Minggu 23 september 2018 kemarin, seorang yang di ketahui merupakan jack mania tewas di keroyok oleh para suporter persib yang lebih dikenal dengan sebutan bobotoh. Peristiwa pengeroyokan tersebut terjadi ketika persib menjamu persija di stadion gelora bandung lautan api. Sebelumnya suporter persija memang dilarang datang ke stadion untuk menonton pertandingan sngit tersebut. nahas, pemuda gempal bernama haringa sirila tersebut justru berniat selfie dengan stiker persija padahal ia datang diam diam tanpa ijin. Setelah terlihat oleh bobotoh, haringa pun di keroyok hingga tewas.

5 Kerusuhan Antar Suporter Sepakbola Paling Parah Di Dunia Dalam Sejarah

5 Kerusuhan Antar Suporter Sepakbola Paling Parah Di Dunia Dalam Sejarah Image [source]

Kita sering melihat bahwa suporter sepakbola indonesia sering rusuh. Ternyata kerusuhan antar suporter bola tak hanya terjadi di indonesia saja. dalam sejarah sepakbola ada kasus kasus kerusuhan antar suporter yang melibatkan klub klub besar sepakbola di dunia. apa saja kerusuhan antar suporter paling parah yang pernah terjadi? Berikut 5 diantaranya.

1. Tragedi Kerusuhan Antar Suporter Bola Di Haysel

Tragedi Kerusuhan Antar Suporter Bola Di Haysel

Tragedi Kerusuhan Antar Suporter Bola Di Haysel Image [source]

Haysel merupakan sebuah stadion sepakbola megah yang ada di belgia. Kerusuhan yang di kenal dengan tragedy heysel ini sendiri terjadi pada tahun 1985. Waktu itu di ajang liga champion, liverpool bertemu dengan juventus di final. Fans liverpool yang terkenal militan kemudian rusuh dan mengejar fans juventus. Fasn juventus pun berlari ke salah satu sisi stadion dan menyebabkan tembok stadion haysel runtuh. Korban tewas dalam kerusuhan ini mencapai 39 orang.

2. Kebakaran Stadion Bradford Akibat Ulah Ceroboh Suporter.

Kebakaran Stadion Bradford Akibat Ulah Ceroboh Suporter.

Kebakaran Stadion Bradford Akibat Ulah Ceroboh Suporter. Image [source]

11 mei tahun 1985, sebuah klub divisi 2 bradford ciyy berhasil menjadi juara musim. Malam hari itu akan di gelar perayaan kemenangan mereka. tapi belum sempat digelar, terjadi huru hara stadion kebakaran akibat salah satu suporter membuang puntung rokok di tempat yang mudah terbakar. Dalam lima menit, api pun membesar dan menghanguskan 56 korban jiwa.

3. Tragedy Burnden Park

Tragedy Burnden Park

Tragedy Burnden Park Image [source]

Tragedy yang menewaskan 33 prang ini terjadi pada tahun 1946. Waktu itu bolton wanderet bertanding dengan stoke cyty. Burnden park sendiri merupakan markas bolton wanderer. Sebanyak 20 ribu suporter memaksa masuk ke dalam stadion sehingga membuat stadion kelebihan kapasitas. Akibatnya, bagian tribun selatan dari Burnden park runtuh dan menewaskan 33 orang.

4. Tragedy Yang Terjadi Di Stadion Ibrox.

Tragedy Yang Terjadi Di Stadion Ibrox.

Tragedy Yang Terjadi Di Stadion Ibrox. Image [source]

5 april 1902 di stadion ibrox, edmiston glasgow di gelar pertandingan antara skotlandia dengan inggris. Stadion ibrox sendiri baru selesai di renovasi. Namun karena hujan turun terus menerus, beberapa kayu penyangga jadi rapuh. Saat sedang asik menonton, beberapa bagian tribun penonton runtuh sehingga membuat penonton terjatuh dari ketinggian 12 meter. total 25 orang tewas

5. Bentrokan Antara Aremania Dan Bonek Di Sragen

Bentrokan Antara Aremania Dan Bonek Di Sragen

Bentrokan Antara Aremania Dan Bonek Di Sragen Image [source]

Seperti kita tahu, aremania dan onek itu sudah lama saling memusuhi. Akhir desember 2018, kedua kelompok suporter bola ini juga pernahbentrok di sragen. Kala itu suporter aremania sedang betolak pulang naik bus setelah melawat di sleman. Di sragen, mereka ketemu dengan rombongan suporter bonek yang naik truk. Di picu oleh aksi bonek yang melempari bus aremania dengan batu, kedua kelompok ini pun akhirnya bentrok. 2 orang aremania meninggal dalam aksi ini. dan korban meninggal karena bentrok antar suporter tersebut masih juga berlangsung sampai saat ini.

No more articles