Prestasi indonesia di ajang olahraga se asia, asian games 2018 ini cukup membanggakan. Kalau sebelumnya medali emas kita susah menembus angka 2 digit, maka sampai hari ini indonesia sudah mengkoleksi 29 medali emas. Medali perak serta perunggu yang di raih atlit atlit indonesia juga lebih banyak dari pada asian games di tahun tahun sebelumnya.

Ini 5 Fakta Keren Tentang  Pencak Silat Yang Menyumbang Banyak Medali Emas Untuk Indonesia Pada Asian Games 2018

Ini 5 Fakta Keren Tentang Pencak Silat Yang Menyumbang Banyak Medali Emas Untuk Indonesia Pada Asian Games 2018 Image [source]

Salah satu cabang olahraga yang paling banyak menyumbangkan emas adalah pencak silat. Total sudah ada 14 medali emas yang disumbangkan cabang olahraga ini. bagaimana ya pencak silat bisa menyumbang banyak emas? Berikut ini fakta faktanya.

1. Pencak Silat Merupakan Olahraga Asli Indonesia

Pencak Silat Merupakan Olahraga Asli Indonesia

Pencak Silat Merupakan Olahraga Asli Indonesia Image [source]

Silat merupakan cabang olahraga asli indonesia. konon penciptanya adalah seorang bernama rama sukana yang berhasil menghajar sekelompok orang mabuk. Ia menirukan gaya binatang berantem yaitu antara burung elang dan harimau. Karena efektif, ia pun mengajarkannya pada suaminya yang bernama rama isruna. Sejak saat itulah pencak silat berkembang jadi seni beladiri asli indonesia.

2. Bahasa Resmi Yang Digunakan Pada Pencak Silat Adalah Bahasa Indobnesia.

Bahasa Resmi Yang Digunakan Pada Pencak Silat Adalah Bahasa Indobnesia.

Bahasa Resmi Yang Digunakan Pada Pencak Silat Adalah Bahasa Indobnesia. Image [source]

Dalam cabang olahraga, pasti ada istilah istilah teknis tertentu. Nah dalam cabang olahraga pencak silat ini ada istilah tendang, gunting, pukul dan banting. Tak hanya di gunakan di indonesia, tapi istilah istilah yang diambil dari bahasa indonesia tersebut digunakan juga di 16 negara peserta lain. bangga kan?

3. Pencak Silat Diikuti Oleh 16 Negara Lain.

Pencak Silat Diikuti Oleh 16 Negara Lain.

Pencak Silat Diikuti Oleh 16 Negara Lain. Image [source]

Olahraga pencak silat ternyata baru di lombakan di asian game untuk pertama kalinya tahun 2018 ini. dari 44 negara peserta asian game, hanya 16 yang punya wakilnya. Semogasaja di event asian games berikutnya cabang olahraga ini di lombakan lagi ya.

4. Pencak Silat Mempertandingkan 16 Kelas.

Pencak Silat Mempertandingkan 16 Kelas.

Pencak Silat Mempertandingkan 16 Kelas. Image [source]

Meskipun pesertanya hanya 16 negara, cabang olahraga pencak silat ini mempertandingkan 16 kelas lho. terdiri atas 10 kelas putra dan 6 kelas putri. Untuk putra ada kelas, tunggal, ganda, beregu, kelas b sampai kelas j. Sementara putri juga ada kelas tunggal, ganda, beregu, serta kelas b sampai D. Total ada 22 atlit pencak silat yang dikirim oleh kontingen indonesia.

5. Pencak Silat Menyumbang Medali Emas Paling Banyak.

 Pencak Silat Menyumbang Medali Emas Paling Banyak.

Pencak Silat Menyumbang Medali Emas Paling Banyak. Image [source]

Sebagai olahraga yang bberasal dari negara kita, atlit atlit pencak silat indoinesia memang mendominasi. Buktinya, dari ke 16 kelas yang dilombakan tersebut, kita berhasil menggondol 14 medali emas. Keren banget kan cabang olahraga pencak silat ini. kerja keras atlit pencak silat perlu di hargai.

Fakta mengagumkan lainnya, cabor pencak silat berhasil membuat calon presiden kita prabowo subianto dan joko widodo berpelukan dengan atlit yang memperoleh kemenangan. Momen yang cukup adem menjelang pemilihan presiden tahun 2019 mendatang. Kalau capresnya saja bisa berpelukan, pendukungnya tidak boleh saling ribut dong ya.

No more articles