutaran film kontroversial ini adalah dari pihak tni sendiri tepatnya dari TNI AU. Dua mantan KSAU yaitu Laksamana Madya Udara TNU (purn.) Sri Mulyono Herlambang dan Marsekal TNI (pun.) Saleh Basarah lah yang berperan dalam penghentian ini. mereka berdua berpendapat bahwa film tersebut memojokkan TNI AU yang dituding terlibat dalam gerakan 30 September 1965. Menteri/Panglima Angkatan Udara Laksamana Madya Udara TNI (Purn.) Omar Dani dipenjara selama 29 tahun karena dituduh terlibat dalam G30S/PKI tersebut. para keluarga auri juga banyak yang mengalami penderitaan akibat tuduhan keterlibatan dengan G30S/PKI tersebut. halim, markas TNI AU pada masa itu juga dianggap sebagai sarang komunis. Cukup beralasan kan kenapa pihak TNI AU meminta penghentian pemutaran film kontroversial ini? bagi AURI Omar Dani tetaplah pahlawan.

6. Pemutaran Film G30S/PKI Menurut Komisi Perlindungan Anak.

Pemutaran Film G30S/PKI Menurut Komisi Perlindungan Anak.
Pemutaran Film G30S/PKI Menurut Komisi Perlindungan Anak. image [source]

Dulu film sejarah ini di tonton juga oleh anak anak. Menurut KPAI, film G30S/PKI tidak cocok di tonton oleh anak anak karena beberapa alasan. Alasan pertama, film tersebut penuh adegan sadis kekerasan. Tidak hanya kekerasan fisik, kekerasan verbal seperti “darahmu halal jendral”, juga sangat tidak cocok untuk didengar oleh anak anak. Alasan selanjutnya, selain film G30S/PKI, masih banyak film sejarah lain yang lebih mendidik. Film sejarah yang mampu membangkitkan jiwa nasionalisserta film sejarah yang mampu menstimulus berpikir kritis pada anak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *