Manusia ketika lahir duah di bekali dengan sistem kekebalan sendiri. sistem kekebalan ini makin kuat seiring bertambahnya umur. Itu karena setiap kali terpapar dengan kuman penyakit tertentu, tubuh kita membentuk kekebalan baru. Itulah sebabnya ada beberapa penyakit yang setelah pernah diserang sekali, kita sudah jadi kebal terhadap penyakit tersebut. itu semua terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita yang bekerja dengan baik. tanpa obat pun sistem kekebalan tubuh kita mampu melawan berbagai seranga npenyakit seperti flu, batuk dan penyakit ringan lainnya.

Ini 7 Penyakit Auto Imun Yang Paling Sering Jadi Momok Bagi Penderitanya.

Ini 7 Penyakit Auto Imun Yang Paling Sering Jadi Momok Bagi Penderitanya. Image [Source]

Tak selamanya sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan benar. ada kalanya sistem kekebalan tubuh tersebut salah dalam mendeteksi penyakit. Sel sel tubuh kita sendiri dikira penyakit dan oleh karenanya diserang oleh sistem kekebalan tubuh tersebut. kondisi dimana sistem kekebalan yang seharusnya melindungi tubuh, tapi malah justru merusak sel sel tubuh sendiri ini dinamalan dengan penyakit auto imun. Karena sel ekebalan tubuh yang error tersebut bisa menyerang bermacam macamorgan, maka penyakit auto imun pun ada banyak macamnya. Dari berbagai jenis penyakit auto imun tersebut, berikut ini 5 diantaranya yang kerap jadi momok bagi banyak orang.

1. Multiple sclerosis.

Multiple sclerosis.

Multiple sclerosis. Image [Source]

Penyakit ini menyerang saraf. Sistem kekebalan yang harusnya melindungi tubuh justru menyerang sel saraf. Bagian yang diserang adalah selubung myelin pada sel saraf yang berfungsi untuk menghantarkan informasi dari otak ke organ. Karena selubung sel saraf rusak, maka otak tak bisa mengirimkan perintah ke organ tubuh lewat sel sel saraf. Akibatnya terjadi kelumpuhan di banyak organ tubuh.

2. Diabetes Tipe 1.

Diabetes Tipe 1.

Diabetes Tipe 1. Image [Source]

Sel sel kekebalan tubuh, bukannya fokus memerangi kuman tapi malah justru menyerang sel sel pankreas yang memproduksi insulin. Insulin ini penting untuk mengatur kadar gula dalam darah. Karena organ penghasil insulin justru di babat oleh sel kekebalan tubuh, maka tubuhpun gagal dalam memproduksi insulin. Tanpa insulin kadar gula darah meningkat tak terkontrol sehingga mengakibatkan banyak komplikasi.

3. Rheumathoid Atritis.

Rheumathoid Atritis.

Rheumathoid Atritis. Image [Source]

Di kenal juga sebagai radang sendi. pada peyakit ini, sel sel kekebalan tubuh menyerang persendian. Lapisan tulang rawan yang meliondungi sendi justru dihancurkan oleh sel kekebalan tubuh tersebut. padahal sendi itu aktif dan selalu di gunakan. Akibat tidak ada pelumasnya, sendi pun jadi meradang karena bergesekan terus menerus. Akhirnya mengalami pembengkakan. Agar sendi tidak rusak permanen, biasanya di beri suntukan untuk agar sistem kekebalan tidak terlalu agresif.

4. Lupus

Lupus

Lupus Image [Source]

Penyakit ini paling berbahaya. Sebabnya karena, yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh tidajk hanya pilih pilih organ tertentu saja. namun seluruh organ tubuh beresiko diserang oleh kekebalan tubuh ini. efeknya paru paru, ginjal, jantung dan organ penting lainnya akan mengalami kerusakan.

5. Penyakit graves.

Penyakit graves.

Penyakit graves. Image [Source]

Penyakit graves ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang kerenjar tiroid yang ada di bagian depan leger manusia. Akibar serangan dari sistem kekebalan tubuh, ini, kelkenjar tersebut justru memproduksi hormon secara berlebhan. Akibatnya terjadilah penyakit hipertiroidisme atau gondongan. Namun tidak semua gondongan disebabkan oleh penyakit autoimun lho. ada juga gondongan yang terjadi karena serangan virus.

6. Psoriasis.

Psoriasis.

Psoriasis. Image [Source]

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh terlalu aktif. Sel T yang merupakan kpmponen sistem kekebalan terlalu aktif sehingga memicu kulit untuk memprodusksi dirinya lebuh banyak. akibatnya kulit menjadi kemerahan seperti terbakar dan bersisik. Untuk menangani psoriasis ini perlu menggunakan obat yang dikonsumsi lewar mulut, pakai krim steroid atau terapi cahaya.

7. Sarcoidosis.

Sarcoidosis.

Sarcoidosis. image [source]

Sarkoidosis ini merupakan penyakit yang brupa munculnya pembengkakan pembengkakan pada dinding bagia dalam suatu organ. Opembengkakan ini lagi lagi gi picu oleh sistem kekebalan yang terlalu aktif. Kalau munculnya di paru paru, maka penderita akan mengalami sesak nafas. Kalau munculnya di otak, bisa fatal akibatnya. Sarkoidosis ini sendiri sebenarnya masih dalam tahap penelitian oleh para ahli terkait kemunculannya. Cukup menakutkan kan?

Itulah beberapa penyakit yang muncul akibat sistm kekebalan tibih yang mengalami kelainan. karena yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh itu bisa mana saja, maka jenis penyakit yang di timbulkan pun sangat beraneka ragam dan sebagian belum di pahami sepenuhnya oleh para peneliti.

No more articles