Para orang tua jaman sekarang sepertinya sangat mementingkan prestasi akademik dari anak anak mereka. kebanyakan orang tua bangga ketika anak mereka nilai matematika nya bagus. Agar nilai akademik baik, banyak orang tua yang memberikan pelajaran tambahan termasuk les provat. Disisi lain, anak naka jaman sekarang juga banyak yang kecanduan main game.

Jangan Disuruh Belajar Terus, Anak Anak Perlu Juga Didorong Untuk Suka Main Diluar. Ini 5 Manfaat Positifnya.

Jangan Disuruh Belajar Terus, Anak Anak Perlu Juga Didorong Untuk Suka Main Diluar. Ini 5 Manfaat Positifnya. Image [source]

Disela sela padatnya aktivitas belajar, mereka curi curi waktu untuk main game. Kombinasi antara orang tua yang terobsesi menyuruh anaknya terus menerus belajar, serta anak anak yang kecanduan game membuat jarang sekali kita temui anak anak main di luar. Beda dengan anak anak jaman dahulu yang main diluar dari siang hingga menjelang petang. Sangat disayangkan karena ternyata bermain diluar untuk anak anak itu punya 5 efek positit. Apa saja efek positif dari main diluar untuk anak anak? Ini dia informasi lengkapnya.

1. Efek Negatif Jika Anak Jarang Main Di Luar.

Efek Negatif Jika Anak Jarang Main Di Luar.

Efek Negatif Jika Anak Jarang Main Di Luar. Image [source]

Jarang main di luar, maka kemungkinanya kalau tidak sibuk belajar ya sibur duduk di depan televisi, gatget atau komputer untuk nonton dan main game. Orang luar menyebut gaya hidup seperti ini dengan gaya hidup sedentary atau jarang gerak. Efeknya, anak beresiko mengalami kegemukan. anak anak yang terlalu sering lihat layar gatget juga di ketahui mengalami keterlambatan bicara, keterlambatan motorik serta kemampuan untuk berinteraksi sosial. enggak mau kan anak atau adikmu mengalami hal ini.

2. Main Dilauar Terbukti Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak Di Dalam Kelas.

Main Dilauar Terbukti Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak Di Dalam Kelas.

Main Dilauar Terbukti Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak Di Dalam Kelas. Image [source]

Kalau anak disuruh duduk diam dan belajar sepanjang hari mereka pasti lama lama bosan. Itu karena secara alami si anak butuh gerak. Anak anak yang kebutuhan geraknya sudah terpenuhi karena sering main di luar ruangan lebih bisa konsentrasi ketika di dalam kelas. Beda dengan anak yang ketika dirumah disuruh banyak belajar dan banyak main game. Ketika di kelas mereka bisa jadi susah konsentrasi. Alasannya selain mereka bosan belajar, pikiran mereka juga di penuhi dengan pegalaman main game. Anak anak yang sering main diluar di ketahui punya nilai terst lebih baik.

3. Main Di Luar Membuat Anak Mendapatkan Waktu Tidur Yang Berkualitas.

Main Di Luar Membuat Anak Mendapatkan Waktu Tidur Yang Berkualitas.

Main Di Luar Membuat Anak Mendapatkan Waktu Tidur Yang Berkualitas. Image [source]

Anak anak sekarang meskipun masih kecil kecil mereka betah melek. Apalagi penyebabnya kalu bukan main game, nonton film atau nonton acara televisi karma. Kebanyakan begadang tentung kurang baik bagi anak anak karena tidur penting bagi mereka yang ada di masa pertumbuhan. Nah agar cepat tidur ini main diluar merupakan sebuah solusi. Karena main di luar, tenaga mereka akan banyak terkuras sehingga di malam hari bisa jadi mereka merasa lelah dan cepat tidur. Dengan cara ini mereka mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

4. Main Di Luar Membuat Anak Anak Tambah Bahagia Begitu Juga Dengan Guru Mereka.

Main Di Luar Membuat Anak Anak Tambah Bahagia Begitu Juga Dengan Guru Mereka.

Main Di Luar Membuat Anak Anak Tambah Bahagia Begitu Juga Dengan Guru Mereka. Image [source]

Di bebani banyak materi untuk di pelajari bisa membuat anak stress. Sebuah penelitian yang di lakukan di nova scotia tahu 2012 menunjukkan bahwa anak anak yang di sekolahnya ada aktivitas main diluar memilik tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Mereka jadi lebih ceria. Mengajar anak anak yang ceria tentu saja membuat guru guru mereka jadi ikut ceria. Lingkungan belajar yang nyaman pun jadi tercipta.

5. Main Diluar Menurunkan Angka Bullying Pada Anak Anak.

Main Diluar Menurunkan Angka Bullying Pada Anak Anak.

Main Diluar Menurunkan Angka Bullying Pada Anak Anak. Image [source]

Main di luar membuat anak anak jadi lebih akrab. Mereka merasa sebagai satu kelompok dengan anak anak lain. karena merasa satu kelompok, kejadian saling bulli antara anak anak pun jadi makin berkurang. Memang kalau sudah akrab, yang ada adalah rasa saling menjaga satu sama lain. resiko munculnya pembulian pun akan hilang dengan sendirinya. Lagi pula kalau anak anak sedang bahagia pasti keinginan untuk bulli jadi berkurang.

No more articles